Sangat Aneh Tapi Nyata: 24 Cewe Terkenal Karena Berjenggot Dan/Atau Berkumis, Ada 4 Yang Berasal Dari Indonesia Loh!

Ditulis oleh Richard Nata

Sangat aneh adalah tempat anda mencari berita aneh, kejadian anehberita aneh hari ini, berita yang sangat aneh, aneh tapi nyata, berita unik, berita keren, lifestyle unik, fakta aneh, dan lain sebagainya.

Sangat aneh juga merupakan tempat anda mencari berita aneh, berita unik dan aneh tapi nyata dari selebriti, film aneh, video aneh, musik aneh, iklan aneh, foto aneh, gambar aneh, meme aneh, penampakan aneh, hewan aneh, penyakit aneh, makanan aneh, dan lain sebagainya.

Sangat aneh anti dalam membuat dan menyebarkan berita hoax. Oleh karena itu sangat aneh akan melawan pembuat dan penyebar berita hoax. He…7x

Sangataneh.com terdiri atas aneh tapi nyataberita aneh hari iniberita hoaxberita kontroversiberita unikberita viralgame onlinekejadian anehlucumisterirahasia Tuhansangat anehsentuhan hatiseram, dan wow keren.

Sangataneh.com Kodrat bagi seorang pria dewasa adalah berkumis dan berjenggot. Sedangkan kodrat bagi seorang wanita dewasa adalah tidak berkumis dan tidak berjenggot. Oleh karena itu kita akan merasa sangat aneh jika kita melihat ada seorang wanita dewasa yang berkumis atau berjenggot. Lebih aneh lagi kalau kita melihat seorang wanita dewasa yang berkumis sekaligus berjenggot. Maka tanpa sadar, kita akan berkata aneh tapi nyata. Betul? Ha…7x

Wanita-wanita berjenggot yang akan kami tampilkan di postingan kali ini sebenarnya termasuk dalam berita unik atau aneh tapi nyata.

Berita kontroversi, berita unik atau berita viral dari artikel ini adalah ada banyak wanita dewasa yang berkumis sekaligus berjenggot yang merasa kalau dirinya bukan termasuk dalam kelompok wanita yang aneh tapi nyata, tapi termasuk dalam golongan kelompok wanita “wow keren“. Ha…7x

Aneh Tapi Nyata: Ada 24 Cewe Berjenggot Dan/Atau Berkumis Yang Merasa Dirinya Keren

Biasanya sih, kalo ada cewe yang berkumis atau berjenggot, maka si cewe akan merasa malu dan minder. Penyebabnya pasti karena ada yang mengejek dan membuli mereka. Betul apa betul? Yah pasti betul lah. Ha…7x

Tapi di dunia ini banyak kejadian yang aneh tapi nyata, sehingga ada sekelompok cewe yang ga merasa malu dan minder, walaupun mereka berkumis atau berjenggot. Mereka malah bisa mendapatkan banyak uang dari hasil memanfaatkan kumis, jenggot, dan brewok yang mereka miliki. Sangat aneh sekaligus aneh tapi nyata kan? He…7x

Siapa sajakah mereka?

1. Madame Clémentine Delait 

Featured image

Clémentine Delait in 1923. Photo by Scherr CC BY 4.0

Madame Clémentine Delait (Clattaux) lahir pada tanggal 5 Maret 1865 di Chaumousey Perancis. Ia meninggal pada usia 74 tahun, yaitu pada tanggal 19 April 1939.
Pada tahun 1885, Madame Clémentine Delait menikah dengan seorang pembuat roti lokal dan membuka sebuah kafe dan toko roti di Taon-Les-Vosges, yang terletak di timur laut Prancis.
Sebenarnya, Clémentine mencukur jenggotnya setiap hari. Sehingga tidak ada yang tahu kalau sebenarnya ia memiliki kumis dan jenggot.
Suatu hari ia pergi ke karnaval di Nancy. Di sana ia mengunjungi stand seorang wanita berjenggot. Ia tidak berkesan melihatnya. Karena ia tahu kalau ia bisa menumbuhkan jenggot yang lebih baik.
Kemudian ia bertaruh sebesar 500 franc dengan pelanggannya. Sejak saat itu, ia membiarkan jenggotnya tumbuh.
Keputusannya menumbuhkan jenggot membuat Clémentine menjadi sukses karena orang-orang senang melihatnya. Orang-orang merasa kalau jengot yang tumbuh merupakan hal yang aneh tapi nyata. Oleh karena itu ia mengganti nama kafenya menjadi “Café de la Femme Barbe” (Café of the Bearded Woman).
Kemudian Clémentine dan suaminya mulai menjual suvenir, kartu pos bergambar, dan menandatangani foto-fotonya yang dijual kepada pengunjung kafe. Sungguh aneh tapi nyata karena mereka mendapatkan banyak uang setelah Clémentine menumbuhkan kumis dan jenggotnya. He…7x

Pada saat ini, orang-orang dan pers dari seluruh Eropa secara teratur mengunjungi kafe Clémentine untuk bertemu dengannya. Undangan berdatangan, memohon Clémentine untuk ikut serta dalam pameran dan karnaval di luar negeri. Meskipun dia tersanjung, Clémentine menolaknya karena ia terlalu bangga pada kafenya dan terlalu mengabdi kepada suaminya, terutama ketika ia menjadi lemah dalam kesehatan.

Dalam memoarnya, dia menyatakan, “Tidak pernah terlintas di kepalaku bahwa aku tidak lebih dari sekadar keingintahuan wanita.” Dia kemudian menulis, “Aku jauh lebih dan lebih baik dari itu.”

Karena tidak mempunyai anak, maka setelah 30 tahun menikah, Clémentine dan suaminya mengadopsi seorang gadis berusia 5 tahun yang kehilangan orang tuanya karena flu Spanyol.

Setelah suaminya meninggal pada tahun 1928, Clémentine akhirnya menerima undangan untuk bepergian ke luar negeri. Dia menghabiskan tahun-tahun yang tersisa menikmati kehidupan yang tenang di waktu luang dan meninggal pada tahun 1939.

“Di sinilah letak Clementine Delait, wanita berjenggot” diukir sebagai tulisan di batu nisannya karena permintaannya.

Memoar Clementin ditutup dengan mengatakan, “Hidupku yang sederhana tanpa celaan. Saya dihargai oleh semua rekan dari negaraku”.

2. Annie Jones

Annie Jones Elliot (14 Juli 1865 – 22 Oktober 1902) adalah seorang wanita berjenggot Amerika, lahir di Virginia.
Annie lahir pada 14 Juli 1865 di Marion, Virginia, ibukota county Smyth County, di ujung barat daya Persemakmuran.
Fotografer AS Mathew Brady mengambil potret Annie sebagai seorang bayi pada tahun 1865. Ia merasa bayi Annie merupakan bayi yang aneh tapi nyata. Banyak fotografer, termasuk Mathew Brady, mengambil potretnya selama masa hidupnya. Sejumlah potret tambahan diambil dari Annie selama masa hidupnya dan didistribusikan secara luas.
Annie bergabung dengan pameran Barnum saat baru berusia sembilan bulan agar orangtua Annie menerima gaji sebesar $ 150 seminggu. Ia disebut sebagai “bayi Esau” yang baru.
Aneh tapi nyata, pada usia lima tahun, Annie memiliki kumis dan cambang dan menjadi terkenal sebagai “Gadis Berjenggot”.
Dalam sebuah insiden yang mungkin menjadi salah satu aksi publisitas Barnum, seorang ahli frenologi New York menculik Annie ketika dia masih kecil. Barnum dan polisi menemukannya dipamerkan di sebuah pameran gereja. Aneh tapi nyata, lelaki penculiknya itu mengklaim anak itu miliknya, masalah itu lalu dibawa ke pengadilan. Hakim membuat Annie berpisah dari yang lain sebelum tiba waktunya untuk bersaksi. Ketika anak itu dibawa ke ruang sidang, Annie langsung menemui orang tuanya ketika ia melihat mereka. Hakim menyatakan kasus ditutup.
The famous "Bearded Girl" grew up to become the country's top bearded lady and spokesperson for P. T. Barnum's "Freaks" a word she tried to abolish from the business.
Nama Annie Jones melejit di panggung sirkus Amerika Serikat setelah pertama kali diperkenalkan P.T Barnum. Ia dikenal dengan nama Bearded Lady.
Sebagai orang dewasa, Annie menjadi “wanita berjenggot” teratas di negara itu dan bertindak sebagai juru bicara untuk “Freaks” karya Barnum, kata yang ia coba hapus dari bisnis.
Annie Jones menikah dengan Richard Elliot pada tahun 1881, tetapi menceraikannya pada tahun 1895 untuk kekasih masa kecilnya William Donovan, yang meninggal, meninggalkan Annie sebagai janda.

A poster depicting Jones sometime in the fourteen years of her marriage to Richard Elliot.
Aneh tapi nyata, Annie Jones tampil percaya diri sebagai salah satu artis sirkus ternama pada akhir abad ke-19. Bahkan, ia melebarkan sayapnya menjadi seorang musisi ketika menikah dengan Richard Elliot pada tahun 1881. Akan tetapi mereka kemudian bercerai dan hanya memiliki satu orang anak bernama William Donovan.
Pada tahun 1902, Annie meninggal di Brooklyn karena TBC.
image

3. Josephine Clofullia

Josephine Clofullia (1829-1875) adalah seorang wanita berjenggot kelahiran Swiss yang terkenal, yang melakukan tur dengan P. T. Barnum “Museum Amerika”.

Josephine Boisdechene lahir pada tahun 1829 di Swiss. Ia dilahirkan dengan rambut berbulu dan sejak kecil telah memiliki jenggot.

Sumber foto: https://www.theatlantic.com/national/archive/2015/12/lessons-of-the-bearded-lady/418038/

Kemudian, Josephine menjadi artis sirkus yang terkenal. Ia melakukan tur di Eropa sejak umur 14 tahun. Saat pertama tur, ia ditemani oleh ayahnya dan seorang agen dan kemudian dengan ayahnya sendiri.
Wajah yang penuh jenggot tidak menyulitkan Josephine dalam mencari pasangan hidup. Di Paris dia bertemu pelukis Fortune Clofullia dan akhirnya menikah dengannya.
Di Prancis, nama Josephine Clofullia semakin terkenal. Ia meniru jenggot dari Napoleon III, penguasa tertinggi Prancis saat itu. Napoleon merasa senang, sehingga ia menghadiahi Josephine sebuah berlian yang besar. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x
Josephine melahirkan dua anak; yang pertama, seorang putri yang lahir pada tahun 1851, meninggal saat masih bayi. Putranya, Albert, yang lahir tahun depan, sama berbulu seperti ibunya.
Keempatnya – Josephine, ayahnya, suaminya, dan putranya lalu pindah ke Amerika Serikat di mana mereka bergabung dengan P. T. Barnum. Saat itu Josephine memiliki jenggotnya berukuran 6 inci. Barnum memberi Albert nama baru – “Infant Esau”, sesuai dengan karakter Alkitab – dan membawanya ke Museum Amerika.
Pada bulan Juli 1853, William Charr membawa Clofullia ke pengadilan, mengklaim bahwa dia sebenarnya seorang pria dan penipu. Selama kasus itu, dokter memeriksanya dan memverifikasi bahwa dia perempuan dan kasus itu akhirnya dibatalkan. Dengan desas-desus telah diduga bahwa Barnum mengatur semuanya sendiri sebagai aksi publisitas. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

4. Julia Pastrana

Julia Pastrana
Julia Pastrana (1834-25 Maret 1860) lahir di pegunungan Meksiko Barat pada tahun 1834. Ia terlahir dengan penyakit langka yang dikenal nama hipertrikosis acromegaloid, sehingga ada rambut yang tumbuh menyelimuti tubuhnya. Kecuali pada bagian tangan dan telapak kakinya. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x
Ia juga menderita hiperplasia gingiva, yang membuat bibir serta gusinya menjadi tebal. Selain itu, Pastrana juga memiliki alis yang tebal, hidung yang besar, serta gigi yang tidak rapih. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x
Panti asuhan adalah tempat Julia menghabiskan masa kecilnya. Di sana, banyak orang mengenal Julia karena kondisi fisiknya yang berbeda. Gubernur negara bagian bahkan mengadopsi Julia sebagai  pembantu rumah tangga dan penghibur di rumahnya. Julia tinggal di sana sampai ia berusia 20 tahun. Setelah itu, ia memutuskan untuk kembali ke sukunya.
Saat dalam perjalanan pulang kampung, ia bertemu dengan M. Rates, seorang pemain sandiwara. Rates membujuk Julia untuk ikut bergabung dengannya di panggung hiburan. Julia pun lalu menjadi bagian dari pertunjukan aneh dan sirkus. Ia memulai kariernya di Amerika Serikat dan Eropa.

Julia pertama kali tampil di Gothic Hall di Broadway, New York City pada tahun 1854. Ia menyanyikan lagu-lagu Spanyol sambil menari Highland Fling dengan mengenakan gaun merah. Banyak orang datang untuk melihat pertunjukan Julia. Ia bisa bernyanyi, menari, dan berbicara dalam tiga bahasa, termasuk bahasa Inggris. Ia meraih kesuksesan dan dikenal sebagai “Wanita Kera” atau “Baboon Lady”. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

Julia adalah seorang wanita yang lembut dan baik hati. Ia juga cerdas dan rajin. Ia juga senang berperan, memasak, dan menjahit.

Sebelum tur ke Eropa, Julia menikahi Theodor Lent, seorang impresario yang kemudian menjadi managernya. Pernikahan mereka dilakukan secara rahasia. Banyak yang percaya bahwa Julia menikahinya karena cinta, berbeda dengan Lent yang menikahinya hanya agar dapat mengontrol penuh penghasilan yang diperoleh Julia. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

Charles Darwin menggambarkan dirinya sebagai: “Julia Pastrana, penari Spanyol, adalah seorang wanita sangat baik, tapi dia punya jenggot tebal dan maskulin, serta dahi berbulu. Dia difoto dan dipamerkan sebagai pertunjukan.

Pada Januari 1860, Julia melahirkan seorang bayi laki-laki di Moskow. Sayangnya, anak Julia meninggal dua hari kemudian karena mewarisi hipertrikosis. Julia pun meninggal tiga hari setelah kematian anaknya. Ia meninggal dalam usia 26 tahun karena komplikasi persalinan.

Kemudian Lent menjual tubuh Julia dan anaknya kepada seorang profesor anatomi di Moskow bernama Sukolov. Jasad Julia dan anaknya diawetkan dengan menggunakan balsem. Setelah itu ia memajang jasad Julia dan anaknya di depan umum.

Ketika Lent mendengar bahwa tindakan yang dilakukan Sukolov menguntungkan, ia meminta kembali jasad keduanya. Setelah berhasil mendapatkan kembali jasad Julia dan anaknya, Lent memamerkan kembali keduanya di lemari kaca.

Lent bertemu dengan seorang gadis yang memiliki kondisi serupa dengan Julia, bernama Marie Barkel. Ia kemudian menikah dengan Marie agar mendapatkan keuntungan seperti saat ia menikahi Julia sebelumnya. Setelah menikah, Lent mengganti nama Marie dengan Zenora Pastrana dan ia menyebarkan berita bahwa Marie merupakan saudara perempuan Julia.

Tubuh Julia kemudian dipamerkan sampai akhirnya pada tahun 1976, ada pencuri yang mencuri jasad Julia di Norwegia.

Tragis sekali, tubuh Julia ditemukan oleh polisi di tempat sampah. Saat ditemukan, lengan Julia telah dipotong-potong. Tubuh putranya tidak bisa diselamatkan karena mengalami rusak parah. Jasad keduanya dibawa ke Institute of Forensic Medicine, Universitas Oslo dan disimpan di dalam sebuah gudang penyimpanan. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

Pada tahun 2005, seniman Meksiko bernama Lauren Anderson Barbata, mengajukan petisi untuk membawa tubuh Julia kembali ke Meksiko. “Saya merasa dia berhak mendapatkan kembali martabatnya dan menempatkannya dalam sejarah dan dalam ingatan dunia,” ujarnya kepada New York Times.

Setelah kematiannya 153 tahun yang lalu, pada tahun 2013, Julia dimakamkan di pemakaman Sinaloa de Leyva, sebuah kota dekat tempat kelahirannya.

Julia Pastrana pun dimakamkan dengan layak
Julia Pastrana pun dimakamkan dengan layak

5. Jennifer Miller

092911_scene_beardedlady_web
Photograph by Karl Giant, Courtesy of Jennifer Miller
Jika anda tidak mengenalnya, maka pasti anda akan mengira kalau Jennifer Miller adalah seorang pria yang berpenampilan seperti wanita, alias banci atau waria. Padahal, Jennifer adalah seorang wanita tulen yang mengalami Hypertrichosis, atau kelebihan hormon yang dinamakan androgenic hormone.
Jennifer Miller (lahir 1961) adalah seorang penghibur di Circus Amok di Amerika, penulis, dan profesor di Pratt Institute di Brooklyn, New York.
Di sirkus, Jennifer berperan sebagai seorang juggler (tukang sulap) dan pemakan api. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x
Bakat Jennifer mulai terlihat dalam seni pertunjukan dan teater saat di sekolah menengah. Apalagi ia terlibat dalam adegan tari di pusat kota di New York pada awal 1980-an. Dalam puluhan tahun karirnya sebagai seniman pertunjukan, ia telah tampil dengan banyak koreografer dan penari, beberapa perusahaan sirkus, dan di Coney Island SideShow.

Pada tahun 1989, Jennifer ikut mendirikan rombongan kinerja politik NYC yang terkenal, Circus Amok. Jennifer aktif sebagai penggagas kelompok sirkus bernama Circus Amok. Sebelumnya, selama 20 tahun, Jennifer percaya diri tampil dengan jenggot tebalnya sebagai seorang dancer dan koreografer untuk berbagai perusahaan sirkus.

Jennifer Miller dan Circus Amok telah menjadi subjek dari banyak film dokumenter. Jennifer juga ada di film dokumenter Tami Gold Juggling Gender. Miller secara luas diakui karyanya dan merupakan penerima penghargaan termasuk Obie, Bessie, BAX 10, dan yang terbaru adalah Penghargaan Ethyl Eichelberger. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

Selain sebagai seorang pemain sirkus, Jennifer juga seorang akademisi. Ia adalah seorang professor untuk perguruan tinggi. Ia pernah mengajar di berbagai perguruan tinggi ternama, seperti UCLA, Cal Arts, Scripps College, dan NYU. Sampai akhirnya, ia memilih untuk jadi professor tetap di Pratt Institute, New York, Amerika Serikat. Oleh karena itu ia tinggal di New York City. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x
Kita tidak perlu merasa heran, jika Jennifer menjadi seorang professor karena ia adalah putri bungsu dari dua profesor Quaker.

Jennifer dibesarkan di Connecticut dan California. Dan ia tidak merasa malu hidup dengan kumis dan jenggot hampir di sepanjang hidupnya.

Jugglers Circus Amok by David Shankbone.jpg

Sumber foto: https://en.wikipedia.org/wiki/Jennifer_Miller#/media/File:Jugglers_Circus_Amok_by_David_Shankbone.jpg

Pada tahun 2010, Miller melayani sebagai co-hostess untuk bagian pertunjukan Vaginal Davis “Berbicara dari Diafragma” di Performance Space 122.

6. Mariam ‘The Bearded Lady’

Wanita berkumis dan berjenggot ini dikenal dengan nama Mariam.

Mariam, 49, appeared alongside Dr Carol Cooper on ITV's This Morning to explain her situation to Holly and Phil
Mariam adalah seorang ibu yang mulai menumbuhkan kumis dan jenggotnya setelah kelahiran putranya 33 tahun yang lalu. Setelah sering menutupi kumis dan jenggotnya dengan rajin mencukur, ibu satu anak ini penasaran apa jadinya jika kumis dan jenggotnya dibiarkan tumbuh apa adanya.
Ternyata pilihan Mariam untuk memelihara kumis dan jenggotnya di jaman modern ini berhasil jadi sorotan dunia. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x
Pada tahun 2008, ketika dia tinggal sendirian dan menganggur, Mariam memutuskan untuk memberi kumis dan jenggotnya kesempatan untuk tumbuh. Dia berkata: ‘Saya tidak punya pekerjaan jadi saya punya waktu luang untuk memberikan kesempatan dan melihat apa yang terjadi, jadi saya memulai sebuah blog untuk memberi tahu wanita lain tentang hal itu, dan untuk melihat apa yang terjadi setiap hari dan bagaimana perasaan saya.’
Awalnya, banyak orang yang kaget saat pertama kali melihat Mariam. Sampai ada yang mengatakan sesuatu yang keji tentang dirinya di internet. “Seseorang mengatakan jika orang seperti saya seharusnya ditembak saja,” ujar Mariam seperti dikutip dari Huffington Post. Meski begitu, Mariam mengaku saat bahagia dengan penampilannya saat ini. Ia merasa lebih seksi dan lebih percaya diri daripada sebelumnya. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x
Mariam, 54, juga menjelaskan kepada Holly Willoughby dan Philip Schofield bahwa dia senang dengan penampilannya dan tidak akan mengubah situasinya, meskipun dikritik oleh ibunya sendiri.
Ibunya berpikir bahwa suatu hari nanti, Mariam akan berhenti dan menjadi “normal” kembali.
Mariam sekarang bepergian dengan sirkus sebagai seorang wanita berjenggot (The Bearded Lady) dan penulis blog.

7. Harnaam Kaur

Model Harnaam Kaur, known as the Bearded Lady, lands a beard oil campaign

Sumber foto: https://mic.com/articles/183922/model-harnaam-kaur-known-as-the-bearded-lady-lands-a-beard-oil-campaign#.47CYr0IW1.

Harnaam Kaur adalah model Inggris, aktivis anti-intimidasi, aktivis positif tubuh, pelatih kehidupan, dan pembicara motivasi yang tinggal di London, Inggris.
Nama Harnaam Kaur menjadi heboh atau viral di internet. Gara-garanya, gadis penganut kepercayaan Sikh ini memiliki kumis, jenggot, dan brewok di wajahnya.
Gadis ini menjadi bahan olokan di dunia maya bahkan jadi korban cyber bullying. Meski begitu, Harnaam menanggapinya dengan bijak. Menurutnya, ia sengaja memanjangkan kumis, jenggot, dan brewok sebagai satu ibadah untuk kepercayaannya, yang belum tentu dimengerti orang lain. Seperti yang kita ketahui, kepercayaan Sikh memang tidak memperbolehkan penganutnya untuk memotong dan mencukur rambut. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x
“Saya merasa lebih feminim. Lebih seksi dan saya menyukainya,” kata Harnaam. “Saya telah belajar untuk mencintai diriku sendiri dan tidak ada yang menggoyahkanku sekarang,” tambahnya seperti dikutip dari Daily Mail.
Hanya dalam beberapa tahun terakhir, model dan aktivis Harnaam Kaur – juga dikenal sebagai “Bearded Lady” – telah membuktikan bahwa tidak ada yang menghentikan usahanya untuk menantang standar kecantikan hari ini.

Pada 2015, ia menjadi perwakilan untuk #EffYourBeautyStandards. Pada 2016, ia berjalan di peragaan busana pertamanya di London, menjadi wanita pertama dengan janggut yang melakukannya. Kemudian pada tahun yang sama, diumumkan bahwa ia memegang rekor dunia untuk wanita termuda dengan janggut penuh, mendaratkannya di Guinness Book of World Records 2017 untuk rambut wajah yang mulai tumbuh ketika ia baru berusia 11 tahun akibat gangguan hormon sindrom ovarium polikistik atau Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS).

8. Agustina Dorman

Seorang perempuan Indonesia asal desa Penaga, Kota Teluk Bintan, Provinsi Kepulauan Riau ternyata mempunyai jenggot. Rambut-rambut di wajahnya tersebut mulai tumbuh setelah melahirkan anak pertama di usia 25 tahun. Sahabat sangat aneh setiap kali dia mencoba memotong atau mencukur jenggotnya dia mengalami sakit tak tertahankan. Sungguh sangat aneh tapi nyata.

Sejak saat itu, ibu dua anak ini selalu menutupi wajahnya dengan jilbab setiap kali ke luar rumah. Setelah sempat disembunyikan dengan jilbab dia akhirnya membuka diri. Ternyata, selain jenggot, Agustina juga memiliki kumis tipis dan bulu dada. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

Awalnya Agustina merasa malu. Ia juga merasa takut kalau anak-anaknya akan diejek. Itu sebabnya dia menyembunyikan jenggotnya tersebut di balik jilbabnya. Beruntung dia berada di Indonesia di mana jilbab tidak lagi dipandang aneh.

Benar saja, anak-anak Agustina mengalami olok-olok. Namun anak sulungnya mulai menerima ejekan dari orang lain yang mengetahui tentang kondisi ibunya yang tidak biasa, yaitu Agustina Dorman ternyata berjenggot. Karena itulah, Agustina kini berani memutuskan untuk melepas penutup wajahnya. Ia mulai menerima kondisinya, meski banyak menarik perhatian dan mendapatkan cibiran dari orang-orang yang melihatnya. Kini dia membiarkan bulu-bulu itu tumbuh.  Dia berharap semua orang mengetahui kondisinya dan bisa menerima dirinya apa adanya.

Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

9. Vivian Wheeler

Vivian Wheeler merupakan seorang wanita, tapi ia memiliki jenggot yang sangat panjang berukuran 27,9 cm. Karena kondisinya, ia pun mendapat julukan sebagai wanita pemilik jenggot terpanjang di dunia.

Vivian Wheeler in Lawton, Oklahoma at her mother’s house, 1985. Photo courtesy of Vivian Wheeler.

Vivian Wheeler in Lawton, Oklahoma at her mother’s house, 1985. Photo courtesy of Vivian Wheeler.

Bearded Lady, Vivian Wheeler, circa 1970. Photo courtesy of Vivian Wheeler.

Vivian, circa 1970. Photo courtesy of Vivian Wheeler.

Sumber foto: http://www.weirdhistorian.com/vivian-wheeler/

Vivian Wheeler lahir pada tahun 1948 dengan selubung rambut pirang tipis menutupi wajahnya. Selain bulu halus, bayi Vivian menderita sakit hermafrodit. Vivian mengklaim bahwa ibunya, yang sudah melahirkan anak laki-laki, menginginkan seorang anak perempuan dan menginstruksikan para dokter untuk mengambil organ laki-lakinya. Hal ini disebabkan Vivian lahir interseks (variasi karakteristik kelamin) dan menjalankan operasi untuk mengubah alat kelaminnya demi mencerminkan seorang figur wanita. Sungguh sangat aneh tapi nyata.

Ayahnya tidak nyaman dengan gadis kecil berjenggotnya. Tetapi ia melihat suatu kesempatan untuk menghasilkan uang. Lagipula, orang ingin melihatnya, jadi ayahnya memutuskan untuk memanfaatkannya. Vivian kecil mulai bekerja dalam tayangan slide sejak berusia lima tahun dan mengirim penghasilannya pulang ke keluarganya. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? 🙁

“Dia akan menempatkan saya di pesawat dan saya akan pergi selama tujuh atau delapan bulan setahun,” kata Vivian. “Kamu tidak pernah tahu di mana kamu berada. Saya baru saja bepergian ke seluruh Amerika Serikat. ”Selama bertahun-tahun ia bekerja di sirkus Brosling dan Barnum & Bailey serta pertunjukan slide di pameran negara.

“Sebagai seorang anak kecil, saya bekerja dengan lima wanita berjenggot lainnya,” kenangnya. “Saya yang termuda. Mereka membuat saya merasa seperti saya tidak sendirian, mereka akan berbicara kepada saya dan itu membuat saya merasa tidak ada yang berbeda karena mereka memiliki jenggot juga. Orang-orang itu lebih dari keluarga daripada keluarga asliku. Saya bisa bergantung pada mereka lebih dari darah dan daging saya sendiri”.

Di sela-sela tur Vivian akan pulang dan meraih pisau cukur.

“Ayah saya berkata untuk bercukur karena orang tidak akan mengerti mengapa saya memiliki rambut wajah, mengatakan ini adalah apa yang harus saya lakukan agar cocok dengan masyarakat,” katanya. “Dan karena keluarga Wheeler tidak ingin aku memiliki rambut wajah”. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? 🙁

Meskipun diusir dari rumah pada usia yang begitu muda, Wheeler tidak membenci orang tuanya atas keputusan mereka. “Ibu dan ayah saya mengatakan kepada saya bahwa mereka harus bekerja untuk menjaga keluarga mereka, jadi saya bekerja untuk merawat keluarga saya,” katanya. “Saya pikir mereka berpikir apa yang mereka lakukan tidak apa-apa.” Ketika dia tumbuh dewasa, iman yang mendalam kepada Tuhan memberi Wheeler kenyamanan untuk menjadi dirinya sendiri ketika dia terus bekerja di sirkus dan pertunjukan slide. “Saya percaya pada-Nya tanpa syarat,” katanya. “Saya tidak punya masalah dengan apa pun. Dia mengurusnya, Dia tahu apa yang bisa kita tangani. Dia tidak pernah mengecewakan saya”.

Sejak tahun 1993 sehingga sekarang Vivian tak pernah mencukur kumis dan jenggotnya dan membiarkannya terus tumbuh. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

Vivian Wheeler (Foto: Zimbio)

Sumber foto: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2305988/kisah-5-wanita-berwajah-pria-cantik-tapi-punya-jenggot-dan-kumis/2/#news.

10. Nana Jinhua

Nana Jinhua adalah remaja asal Provinsi Zhejiang di China dan ia biasa dipanggil Jinhua. Pada tahun 2010 gadis ini mengalami penyakit serius. Ia didiagnosis dengan anemia aplastik, suatu kondisi yang mengancam nyawa di mana sumsum tulang tidak mampu memproduksi sel baru yang cukup untuk mengisi sel-sel darah. Sungguh sangat aneh tapi nyata. 🙁
Penyakit ini dikatakan akan mengancam jiwa Jinhua karena bisa menyebabkan resiko infeksi atau pendarahan. Untuk mengatasi kondisi yang diprediksi akan makin buruk, maka dokter menyarankan untuk melakukan perawatan tertentu. Benar-benar aneh tapi nyata. 🙁

Jinhua pun mendapatkan perawatan khusus di mana dirinya menjalani terapi pengobatan selama dua tahun. Setelah menjalani terapi itu, penyakitnya memang sembuh dan kondisi darahnya kembali normal. Namun yang mengejutkan Jinhua adalah perubahan pada dirinya yang mengerikan. Benar-benar aneh tapi nyata. 🙁

Sebab salah satu efek samping dari terapi menyebabkan Jinhua menderita kondisi langka yang disebut hirsutisme, yang membuat tubuhnya ditumbuhi rambut secara berlebihan. Ia kini jadi punya kumis, jenggot dan brewok.

Nana (Foto: Asiaone)

Nana (Foto: Asiaone)

(c) asiaone.com

Sumber foto: https://www.vemale.com/kesehatan/20784-terapi-pengobatan-membuat-wajah-jinhua-tumbuh-kumis-dan-jenggot.html.

Jinhua awalnya adalah gadis yang manis dan efek obat membuatnya berubah bagaikan laki-laki. Tubuhnya mulai muncul rambut-rambut halus yang bahkan tumbuh di bagian janggut dan atas bibirnya. Jadilah gadis tersebut mengalami pertumbuhan jenggot dan kumis yang sangat lebat, termasuk bulu ketiak dan sebagainya.

Dokter mengakui bahwa hal tersebut adalah efek samping dari pengobatan yang dijalani Jinhua. Sang ibu menceritakan bahwa dulu gadis ini memiliki wajah yang mulus dan berprestasi di sekolah. Ia merupakan anak perempuan idaman para ibu kebanyakan. Dengan kondisinya kini, tentu Jinhua mengalami rasa tidak percaya diri.

Kisah Jinhua ini bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk lebih teliti dengan efek samping obat yang kita konsumsi. Sebaiknya konsultasikan efek sampingnya dengan dokter bila memang kita harus melakukan pengobatan tertentu. Yang lebih penting adalah kesadaran untuk selalu membiasakan diri hidup sehat sehingga jauh dari pengaruh obat-obatan. Benar-benar aneh tapi nyata. 🙁

11. Siobhain Fletcher

Siobhain Fletcher, 42 tahun dari Leek, Staffordshire, didiagnosis dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) ketika ia masih remaja. PCOS adalah suatu kondisi di mana seorang wanita memiliki ketidakseimbangan hormon seks wanita. Menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional A.S. PCOS dapat menyebabkan wanita mengembangkan karakteristik seperti pria, termasuk pertumbuhan rambut abnormal pada wajah, perut atau dada. Padahal ia benar-benar seorang wanita tulen.

Siobhain memberi tahu ABC News. “Saya mulai mendapatkan beberapa helai rambut, sekitar 15 atau 16. Setiap wanita mendapatkan rambut wajah. Saya pikir itu hanya bagian dari masa puber. Saya memotong dengan gunting, atau mencukurnya. ”Dia mengidentifikasi masalah ketika dia berusia 20-an dan berusaha untuk menghilangkan rambut dengan mencukur, waxing dan menggunakan krim kimia.”

Karena tampak aneh, Siobhain muda pun merasa malu bertemu dengan orang lain, yang membuatnya jarang keluar rumah. Namun akhir 2012 keberaniannya seakan memuncak. Tak hanya berani keluar rumah, ia bahkan memamerkan jenggotnya di acara televisi ITV1 show This Morning. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

Siobhain Fletcher (Foto: Mirror)

Sumber foto: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2305988/kisah-5-wanita-berwajah-pria-cantik-tapi-punya-jenggot-dan-kumis/4/#news.

12. Helena Antonia

Portrait of Helena Antonia of Liège

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/Helena_Antonia.

Helena Antonia (1550-1595) lahir di Liège. Ia cukup terkenal pada masanya, karena ia menjadi anggota pengadilan di Istana Holy Roman Empress Maria di Austria. Kalau dilihat dari potretnya, Ia mengenakan pakaian yang feminim saat itu, dengan hiasan jenggotnya yang hitam dan cukup panjang.

Tidak banyak sumber yang mencantumkan tentang Helena Antonia, oh iya, Ia juga termasuk kategori dwarf (bertubuh kerdil) loh. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

Tapi walaupun ia berkumis, berjenggot, dan bertubuh kerdil, ia disukai oleh Ratu Spanyol loh.

13. Jane Barnell

10 Wanita Berjenggot Ini Mendefinisikan Cantik Dengan Cara Yang Unik !

Sumber foto: https://www.kaskus.co.id/thread/5aab504f529a459a758b4568/10-wanita-berjenggot-ini-mendefinisikan-cantik-dengan-cara-yang-unik/

Jane Barnell lahir di Wilmington, North Carolina pada 3 January 1871. Ia adalah anak kedua dari enam bersaudara.

Pada usia dua tahun, jenggotnya mulai tumbuh. Ibunya membawanya ke dokter dan tabib tradisional lainnya untuk menyembuhkan penyakitnya.

Pada tahun 1875, Jane Barnell yang berusia 4 tahun dijual ibunya ke Great Orient Family Circus dan Menagerie ketika ayahnya sedang pergi untuk urusan bisnis di Baltimore. Sirkus itu terdiri dari seorang wanita Muslim yang bekerja sebagai manajer, dua putrinya yang menari, dan tiga putra bisa berjalan di atas tali yang ketat. Jane melakukan tur dengan sirkus itu selama beberapa bulan di Selatan sebelum sirkus pergi ke New Orleans, kemudian berangkat ke Eropa, dan membawanya bersama mereka.

Di Eropa sirkus melakukan tur dengan sirkus Jerman. Jane jatuh sakit karena demam tifoid di Berlin. Jane yang malang justru dibuang ke panti asuhan di jerman karena ia sakit. Dia ditempatkan di rumah sakit amal dan kemudian di panti asuhan. Dia kemudian ditemukan oleh ayahnya pada saat dia berusia lima tahun. Ayahnya telah melacak sirkus dari Carolina ke Jerman, lalu meminta polisi Berlin menghubungi sheriff Wilmington.

Setelah kejadian itu, Jane ditempatkan dalam perawatan neneknya Catawban yang tinggal di Mecklenburg County, North Carolina. Dia mulai bercukur untuk menyembunyikan kondisinya. Neneknya menceritakan kisah-kisahnya tentang Florence Nightingale, yang mengilhami dia untuk bekerja sebagai perawat mahasiswa di rumah sakit kota tua di Wilmington ketika dia berusia 17 tahun. Dia bekerja di sana selama sekitar satu tahun sampai terjadi insiden yang tidak menyenangkan yang membuatnya percaya bahwa dia tidak akan pernah memiliki kehidupan normal. Dia kembali ke tanah pertanian neneknya.

Saat dewasa Jane kembali tampil di panggung sirkus dan kemudian dikenal memiliki jenggot terpanjang diantara wanita berjenggot lainnya pada saat itu dengan panjang 33 cm. Pada musim semi 1892 dia bertemu dengan pemain sirkus bernama Profesor William Heckler yang membujuknya untuk berhenti mencukur dan mendapatkan pekerjaannya dengan Circus John Robinson.

Nama panggungnya adalah Lady Olga, Madame Olga dan Lady Olga Roderick, dengan menampilkan kemampuan flying trapeze. Dia mencoba beberapa nama panggung sebelum akhirnya memilih Lady Olga Roderick. Pada saat itu, panjang jenggotnya sudah 13 inci. Dia kembali ke North Carolina setiap musim dingin sampai neneknya meninggal pada tahun 1899. Dia bekerja dengan sirkus Robinson selama empat belas tahun.

Jane melakukan tur untuk beberapa waktu dengan sejumlah sirkus, termasuk sirkus Bersaudara Bersaudara, dan kemudian bergabung dengan Museum Hubert di Times Square, New York City. Pada titik tertentu dalam hidupnya, Jane bekerja sebagai seniman trapeze sebelum mengalami kecelakaan yang mengakhiri karirnya. Ia berhenti dari sirkus ketika mengalami kecelakaan saat manggung. Ia kemudian menjadi fotografer komersial.

Jane Barnell menjadi terkenal dalam perannya di film Freaks tahun 1932. Dia muncul dalam ‘Freaks’ karya Tod Browning yang menurut film dokumenter di DVD Freak (Freaks: The Sonton Cinema, 2004), membuatnya tidak senang dengan penggambaran keseluruhan dari karakternya dalam film tersebut. Perannya di film Freaks justru membuatnya kecewa karena orang-orang mengejek ia setiap bertemu.

Pada April 1935, ia bekerja di tontonan Ringling Brothers di Madison Square Garden.

Pada tahun 1940, dia diwawancarai oleh Joseph Mitchell untuk sebuah artikel di The New Yorker. Wawancaranya adalah salah satu dari sedikit sumber yang ada tentang kehidupannya. Ia mengaku belum melihat saudara kandungnya dalam 22 tahun dan percaya mereka sudah mati. Salah satu saudara perempuannya bekerja sebagai perawat membantu anak-anak China yang buta.

Jane menikah empat kali. Pernikahan pertamanya adalah dengan musisi Jerman yang bermain di band untuk sirkus John Robinson. Dia punya dua anak bersamanya. Suaminya dan dua anak mereka meninggal dalam beberapa tahun kemudian. Suaminya yang kedua adalah seorang penjual balon yang tewas berbulan-bulan setelah pernikahan mereka. Pernikahan ketiganya adalah dengan pecandu alkohol yang dia cerai. Pernikahan terakhirnya, pada tahun 1931, adalah dengan manajernya Thomas O’Boyle, seorang badut yatim piatu dan pembicara tontonan untuk Museum Dime Hubert. Dia memiliki sedikit kontak dengan keluarganya setelah dia menjadi pemain. Dia percaya mereka mengira dia memalukan.

Tanggal dan tempat pasti kematian Jane tidak diketahui. Tanggal dan tempat kematiannya telah dilaporkan secara keliru secara online, yaitu pada 26 Oktober 1951. Tanggal itu datang dari beberapa peneliti yang mengacaukan kematiannya dengan kematian Susan Jane Barnell. Ketika didekati oleh Diane Arbus tentang informasi mengenai kematiannya, Joseph Mitchell memverifikasi kematiannya.

 

Jane Barnell as Lady Olga

Sumber foto: https://en.wikipedia.org/wiki/Jane_Barnell.

14. Kore Bobisuthi

Kore Bobisuthi

Sumber foto: https://english.manoramaonline.com/women/she-news/2017/11/14/women-rock-bearded-look.html.

Kore Bobisuthi adalah seorang ibu yang menjalani kehidupan yang normal, kecuali adanya jenggot yang tumbuh di wajahnya.

Jenggot Kore tumbuh karena ia menderita penyakit Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) yang menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan, biasanya di punggung, bokong, wajah, atau dada. Tak jarang ia sering diejek di depan umum.

Ke mana pun Kore pergi sekarang ia mendapat pelecehan verbal. Remaja mengejeknya. Orang dewasa bergumam pelan. Orang-orang menunjuk, mereka menatap, mereka tertawa, mereka berteriak. Seorang pria berteriak di wajahnya dan mulai mengikutinya di jalan. Kore harus masuk ke sebuah toko hanya untuk membuat pria itu meninggalkannya sendirian.

Ia dipanggil dengan nama “Ugly”, “Freak of nature”, dan “Chewbacca.” Kore tidak terlalu memusingkan apa yang dikatakan orang-orang tentangnya. Ia justru hidup bahagia dengan suami dan anaknya.

Pada Kompetisi Jenggot dan Kumis Kota Mawar, Sabtu malam, 20 Juni 2015, seorang wanita berjanggut, Kore Bobisuthi, 30, dari Oakland, California, bersaing melawan sekelompok pria berjenggot.

Kore memiliki jenggot yang tebal, ia sempat memamerkannya dalam kompetisi jenggot pada November 2017 melawan para pria. Ia sudah tidak merasa malu lagi sekarang.

Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

15. Rose Geil

Rose Geil

Sumber foto: https://english.manoramaonline.com/women/she-news/2017/11/14/women-rock-bearded-look.html.

Pada usia 13, Rose Geil memperhatikan ada sesuatu yang tumbuh tidak pada dirinya. Rambut wajah, serta rambut di dadanya dan pada area lain dari tubuhnya mulai bertumbuh. Oleh karena itu ia bangun lebih pagi sebelum sekolah untuk mencukur kumis dan jenggotnya.

Masalah rambut di wajahnya membuat Rose menghabiskan ratusan jam untuk mencukurnya. Ia juga menghabiskan ribuan dollar menghilangkan masalah rambut di wajahnya.

Ini berlangsung selama bertahun-tahun, dengan Rose menjalani prosedur penghilangan bulu laser yang menyakitkan, pengobatan hormon yang tidak efektif, dan mengenakan celana panjang dan lengan baju, bahkan dalam cuaca hangat untuk menyembunyikan rambut di tubuhnya.

Rose Geil merasa hidupnya sengsara. Tapi ia hampir tidak sendirian. Begitu banyak orang, terutama wanita, merasa bahwa mereka harus mencari cara tertentu agar dapat diterima. Hal ini dapat menyebabkan depresi, gangguan makan, dan perilaku tidak sehat lainnya.

Untungnya, banyak wanita, seperti model Olivia Campbell, mengajar semua wanita untuk mencintai tubuh mereka, dan Geil, mengikuti ajarannya tersebut.

Dia mengatakan ada beberapa kecanggungan awal dan rasa malu ketika dia mengungkapkan masalah jenggotnya kepada teman dan keluarga, tetapi mereka semua mendukungnya. Sehingga ia sekarang merasa percaya diri. Ia tidak merasa malu lagi memiliki kumis, jenggot, dan brewok seperti laki-laki.

Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

16. Iis Dahlia

Iis Laeliyah (lahir di Bongas, Indramayu29 Mei 1972) adalah penyanyi dangdut dan aktris di Indonesia. Album-album Iis sukses dan melegenda ditelinga masyarakat. Nama Iis Laeliyah di Ganti Iis Dahlia oleh Produser agar terdengar Kariernya seperti bunga Dahlia kelak akan terus Mekar Harum dan Mewangi.

Lagu Iis yang terkenal antara lain, Tamu Tak DiundangPayung HitamCinta Bukanlah KapalSeroja.

Kumis tipis di wajah Iis membuat banyak laki-laki tergila-gila kepadanya.

Berbeda dengan cewe-cewe lain yang ada di daftar ini, Iis tidak berjenggot. Ha…7x

Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

Emosi Dengar Komentar Fatin Lubis, Iis Dahlia: Siapa Elu?

Iis Dahlia (foto : Muhammad Akrom Sukarya/Kapanlagi.com).

Sumber foto: https://www.dream.co.id/showbiz/fatin-ikut-berkomentar-iis-dahlia-siapa-elu-1807200.html

17. Balpreet Kaur

Balpreet Kaur

Sumber foto: https://english.manoramaonline.com/women/she-news/2017/11/14/women-rock-bearded-look.html.

Suatu hari cewe Sikh bernama Balpreet Kaur menemukan foto dirinya (diambil tanpa sepengetahuannya) berdiri dalam antrean di toko buku Universitas Negeri Ohio.

Sumber foto: https://www.shape.com/blogs/shape-your-life/woman-has-awesome-response-cyberbullying.

Sebagai seorang Sikh, Balpreet dilarang untuk mengubah tubuhnya, karena itu dianggap sebagai hadiah dari Tuhan. Ketika seorang teman memberi tahu dia tentang trit di Reddit, ia tidak merasa terganggu, bahkan ketika komentar dari pengguna Reddit mulai berdatangan, mengejek rambut wajahnya, jenis kelamin, pakaian, dan keputusan untuk tidak mencukur rambut wajahnya.

Balpreet memutuskan untuk mengatasi sendiri masalah itu dan membawanya ke utas. Inilah yang dia katakan:

“Hei, teman-teman. Ini Balpreet Kaur, gadis dari foto itu,” tulisnya. “Saya tidak malu atau bahkan dipermalukan oleh perhatian [negatif dan positif] yang didapat gambar ini, karena itulah saya. Prinsip utamanya adalah badan ini adalah alat untuk layanan,” jelasnya. “Kita harus memelihara dan merawatnya sambil menghargai bentuk aslinya.”

“Rambut saya tidak menghentikan saya dari menjadi normal atau melakukan pelayanan, jadi itu bukan halangan,” tulisnya dalam komentar kemudian. “Aku sudah ke dokter mengenai hal ini, dan itu hanya efek samping dari kadar hormonku selama masa remajaku. Hormon-hormon itu telah kembali normal, tetapi rambutnya masih ada di sana. Tidak masalah. Aku tidak menyesali apa pun, saya juga tidak melihatnya sebagai hal yang disayangkan. ”

Marilah kita mengangkat dua jempol untuk kesabaran dan keberanian dari Balpreet. He…7x

Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

18. Annalisa Hackleman

Annalisa Hackleman

Sumber foto: https://english.manoramaonline.com/women/she-news/2017/11/14/women-rock-bearded-look.html.

Annalisa Hackleman, seorang gadis dari California, didiagnosis dengan sindrom ovarium polikistik, suatu kondisi hormon yang menyebabkan peningkatan pertumbuhan rambut pada wajah dan tubuh.

Annalisa, yang sekarang berprofesi sebagai fotografer, mengatakan kumis yang tumbuh membuatnya merasa sangat aneh, minder, dan tidak percaya diri, sehingga ibunya membawanya untuk mendapatkan perawatan laser.

Tetapi perawatan itu tidak efektif lama dan Annalisa terpaksa menghilangkan rambut yang tidak diinginkannya itu dengan pisau cukur – kadang-kadang dia harus mencukur dua kali sehari.

Annalisa says her husband David isn't a fan but is

Annalisa says her husband David isn’t a fan but is “super supportive.”

Sumber foto: https://www.express.co.uk/life-style/life/566486/Bearded-lady-Annalisa-Hackleman-ditches-razor-husband-fan-facial-hair.

Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

19. Little Bear Schwarz

Little Bear

Sumber foto: https://english.manoramaonline.com/women/she-news/2017/11/14/women-rock-bearded-look.html.

You do you.

Sumber foto: https://www.ravishly.com/2015/11/10/love-sinner-hate-sin-why-labeling-feminism-good-or-bad-doesnt-help.

Sumber foto: https://q13fox.com/2015/07/14/i-am-free-to-be-myself-what-a-modern-day-freek-show-teaches-us-about-self-acceptance/

Ia dikenal dengan nama panggungnya “Little Bear the Bearded Lady,” perjalanannya ke “The Wreckless Freeks” dimulai sekitar usia 14.

Saat itulah dia mulai memperhatikan rambut tumbuh di dada, leher, dan wajahnya – tempat yang tidak biasa bagi seorang gadis remaja untuk memiliki rambut. Benar-benar aneh tapi nyata, kan? He…7x

Dia tidak mengetahuinya pada saat itu, tetapi Little Bear (lahir Renee Schwarz), memiliki kelainan yang disebut sindrom ovarium polikistik, atau PCOS.

Sementara kelainan ini dapat menyebabkan pembesaran ovarium dan kista, itu juga mengarah pada tingkat testosteron yang tinggi yang dapat menyebabkan rambut wajah dan kebotakan pola pria.

“Jadi orang tuaku seperti bingung. Bagaimana cara kita bisa menyingkirkan ini? Maksudku, yang bisa kulakukan hanyalah bercukur setiap hari, ”katanya. “Jadi sejak usia 14 hingga 31 saya hanya mencukur wajah, leher, dan dada saya setiap hari.

“Saya agak merasa malu karenanya, seperti, seperti saya katakan, kami tidak diajari untuk merasa sebaliknya. Tidak ada contoh wanita berjenggot untuk membuat saya berpikir bahwa itu baik-baik saja. Jadi saya selalu berpikir, ‘Jika saya tidak mencukur ini, saya akan sendirian dan menganggur selama sisa hidup saya.’ Jadi saya hanya bercukur setiap pagi sehingga saya terus hidup dalam ketakutan orang-orang memperhatikan”.

Setiap hari ia melakukan itu sampai ia bertemu pacarnya dan membuat rencana untuk pindah ke Seattle. Kemudian Little Bear memutuskan sudah waktunya baginya untuk mengakui siapa dia sebenarnya.

“Dia dan aku duduk dan dia berkata,” Asal tahu saja, kamu tidak harus bercukur. Kami tinggal di kota yang cukup progresif. Saya tidak keberatan, dan Anda bisa bekerja dari rumah”, kenang Little Bear.

“Ada sesuatu yang sangat membebaskan saat mengetahui bahwa di mana saya tinggal, dengan siapa saya, dan di mana saya bekerja, tidak ada lagi yang menghambat saya. Saya tidak punya alasan lagi untuk bercukur, jadi saya berhenti”.

Sementara ia telah belajar untuk menerima kondisinya setelah 16 tahun menyembunyikannya, tapi ternyata dunia tidak siap menerimanya bersamanya.

“Kadang-kadang ada orang yang mendatangi saya dan mengatakan bahwa saya menjijikkan, atau tertawa tepat di wajah saya,” katanya. “Saya pikir hal yang paling menyakitkan adalah ketika menjadi de-memanusiakan dan orang-orang mengatakan ‘apa itu?’ Ketika orang-orang berhenti menggunakan kata ganti manusia ke arah saya, itu sangat menyakitkan.”

Tapi Little Bear menemukan dukungan di antara “The Wreckless Freeks” ketika pendiri Michael “The Mighty Lurch” Robinson memintanya untuk menjadi bagian dari grup.

Robinson, yang bertindak sebagai “orang kuat” kelompok dan melakukan berbagai prestasi yang menunjukkan rasa sakit (seperti membiarkan anggota audiens menggunakannya sebagai papan dorong manusia), memiliki alasan sendiri untuk melakukan apa yang dia lakukan.

“Lebih dari tiga tahun yang lalu, saya mulai merasakan sakit pada persendian pergelangan tangan saya dan secara bertahap menyebar ke mana setiap sendi di tubuh saya sakit sepanjang hari setiap hari”, kata Robinson.

Ia mengatakan penyebab rasa sakitnya masih belum diketahui. Terkadang rasa sakitnya tumpul, katanya, tetapi di waktu lain “sangat buruk sehingga saya ingin meringkuk dan menangis”.

Ia mengatakan rasa sakit yang dia timbulkan pada dirinya sendiri di atas panggung membantunya mengatasi rasa sakit yang dia rasakan setiap hari.

“Ini cara bagiku untuk mengatakan, ‘Hei tubuh, aku bisa mengambil apa pun yang bisa kau lemparkan padaku,’ karena barang ini aku sengaja lakukan dan jika aku bisa menghadapinya, aku bisa berurusan rasa sakit darimu sepanjang waktu”.

Walaupun mungkin sulit untuk memahami atau menghargai apa yang mereka lakukan, masing-masing anggota Freeck Wreckless melakukan sesuatu yang sulit bagi kita semua. Mereka jujur pada diri mereka sendiri.

“Aku adalah siapa aku,” kata Lurch, mengangkat tangannya ke udara sambil tersenyum.

“Miliki siapa dirimu dan bersenang-senang melakukan apa yang ingin kau lakukan”, katanya. “Itu hal terpenting tentang hidup bagiku. Jika Anda tidak bersenang-senang, mengapa Anda melakukannya?”

Untuk Little Bear, yang bekerja dari apartemennya di Capitol Hill pada siang hari sebagai penulis lepas dan sejarawan, mengakui siapa dia berarti mengakui sesuatu yang beberapa orang tidak akan pernah bisa mengerti.

Dan tahukah Anda? Dia baik-baik saja dengan itu.

“Bergabung dengan pertunjukan aneh adalah apa yang membuatku merasa paling manusiawi”, katanya. “Karena aku dikelilingi oleh orang-orang yang seperti aku dan mereka mencintaiku”.

Wanita berjenggot Little Bear Schwarz mengatakan dia akhirnya belajar mencintai rambut wajahnya pada 23 Mei 2016.

“Aku menjadi lebih bahagia,” kata Little Bear, ketika diminta untuk membandingkan hidupnya sekarang dengan hidupnya saat tanpa jenggot.

“Karena aku bebas menjadi diriku sendiri.”

Benar-benar anehtapinyata, kan? Ha…7x

Bearded Lady Little Bear Schwarz Says She’s Fnally Learned To Love Her Facial Hair.

20. Jessa Olmstead

Jessa Olmstead

Sumber foto: https://english.manoramaonline.com/women/she-news/2017/11/14/women-rock-bearded-look.html.

Wanita Berjenggot Ini Jatuh Cinta Pada Pria 'Lobster'
Pasangan Jessa wanita berjenggot dan Grady pria lobster.
Jessa Olmstead dan Grady Stiles, yang baru-baru ini mengumumkan hubungan mereka ke publik.

Seperti dilansir Daily Mail, Jessa dikenal sebagai wanita yang mempunyai jenggot. Sedangkan, Grady Stiles dikenal dengan panggilan pria lobster. Ia lahir dengan kelainan bawaan, yang membuat tangan dan kaki mirip seperti capit hewan.

Jessa dan Grady bekerja di program TV yang bernama Venice Beach Freakshow di Los Angeles, Amerika Serikat. Mereka yang sudah saling mengenal selama kurun waktu bertahun-tahun, hingga benih-benih cinta hadir beberapa bulan belakangan ini.

“Jika orang membicarakan kami biarkan saja. Jika orang-orang tidak membicarakan kami, saya malah terkejut,” kata Jesse.

Jessa menuturkan ia jatuh hati pada Grady karena selera humornya, dan selalu membuatnya tertawa. Sedangkan, Grady mengaku ia tertarik pada Jessa karena mereka memiliki banyak kesamaan.

Baru-baru ini, Jessa dan Grady berlibur bersama ke Malibu Beach. Mereka berharap hubungan ini dapat terus berlanjut untuk masa depan keduanya. Jessa merasa hubungan mereka berjalan baik, karena keduanya belajar untuk mencintai diri sendiri

Todd Ray pemilik Venice Beach Freakshow mengatakan, ia mendukung hubungan pasangan itu. Keduanya besar bersama-sama dan berharap kebahagiaan ini berlangsung lama.

The Venice Beach Freak Show adalah sirkus klasik yang dibuka sejak tahun 2006. Sirkus tersebut beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu di pantai Los Angeles.

Sumber: http://bangka.tribunnews.com/2016/02/14/wanita-berjenggot-ini-jatuh-cinta-pada-pria-lobster.

Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

21. Alma Torres

Wajah Gadis ini Ngeri Karena Ditumbuhi Jenggot, Loh yang Dilakukan Pacarnya Malah Bikin Kaget

Sumber foto: http://jatim.tribunnews.com/tag/alma-torres.

Saat berumur 16 tahun, wajah Alma mulai ditumbuhi rambut. Hal ini disebabkan sakit PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), sehingga ia seringkali mencukur habis kumis dan jenggotnya. Ia juga melakukan terapi hormon. Sayang usahanya tidak berhasil. Kumis dan jenggotnya tetap saja tumbuh.

Sejak Alma Torres didiagnosis PCOS ia sering alami depresi dan menstruasi yang tak teratur.

Dari hasil terapi hormonnya yang ia lakukan sejauh ini, tampaknya Alma harus siap dengan akibat yang akan terjadi dengan ovariumnya.

Alma Torres diduga akan mengalami mandul karena rahimnya tak bekerja dengan sempurna kembali.

Suatu hari Alma punya pacar bernama Taylor (22). Pacarnya menjadi satu-satunya pria yang sangat mengerti kekurangan dan kelainan yang dimiliki Alma.

Taylor justru menganggap hal tersebut sebagai keunikan yang hanya dimiliki oleh pujaan hatinya saja.

Bagi Taylor jika suatu ketika ia kehilangan sosok Alma Torres, maka ia tak akan sulit mencarinya.

Keanehan yang dimiliki oleh kekasihnya ini jadi tanda yang akan cepat dikenali oleh semua orang.

Alma dan Taylor tinggal di BronxNew York.

It’s beautiful as it is natural” (itu cantik dan itu alami) ucap Taylor sambil memandang gemas kekasih hatinya itu.

Kebahagiaan yang terpancar dari pasangan ini sungguh dirasakan oleh orang di sekitar mereka.

Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

22. Nova Galaxia

Nova adalah seorang wanita penderita PCOS sejak berumur 15 tahun. Oleh karena itu kumis dan jenggot tumbuh di wajahnya.

Selain bisa menumbuhkan rambut di wajah, PCOS bisa menyebabkan menstruasi yang tidak teratur dan kista pada ovarium.

“Aku mengaguminya, jenggot dan semuanya”, kata Ash, pacar Nova.

Nova before she stopped shaving
Last October she threw her razor away and decided to grow her beard, which she shampoos every day
  • Sesudah

Sebelum dan sesudah: Oktober lalu Nova membuang pisau cukurnya dan memutuskan untuk menumbuhkan janggutnya, yang ia keramas setiap hari.

Loved up: She told Ash about her condition just a few weeks into her relationship, and the model was very accepting
Nova Galaxia, 26, from Virginia was diagnosed with polycystic ovary syndrome (PCOS), which causes excess facial hair, when she was just 15-years-old

Nova bertemu dengan pasangannya di sebuah acara fesyen show pada tahun 2012. Di sana Ash mengajaknya berkencan. Nova lalu menerima ajakannya tersebut karena mereka memiliki banyak kesamaan.

Beberapa minggu kemudian, Nova menceritakan tentang keadaannya yang berkumis dan berjenggot, jika tidak dicukur setiap hari. Saat mereka pertama kali bertemu, Nova mencukur muka, punggung, dada dan lengannya. Ash ternyata bisa menerima Nova apa adanya. Ash akan akan mencintainya, apa pun yang terjadi.

Hal ini membuat Nova mulai percaya diri. Ia mulai berbicara lebih banyak tentang kondisinya dan memberi tahu teman-temannya bahwa ia mencukur wajahnya.

“Saat itulah aku sadar aku tidak sendirian dan semua orang mencintaiku apa adanya, bukan karena penampilanku”, kata Nova.

Sebuah titik balik besar terjadi tahun lalu ketika seorang wanita Inggris Harnaam Kaur, 24, yang juga memiliki PCOS, menjadi berita utama setelah dengan berani menumbuhkan janggutnya dan berbicara tentang kondisi tersebut – yang menginspirasi Nova untuk mengikuti jejaknya.

Jadi, pada 31 Oktober 2017, Nova membuang pisau cukurnya, Ash pun mendukung tindakannya tersebut.

Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

23. Evelyn Nada Anjani

Nama Evelyn dikenal juga dengan nama Kevin. Ia mulai terkenal sejak ia berpacaran dengan aktor dan komedian terkenal Indonesia bernama Aming Sughandi. Netizen dibuat heboh saat itu karena sebelum berpacaran dengan Aming, Evelyn berpenampilan sangat macho dengan kumis dan jenggotnya. Oleh karena itu banyak orang percaya kalau Evelyn adalah seorang cowo.

Istri Aming Ternyata....

Sumber foto: https://www.kaskus.co.id/thread/5752dffc32e2e6151c8b456a/istri-aming-ternyata/33/?order=asc.

Benar-benar aneh tapi nyata karena Aming adalah seorang cowo yang kebanci-bancian, sedangkan Evelyn adalah seorang cewe yang berpenampilan sangat macho dengan kumis dan jenggotnya.

Dalam akun salah satu program di Trans tv menyebutkan bahwa Evelyn Nada Anjani (Kevin) memang terlahir sebagai perempuan dan sejak usia 4 tahun merasa dirinya laki-laki dan mulai berterus terang tentang apa yang ia rasakan kepada orang tuanya saat remaja.

Agar bisa menjadi cowo, saat berumur 17 tahun, Evelyn melakukan suntik hormon testosteron, alias hormon laki-laki di Jepang. Jika rutin disuntikkan, lama-lama seorang wanita pun akan memiliki sifat-sifat lelaki secara fisik, kecuali alat kelamin. Dua kali dalam sebulan, Evelyn melakukan suntik hormon. Selain itu, ia secara rutin minum suplement hormon testosteron.

Sejak pacaran dengan Aming, Evelyn mulai merubah diri. Ia mulai berpakaian seperti cewe.

Aming dan Evelyn menikah pada tanggal 4 Juni 2016 di Bandung.

Sumber foto: http://www.slidegossip.com/2016/06/istri-aming-laki-laki-atau-perempuan-evelyn-terlahir-sebagai-perempuan-tapi-merasa-dirinya-laki-laki.html.

Evelyn sempat hamil, namun keguguran.

Sayangnya, mereka bercerai pada April 2017.

Penyebab perceraian menurut Aming adalah Evelyn melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap Aming.

Penyebabnya ternyata adalah Evelyn menghentikan suntik hormonnya sehingga sering marah-marah karena emosinya menjadi labil.

Benar-benar suatu kisah yang aneh tapi nyata, kan? He…7x

24. Aprilia Santini Manganang

Aprilia Santini Manganang yang berpenampilan seperti pria

Aprilia Manganang pernah menjalani feminine test di Indonesia

Sekilas penampilan Aprilia Santini Manganang, pemain voli putri Indonesia ini, jelas cowo banget. Tentu saja tak ada yang menyangka kalau ia adalah cewe tulen. Ha…7x

Saat bermain voli, pihak lawan seringkali protes karena mereka menyangka kalau Aprilia adalah seorang pria yang sedang menyamar menjadi wanita. Ha..7x

Inilah tim yang protes dengan menanyakan gender dari Aprilia:

  1. Tim Popsivo Polwan di Liga Bola Voli Indonesia (Livoli) 2011. Saat itu, Popsivo menolak bertanding melawan Alko Bandung, klub April bermain, karena hasil feminine test-nya belum keluar.
  2. Bank Jatim Surabaya dan Petrokimia Gresik di Liga Bola Voli Indonesia (Livoli) 2013.
  3. Filipina dalam kualifikasi kejuaraan dunia zona Asia Tenggara di Vietnam.
  4. Filipina dalam SEA Games Singapura 2015.

Benar-benar aneh tapi nyata, kan? Ha…7x

Selain 24 cewe di atas, masih ada Miranda Nadine, Adriana Javier, Caster Semenya (Atlet lari Afrika Selatan), Dutee Chand (Sprinter India), dll.

Bahkan, bisa saja masih ada puluhan, ratusan atau ribuan cewe yang mengalami nasib yang sama, yaitu memiliki kumis, jenggot, brewok, dan bulu dada kalau tidak dicukur setiap hari.

Kenapa Wanita Bisa Berkumis Atau Berjenggot?

Sebenarnya semua wanita punya jenggot atau kumis, namun warna “jenggot atau kumis” yang tumbuh biasanya tidak berwarna terang, sehingga tidak terlalu kasat mata. Kalau kita melihat dari dekat, baru terlihat adanya bulu-bulu halus. Betul apa betul? Yah pasti betul lah. Ha…7x
Oleh karena itu kita ga perlu merasa heran kalau ada beberapa wanita terlihat berkumis atau berjenggot. He…7x
Wanita yang berkumis atau berjenggot dalam dunia medis disebut dengan hirsutisme.
Hirsutisme terjadi ketika rambut yang tumbuh di bagian wajah atau tubuh wanita lainnya, berwarna lebih gelap dan bertekstur lebih kasar.
Biasanya wanita yang mempunyai kumis atau jenggot disebabkan dengan tingginya hormon androgen yang lebih tinggi daripada biasanya pada tubuh wanita tersebut.
Androgen adalah hormon yang kadarnya tinggi di dalam tubuh pria seperti testosterone.
Sebenarnya semua wanita memiliki hormon androgen dengan kadar yang rendah. Sedangkan laki-laki memiliki hormon androgen dengan kadar yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan wanita, di mana perbandingannya adalah 1:10.
Hormon androgen pada wanita berfungsi sebagai pembentuk estrogen yang memiliki peran dalam penghambatan mengeroposnya tulang, meningkatkan gairah dan juga dapat dijadikan sebagai penyeimbang perasaan. Selain itu hormon androgen juga berfungsi untuk memunculkan sifat kelaki-lakian. Oleh karena itu jangan heran kalau seorang wanita kelebihan hormon androgen, bisa membuat dirinya seperti seorang laki-laki yang mempunyai kumis dan jenggot.

Faktor Penyebab Wanita Bisa Berkumis Atau Berjenggot

Inilah beberapa faktor penyebab wanita bisa berkumis atau berjenggot:
1. Ketidakseimbangan hormon, sehingga memproduksi hormon androgen secara berlebihan.
2. Faktor genetik atau rasial.
3. Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS).
4. Kelainan kelenjar Adrenal atau Congenital Adrenal Hyperplasia (CAH).
5. Stres.
6. Terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung steroid.
7. Penggunaan pil KB atau masa kehamilan.
8. Faktor usia atau menopause.

Faktor Genetik atau Rasial

Wanita yang berasal dari wilayah mediteranian, asia selatan atau tenggara, dan timur tengah memiliki kemungkinan lebih besar untuk memiliki bulu berlebih ditubuhnya dibandingkan mereka yang berasal dari eropa atau benua amerika.

Para wanita yang ibunya, saudara perempuan, bibi atau mungkin neneknya memiliki bulu lebih banyak dibandingkan wanita pada umumnya juga memiliki kemungkinan untuk terlahir dengan rambut yang tumbuh subur ditubuh mereka.

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

Polycystic Ovarian Syndrome adalah kondisi yang diakibatkan kista yang muncul diovarium mempengaruhi kemampuan tubuh dalam memmproduksi hormon.

Sebagai hasilnya, maka wanita tersebut akan mengalami menstruasi yang tidak menentu dan ketidaksuburan.

Wanita yang memiliki PCOS cenderung memiliki banyak jerawat diwajahnya dan gampang mengalami kenaikan berat badan. Beberapa gejala lain yang muncul antara lain:

  • Peningkatan berat badan dan biasanya mengalami kesusahan dalam penurunan berat badan.
  • Mudah capek.
  • Mood gampang berubah – rubah.
  • Sakit dibagian pinggul.
  • Tumbuhnya rambut atau bulu-bulu halus yang tumbuh di daerah wajah, dada, perut maupun punggung.
  • Tumbuhnya rambut tipis pada kening kepala.
  • Gampang Sakit Kepala.
  • Insomnia.
  • Jerawatan.
  • Mengalami siklus haid yang tidak teratur, di mana biasanya hanya 9 kali dalam setahun atau bahkan kurang dan mengalami pendarahan saat menstruasi.
  • Mengalami masalah kesuburan yang diindikasikan dengan susah hamil sehingga susah pula untuk memiliki keturunan (infertilitas).
  • Sering mengalami depresi.

Kelainan Kelenjar Adrenal atau Congenital Adrenal Hyperplasia (CAH)

Hiperplasia Adrenal Kongenital merupakan suatu kelainan genetik yang terjadi akibat kegagalan ataupun gangguan pembentukan enzim yang berperan dalam produksi hormon kortisol dan aldosteron. Dengan sistem skrining yang baik, kelainan tersebut dapat dideteksi sejak masa kehamilan maupun segera setelah lahir.

Kelainan kelenjar adrenal sebagai berikut bisa mengakibatkan ketidakseimbangan hormon:

  • Kanker adrenal.
  • Tumor pada kelenjar adrenal.
  • Adrenal Hyperplasia (Penyakit bawaan).

Kelenjar adrenal, yang terletak diatas ginjal, berfungsi sebagai produsen hormon dalam tubuh. Mereka yang memiliki penyakit adrenal hyperplasia terlahir tanpa enzim yang dibutuhkan untuk tubuh agar bisa memproduksi hormon secara normal.

Stress

Wanita yang sedang mengalami stress akan mengalami ketidakseimbangan hormon dalam tubuhnya. Ini diakibatkan melejitnya kadar kortisol, hormon yang biasa disebut dengan nama “stress hormone”. Tingginya kadar kortisol dalam tubuh wanita mempengaruhi jumlah androgen yang dihasilkan oleh tubuh.

Obat – obatan

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam obat – obatan bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut atau bulu pada wanita. Contoh dari bahan kimia yang bisa menyebabkan wanita punya jenggot atau kumis antara lain:

  • Minoxidil,
  • Anabolic Steroid,
  • Testosteron,
  • Cyclosporine.

Penggunaan Pil KB atau Masa Kehamilan

Tumbuhnya kumis, jenggot atau bulu secara berlebihan umum terjadi pada wanita yang mengonsumsi pil KB atau sedang dalam masa kehamilan.

Penggunaan pil KB atau masa kehamilan membuat beberapa perubahan terjadi pada tubuh wanita, namun kabar baiknya pertumbuhan bulu yang disebabkan oleh hal ini biasanya hanya berlangsung sementara saja.

Faktor Usia atau Menopause

Seiring dengan bertambahnya umur wanita, terutama bagi wanita yang telah mengalami menopause, maka estrogen didalam tubuh mereka akan berkurang.

Berkurangnya hormon estrogen pada tubuh wanita membuat tubuh wanita tersebut menjadi lebih sensitif pada hormon androgen. Hal ini menyebabkan mulai munculnya rambut – rambut halus dibagian dagu, tangan, dada atau perut.

Itulah tadi penyebab mengapa seorang wanita bisa memiliki jenggot atau kumis. Jika sahabat diary sehat termasuk wanita yang memiliki rambut berlebih ditubuhnya, maka perawatan seperti laser hair removal atau electrolysis bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kesimpulan

Cewe bisa berkumis, berjenggot, brewokan, atau mempunyai bulu dada.
Ada banyak faktor yang membuat cewe bisa berkumis, berjenggot, brewokan, atau mempunyai bulu dada.
Inilah beberapa faktor penyebab wanita bisa berkumis atau berjenggot:
1. Ketidakseimbangan hormon, sehingga memproduksi hormon androgen secara berlebihan.
2. Faktor genetik atau rasial.
3. Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS).
4. Kelainan kelenjar Adrenal atau Congenital Adrenal Hyperplasia (CAH).
5. Stres.
6. Terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung steroid.
7. Penggunaan pil KB atau masa kehamilan.
8. Faktor usia atau menopause.
Oleh karena itu jika bertemu mereka maka jangan dibuli. Sebab mereka hanya unik dan berbeda.
Bagaimana sahabat wanita sangat aneh apakah anda berminat menumbuhkan dan memanjangkan jenggot? Jika iya, silahkan hubungi kami untuk kami posting disini. He…7x
Terima kasih karena sudah mengunjungi, membaca artikel, atau menonton video di sangat aneh.

Jika anda menganggap blog ini bagus maka mohon bantuannya untuk menyebarkan informasi dan hiburan dari blog ini kepada keluarga dan teman-teman anda.

Kami juga mengharapkan ide, saran, dan kritik anda terhadap sangat aneh, jangan ragu-ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. He…7x

Sekali lagi, terima kasih.

Admin sangat aneh.

Richard Nata adalah seorang spesialis halaman pertama Google dan/atau Yahoo. Beberapa artikelnya juga menjadi nomor 1 di Google, Yahoo, dan Bing.

Hubungi Richard di Life on earth as in heaven.

Buku-buku dari Richard Nata yang terbit di Amazon:

1. Want More Traffic? 514 Tips to Skyrocket Your Website Traffic and Income Faster.
2. How to Create A Great Article for SEO in Three Hours.
3. The Best Way To Stop Watching Porn Today.
4. How to Skyrocket 7-8 Figure Income Annually from Blogging.
5. How to Start a Business With China.
6. Why Do Trump and Some Other US Presidents Endorse a New World Order?
7. Knowing Jesus Better – the Real Jesus According to Thousands of Verses and Who is Jesus to you?
8. How to Win a Soul to Jesus Christ.
9. Top Secret of Healthy Life Revealed.
10. Top Secret of Longevity Revealed.
11. Top Secret of Healthy Life and Longevity Revealed.
12. Make Your First $5,000 Faster: How to Find and Get Your Perfect Job.
13. How to Make Your First $5,000 Faster Even If English Is Your Second Language (ESL).
14. From Love to Horror.
15. 50 Amazing Ways to Make Your First $5,000 Faster.
16. Power and Business Trillions of Dollars Make JFK Must Be Killed – 669 Data and Timeline Proving It.

 

 

41 thoughts on “Sangat Aneh Tapi Nyata: 24 Cewe Terkenal Karena Berjenggot Dan/Atau Berkumis, Ada 4 Yang Berasal Dari Indonesia Loh!

  1. I do agree with all of the concepts you’ve presented on your post.

    They’re really convincing and will definitely work.
    Nonetheless, the posts are very brief for
    newbies. Could you please prolong them a bit from
    subsequent time? Thank you for the post.
    viagra tablets

  2. Hi there, just became alert to your blog through Google,
    and found that it’s really informative. I am going to watch out for brussels.
    I will be grateful if you continue this in future.
    A lot of people will be benefited from your writing.
    Cheers! over the counter viagra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *