Ditulis oleh Richard Nata

Sangat aneh adalah tempat anda mencari berita aneh, kejadian anehberita aneh hari ini, berita yang sangat aneh, aneh tapi nyataberita unik, berita keren, lifestyle unik, fakta aneh, dan lain sebagainya.

Sangat aneh juga merupakan tempat anda mencari berita aneh, berita unik dan aneh tapi nyata dari selebriti, film aneh, video aneh, musik aneh, iklan aneh, foto aneh, gambar aneh, meme aneh, penampakan aneh, hewan aneh, penyakit aneh, makanan aneh, dan lain sebagainya.

Sangat aneh anti dalam membuat dan menyebarkan berita hoax. Oleh karena itu sangat aneh akan melawan pembuat dan penyebar berita hoax. He…7x

Sangataneh.com terdiri atas aneh tapi nyataberita aneh hari iniberita hoaxberita kontroversiberita unikberita viralgame onlinekejadian anehlucumisterirahasia Tuhansangat anehsentuhan hatiseram, dan wow keren.

Sangataneh.com – Presiden Indonesia yang berkali-kali ingin dibunuh adalah Soekarno. Sedangkan Presiden Indonesia yang berkali-kali ingin dikudeta adalah Joko Widodo alias Jokowi.

Tahun 2012, Jokowi dan Ahok menjadi Gubernur dan wakil Gubernur Jakarta. Mereka berdua layak disebut dwi tunggal karena gebrakan, kinerja dan hasil kerja dari kedua manusia ini, menjadi perhatian rakyat Indonesia, bahkan mengejutkan dunia internasional. He…7x

Kenapa begitu? Karena mereka berdua anti korupsi, ga bisa diajak kongkalikong untuk KKN, apalagi membobol anggaran pembangunan daerah. Mereka juga berani melawan preman-preman berkedok ormas, bahkan preman berkedok agama. Semua bantuan pemda buat menjinakkan preman yang dilakukan oleh banyak Gubernur sebelumnya, distop oleh Jokowi-Ahok. Wow keren. Ha…7x

Tahun 2014, atas desakan rakyat Indonesia yang menginginkan adanya perubahan di Indonesia dan persetujuan dari Megawati, selaku ketua umum PDIP, Jokowi maju pilpres berpasangan dengan Jusuf Kalla melawan Prabowo-Hatta Rajasa.

Aneh tapi nyata, Prabowo-Hatta Rajasa yang didukung oleh 7 partai kalah melawan Jokowi-JK yang didukung oleh 5 partai. Hal ini tidak usah diherankan karena rakyat Indonesia ada di belakang Jokowi.

Partai pendukung Jokowi: PDIP, PKB, Nasdem, Hanura dan PKPI.

Partai pendukung Prabowo: Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PAN, PKS, dan PBB.

Partai Demokrat bermain di dua kaki alias ga dukung Jokowi atau Prabowo alias netral berdasarkan rapat pimpinan nasional pada 18 Mei 2014, tapi para kadernya dibebaskan untuk memilih. Sayangnya hal ini tidak berlangsung lama karena pada 30 Juni 2014, Demokrat mendukung Prabowo.

Setelah Jokowi menang dan menjadi Presiden, maka mulailah muncul suara-suara sumbang yang meramalkan kalau pemerintahan Jokowi akan jatuh karena impeachment atau kudeta lewat jalur politik. Yang gilanya adalah suara sumbang tersebut tidak hanya berasal dari kubu oposisi melainkan juga dari pihak koalisi pendukung Jokowi, bahkan dari PDIP, partai di mana Jokowi menjadi kadernya.

Sangat aneh ga sih?

Aneh tapi nyata yah? Ha…7x

Jebakan-jebakan politik mulai dipasang untuk menjatuhkan Jokowi. Amien Rais, Brisik, Fahri Hamzah, Fadli Zon, Teuku Zulkarnain, Ratna Sarumpaet, Novel Bamukmin, Bachtiar Nasir, Alvian Tanjung, Rhoma Irama, dan Ahmad Dhani adalah nama-nama orang yang sangat membenci Jokowi-Ahok. Kebencian mereka terhadap Jokowi-Ahok sudah mendarah daging. Ibarat penyakit maka kebencian mereka sudah mencapai level stadium 4. Ha…7x

Sekelompok elit politik yang ideot, bahkan ingin menjatuhkan Jokowi lewat jalur inkonstitusional alias lewat kerusuhan. Korban nyawa pasti berjatuhan, ditambah kehancuran ekonomi akibat kerusuhan, bukankah ini merupakan suatu cara yang ideot?

Dalam artikel ini, penulis cuma membahas tentang percobaan kudeta terhadap Jokowi lewat kerusuhan 411 dan percobaan kudeta 212.

Artikel yang membahas tentang topik ini terdiri dari:

Sangat Aneh: Kenapa Jokowi Tidak Bisa Dikudeta?

Sangat Aneh: Kenapa Jokowi Tidak Bisa Dikudeta? Bagian 2.

Sangat Aneh: Kenapa Jokowi Tidak Bisa Dikudeta? Bagian 3.

Sangat Aneh: Kenapa Jokowi Tidak Bisa Dikudeta? Bagian 4.

Walaupun sudah dua kali rencana kerusuhan massa untuk mengkudeta Jokowi gagal, para bandar kudeta tidak putus asa. Kali ini mereka menyiapkan rencana kudeta secara matang.

Para bajingan, bangsat, pengkhianat bangsa, dan pemuja khilafah bersatu untuk mengalahkan Jokowi.

Kali ini rencana kudeta akan dieksekusi bersamaan dengan pilpres 2019. Karena saat itu suhu politik sangat panas.

Rencana dari sekelompok orang ideot tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mengkampanyekan tagar #2019 ganti presiden.
  2. Menyebarkan hoax, fitnah dan menyebarkan kebencian kepada Jokowi dan pemerintah setiap hari.
  3. Menyebarkan hoax, fitnah dan menyebarkan politik SARA ke mesjid-mesjid. Cara ini berhasil dipakai untuk mengalahkan Ahok. Mereka lupa kalau Jokowi bukan Ahok karena Jokowi adalah muslim dan orang Jawa (Solo).
  4. Menyebarkan hoax, fitnah dan menyebarkan isu kalau TNI-Polri, ASN, KPU, Bawaslu tidak netral. Karena memihak kepada Jokowi.
  5. Mencoba mengadu domba antara TNI dan Polri.
  6. Menyebarkan hoax, fitnah dan menyebarkan isu kalau pemenang pilpres 2014 sebenarnya adalah Prabowo.
  7. Menyebarkan hoax, fitnah dan menyebarkan isu kalau pemenang pilpres 2019 nanti adalah Prabowo tetapi yang dilantik adalah Jokowi.
  8. Menyebarkan hoax, fitnah dan menyebarkan isu kalau Jokowi anti Islam. Bahkan suka menangkap ulama yang kritis. Padahal ulama-ulama yang ditangkap adalah ulama-ulama yang suka menyebarkan fitnah dan kebencian dan ulama pelaku kejahatan alias para kriminal. Ha…7x
  9. Menyebarkan hoax, fitnah dan menyebarkan isu kalau PKI sudah bangkit kembali, bahkan sudah masuk ke dalam istana.
  10. Menyebarkan hoax, fitnah dan menyebarkan isu kalau KPU curang, dan kecurangan dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan massif. Padahal pemilu belum dilangsungkan.
  11. Menyebarkan hoax, fitnah dan menyebarkan isu kalau Jokowi menang, maka azan akan dilarang. Selain itu, pernikahan sesama jenis akan dilegalkan.
  12. Dll.

Rencana pertama adalah hoax Ratna Sarumpaet digebukkin di Bandung sampai mukanya bonyok. Padahal Ratna hanya melakukan operasi plastik.

Kebencian menyebabkan orang menjadi ideot.

Ratna Sarumpaet adalah orang terkenal, banyak yang mengenalnya, sehingga mereka bersuara kalau Ratna tidak pernah digebukkin. Mukanya bonyok karena habis operasi plastik.

Kubu 02 sebenarnya sudah siap untuk berdemo berjilid-jilid dengan tujuan menyalahkan Jokowi dan pemerintaho orba.

Rencana ini gagal sebelum berkembang, karena polisi bergerak cepat membongkar hoax dari Ratna Sarumpaet dan BPN.

Rencana kedua adalah hoax kalau telah digrebek 7 kontainer surat suara telah dicoblos 01 (paslon Jokowi-Amin Ma’ruf) di Tanjung Priok.

Kebencian menyebabkan orang menjadi ideot.

Ideotnya Bagus Bawana, pembuat hoax adalah saat itu KPU belum mensahkan foto yang ditetapkan untuk paslon 01 dan 02 (Prabowo-Sandiaga Uno) dalam surat suara. Jadi bagaimana mungkin bisa ada surat suara yang sudah tercoblos 01. Ha…7x

Polisi cepat menangkap Bagus Bawana, sayangnya Andi Arief dan Tungku Zulkarnaen, yang ikut-ikutan menyebarkan hoax kasus ini tidak ditangkap karena mereka masih kebal hukum alias masih banyak orang-orang kuat yang melindungi mereka.

Rencana kedua gagal sebelum berkembang.

Rencana ketiga adalah kerusuhan saat KPU menetapkan pemenang pilpres adalah pasangan 01.

Kerusuhan yang dirancang bukanlah kerusuhan yang berskala kecil seperti kerusuhan 411 tahun 2016.

Kerusuhan akan dibuat seperti kerusuhan Mei 98, bahkan kalau bisa lebih besar dari pada itu.

Kenapa begitu? Karena korbannya jauh lebih banyak dari pada kerusuhan Mei 98.

Martir yang dipilih pun bukan sembarang martir, karena yang dibidik adalah para ABG, terutama para santri ABG. Tujuannya adalah untuk membuat umat Islam marah terhadap pemerintahan Jokowi dan membuat kerusuhan massa seperti kerusuhan Mei 98.

BEGINI ARAHAN MANTAN DANJEN KOPASSUS, MAYJEN(PUR) SOENARKO

Bapak ini Lagi Apa Yaa? Saat Permadi Rapat Ngebacot Revolusi

Dari kedua video di atas, yang beredar di media sosial ini, jelas terlihat kalau kubu 02 sudah merencanakan untuk melakukan revolusi kalau Prabowo kalah.

Jadi rencananya adalah sebagai berikut. Jika Prabowo kalah, maka mereka akan membuat kerusuhan dengan target 100-200 orang yang mati martir. Dengan korban sebesar itu maka akan terjadi kerusuhan yang lebih besar. Bahkan bisa terjadi perang saudara di Indonesia.

Prabowo jelas mengatakan kalau ia sampai kalah maka Indonesia akan punah.

Ternyata korban kerusuhan besar yang memakan banyak itu sudah direncanakan. Dan kerusuhan ini melibatkan mantan Danjen Kopassus Mayjen (purn) Soenarko. Kerusuhan 21-23 Mei 2019, juga melibatkan bekas anak buah Prabowo di Kopassus, yaitu Fauka Noor Farid. Ia adalah anggota Kopassus yang dipakai oleh Prabowo untuk menculik para aktivis pro demokrasi tahun 1997-1998.

Senjatapun disiapkan. Di atas kertas, maka kerusuhan besar yang akan menjatuhkan Jokowi ini pasti berhasil. Kenapa begitu? Karena mereka akan ditembak oleh senjata serbu. Penembaknya adalah kubu 02 sendiri. Tapi Jokowi dan TNI-Polri yang akan disalahkan oleh kubu 02.

Selain para pendemo atau pelaku kerusuhan yang mati ditembak di lokasi kejadian, ternyata mereka juga merencanakan untuk membunuh beberapa orang, kemudian mayatnya dibawa ke lokasi kerusuhan.

Lihatlah! Alangkah jahat dan biadabnya kubu 02.

Sayangnya, mantan Danjen Kopassus Mayjen (purn) Soenarko, ditangkap karena terlibat penyelundupan senjata dari Aceh.

Kemudian operator makar seperti Mayjen (purn) Kivlan Zein dan Eggi Sudjana ditangkap polisi.

Gus Dur pernah mengatakan kalau Kivlan Zein adalah operator kerusuhan di Ambon dan Poso. Saat itu kerusuhan di Ambon dan Poso ingin menciptakan perang agama antara Islam dengan Kristen.

Kapolri Tito Karnavian juga sudah mengumumkan kalau anggota Polri yang mengamankan demo di Bawaslu tidak dilengkapi dengan peluru tajam.

KPU juga memajukan pengumuman pemenang pilpres dari 22 Mei menjadi 21 Mei pagi, sehingga rencana yang disusun dengan matang dari kubu 02, gagal total. Ha…7x

Malam Jahanam di Tenabang: Momen-Momen Menentukan Menuju Kerusuhan

Aksi di depan Bawaslu mulai ricuh jelang malam di Sarinah, Jakarta pada Rabu (22/5/19). tirto.id/Andrey Gromico

Oleh: Dieqy Hasbi Widhana – 29 Mei 2019 Dibaca Normal 5 menit

Insiden-insiden kecil tapi menentukan perubahan perilaku massa dan aparat — dari sanalah aksi damai menjadi kerusuhan yang meluas.

tirto.id – Saat hari masih terang, polisi sudah meminta Aksi 21 Mei di sekitar kantor Bawaslu di Jl. Thamrin berakhir sebelum pukul 18.00, meski UU 9/1998 memperbolehkan hingga 22.00. Demonstran melobi agar diperbolehkan aksi hingga salat tarawih berakhir. Permintaan demonstran yang menolak kemenangan Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019 itu berhasil.

Usai tarawih, suasana masih lengang. Tameng polisi dijajar di atas aspal. Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan, dan Dandim 0501/JP Letkol TNI Inf Wahyu Yudhayana berkumpul. Mereka menagih hasil negosiasi. Para pejabat hankam Jakarta itu dibantu Juru Bicara FPI Munarman.

Pendemo menyurut secara perlahan. Antara jam 20.30 hingga 22.00, situasi di sekitar Bawaslu terlihat kondusif.

Polisi menganggap Aksi 21 Mei berakhir. Bahkan sempat terlihat apel pembubaran pasukan.

“Kita semua merasa bersyukur dan hari ini atau malam ini, kita sudah selesai melaksanakan kegiatan. Artinya, sama-sama dari unjuk rasa dan dari petugas, kita sama-sama komunikasi dan kita bisa menyelesaikan dengan baik,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Gedung Bawaslu.

Ucap syukur Argo ternyata mendahului takdir.

Satu jam setelahnya, sekitar pukul 22.00, saat pendemo hanya tinggal puluhan, mendadak seratusan massa baru muncul ke depan Gedung Bawaslu. Massa baru ini tampil berbeda: Sebagian memakai colekan pasta gigi di kantong mata. Bendera yang mereka bawa merah putih dan hitam. Dominan memakai baju koko putih dan kopiah.

Mereka mulai berteriak-teriak dan menunjuk-nunjuk polisi. Beberapa merusak kawat berduri sepanjang 1,5 meter yang dipasang aparat keamanan di taman bunga, di sela dua arah Jalan MH Thamrin. Atmosfer di sekitar Sarinah meningkat.

Sekitar pukul 22.30, Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Arie Ardian Rishadi mendatangi satu titik kawat berduri guna memeriksa keadaan. Melihat ada kawat berduri yang rusak, Arie terlihat marah.

“Kenapa, kok, kalian rusakin?” tanya Arie.

Tapi, massa seakan tak peduli, malah mencemooh Arie dari seberang kawat berduri.

“Tembak saya, tembak!”

“Kami siap mati! Selamat tinggal!”

“Jangan takut.”

Arie kembali berjalan ke gerbang Bawaslu. Ia terlihat berbicara dengan pihak kepolisian lain. Salah satu ajudan Arie dari Polres Jakarta Pusat tetap di lokasi dan mencoba menenangkan massa dari seberang kawat berduri. Ia terlihat sabar, mencoba berbicara perlahan-lahan.

“Ya. Ya. Ya. Sabar.”

Namun, massa mencemooh. “Jangan ya, ya, ya aja lo!”

“Kenapa polisi berkhianat?”

Akhirnya, Wakapolres Jakpus Arie kembali. Ia mengeluarkan gawai dan merekam ke arah wajah-wajah massa yang mencemoohnya. Massa malah menantang. Arie terlihat berang.

“Kalian ini dibiarkan ngelunjak. Kalian rusak properti pemerintah ini!”

“Ini dibeli oleh rakyat!”—terdengar balasan dari arah massa.

Arie kembali berjalan ke arah gerbang Bawaslu. Namun, massa terus memancing.

Terdengar lagi teriakan: “Tembak. Tembak saja. Ayo tembak, Pak, kalau berani. Siap mati rakyat. Jangan takut ini rakyat. Bapak tembak juga enggak apa-apa.”

Rekaman suara massa di momen krusial sekitar pukul 22.30

Kemudian, massa menyanyikan yel-yel khas suporter bola. Menyanyi sambil loncat-loncat dan menepukkan tangan di atas kepala, membentuk irama layaknya di tribun stadion. Yel-yel ini sering dipakai suporter sepakbola untuk menyindir Bhayangkara FC, klub milik Koperasi Zebra Jaya yang berisi mantan polisi.

“Tugasmu mengayomi. Pak Polisi, Pak Polisi jangan ikut kompetisi,” terdengar nyanyian dari arah massa.

Tak lama setelah Arie tiba di barisan polisi, sekitar pukul 22.38, puluhan polisi serentak bergerak maju. Polisi berbaju putih bercelana khaki berlari ke arah massa. Disusul polisi berseragam cokelat dan memakai helm membawa tameng putih transparan dan pentungan. Sebagian lain meloncati kawat berduri yang dirusak massa.

Massa kocar-kacir. Berlarian ke pelataran Gedung Sarinah dan Jalan Wahid Hasyim, arah Jalan Sabang. Massa yang ditangkap ada yang dirangkul, dijambak, digendong, hingga diseret ke dalam Gedung Bawaslu.

Massa yang semula giras berubah mengiba, “Ya Allah. Jangan, Pak. Ya Allah.”

Sementera massa yang ditangkap tapi lolos dari polisi, digotong ke dalam ambulans. Perilaku anggota Brimob terlihat lebih agresif dibandingkan sebelumnya. Bahkan, beberapa helm di motor yang tertinggal massa dibuang dan dilempar begitu saja oleh para anggota Brimob.

“Bubar!”

“Apa yang kau bela mati-matian?”

“Cepat pulang sana!”

Seorang demonstran mengajak duel polisi.

“Buka seragamnya saja, lepas. Satu lawan satu,” ujar pemuda itu.

Di Jalan Sabang, sekitar pukul 23.00, massa masih berkumpul. Mereka berniat kembali ke depan Gedung Bawaslu. Sebagian berupaya bernegosiasi dengan pihak Brimob mengenai beberapa motor milik massa yang tertinggal di Jalan Wahid Hasyim.

Pihak Brimob meminta massa mengambil sepeda motor di Polda Metro Jaya keesokan harinya saja, tapi massa menolak. Pihak Brimob akhirnya mempersilakan beberapa orang mengambil sepeda motor, melewati barikade aparat, dengan lebih dulu memeriksa tubuh mereka.

Sementara di sekitar Bawaslu, sekitar pukul 23.30, penangkapan terhadap massa tak membuat mereka menyurut. Kendati sempat terpukul mundur, mereka kembali maju.

Saat itu reporter Tirto sempat mendengar terjadi negosiasi antara aparat dan massa yang meminta sebagian massa yang ditangkap dibebaskan. Namun, Tirto tidak melihat proses negosiasi itu berlangsung.

Antara pukul 23.00 hingga 23.30, Brimob kembali menyisir perkantoran sekitar titik aksi. Ketika di gedung Sarinah, polisi-polisi berteriak, “Bubar sekarang! Kalau tidak ada kepentingan, pulang saja! Kalian dengar, enggak?”

Tepat setelah hari berganti, Rabu, 22 Mei, sekitar pukul 00.10, polisi mengancam akan menembakkan gas air mata.

Namun, massa bergeming. Polisi juga tak lekas bergerak, berusaha menunda ancaman menembakkan gas air mata.

Sekitar pukul 00.25, polisi kembali menyampaikan ancaman hendak melontarkan gas air mata. Polisi yang membawa amunisi gas air mata mulai bergerak. Menyaksikan itu, massa perlahan mundur. Namun, masih ada sejumlah massa yang bergeming. Kembali polisi memberi peringatan.

Akhirnya, polisi menembakkan gas air mata untuk pertama kali usai memberikan peringatan sebanyak tiga kali.

Saat itu, ada massa yang datang dari Jalan Wahid Hasyim menuju Tanah Abang. Pada dua tempat itu, tembakan gas air mata dibalas lemparan bongkahan batu dan petasan.

Antara pukul 00.30 hingga 01.00, eskalasi meningkat drastis. Kini bukan lagi provokasi verbal, melainkan tindakan fisik dilawan tindakan fisik. Lemparan batu. Benda-benda keras. Gas air mata. Sekitar pukul 01.00, polisi semakin agresif bergerak maju. Dari samping Gedung Bawaslu ke arah Pasar Tanah Abang.

“Pasukan maju lagi,” seru Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan memimpin anggotanya, sekitar pukul 01.13. “Ayo jalan.”

Di sisi seberang, massa terus mundur sembari secara aktif melawan dengan melempar benda-benda keras. Sekitar 01.30, massa sudah terdesak hingga Pasar Tanah Abang.

Namun, justru di situlah kericuhan mengganas. Api mulai memercik di salah satu titik di Pasar Tanah Abang, sekitar Blok A. Saat api berpendar, berupa pembakaran maupun mercon dan kembang api tembak, masih di sekitar pukul 01.30, polisi mulai mengerahkan water cannon untuk memadamkan api di Blok A Pasar Tanah Abang. Kendaraan water cannon ini disiapkan di ujung Jalan Wahid Hasyim, tepatnya di samping Pasar Tanah Abang, di dekat titik berkumpul massa.

Di Tanah Abang inilah perlawanan massa memasuki babak baru. Tidak lagi mengandalkan batu, melainkan mulai melempari polisi dengan mercon dan kembang api tembak.

Polisi sekali lagi masih berupaya membujuk massa untuk bubar.

“Silakan kembali ke rumah Anda. Warga sudah cukup,” kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan, sekitar pukul 01.30.

Tapi, massa justru bertahan di bawah underpass Pasar Tanah Abang. Belum ada gelagat dari mereka menuruti permintaan polisi. Dari bawah underpass itulah terjadi bentrokan sengit.

Di titik itu, sekitar pukul 01.45, lontaran bom molotov beterbangan. Polisi terlihat kesulitan.

Di tempat yang lain, sekitar pukul 02.00, kepolisian mendatangkan pasukan tambahan dari Brimob. Beberapa bus yang berisi personel Brimob tiba di dekat Bawaslu. Reporter Kompas TV menyebut mereka didatangkan dari Depok.

Tambahan pasukan ini menjelaskan: situasi yang diharapkan mendingin berubah panas, dan bentrokan berpotensi kian membesar.

Di Tanah Abang sendiri, hampir bersamaan dengan kedatangan pasukan tambahan dari Brimob, sekitar pukul 02.00, massa yang semula bertahan di underpass sempat membuat polisi bergerak mundur. Salah satu penyebabnya: masifnya lontaran molotov.

Pada pukul 02.30, reporter Tirto sempat mendengar seorang remaja meminta molotov. “Bang, tolong bawain molotov-molotov lagi ke sini,” kata remaja berusia sekitar 17-an tahun itu kepada rekannya melalui ponsel.

Pada saat yang sama, sekitar pukul 01.55, bentrokan juga terjadi di Jalan Sabang, hanya berjarak 216 meter dari Gedung Bawaslu. Massa mengenakan masker dan membawa batu. Di lokasi ini polisi pun menembakkan gas air mata.

Eskalasi di Sabang tak lekas menyurut. Sekitar pukul 02.30, polisi akhirnya menembak dengan peluru karet. Sejumlah polisi dengan tameng dan helm merangsek maju membubarkan massa. Di depannya, sejumlah polisi bersenjata dengan peluru karet melepaskan tembakan ke arah massa.

Arah tembakan semula ke atas, kemudian ke arah kerumunan massa. Tembakan dengan peluru karet berlangsung sekitar 10 menit. Kemudian, massa perlahan mundur.

Namun, eskalasi di Tanah Abang masih terus panas. Bermula dari Gedung Bawaslu, mundur ke Tanah Abang, bentrokan meluas hingga ke Petamburan, ke arah Kebon Sirih di sekitar Hotel Milenium, bahkan jauh di belakang hingga ke Slipi.

Bentrokan terus berlanjut hingga matahari menyembul di langit Jakarta. Kerusuhan secara sporadis berlangsung hingga Kamis pagi, 23 Mei, di berbagai titik—terutama dan terbanyak—di Jakarta Pusat.

========

Laporan ini menggambarkan momen krusial perubahan perilaku massa (juga perilaku aparat kepolisian) dari yang semula berjalan damai hingga berujung bentrokan fisik pertama pada Selasa malam, 21 Mei, di sekitar Gedung Bawaslu.

Laporan disusun berdasarkan pantauan para reporter Tirto di lapangan. Adi Briantika, Andrian Pratama Taher, Haris Prabowo berada di lapangan saat momen transisi antara aksi damai dan menjelma bentrokan pertama, sekitar pukul 22.30 (21/5). Ketiganya berada di antara barisan aparat keamanan dan massa di sekitar Gedung Bawaslu.

Selepas tengah malam, Rabu dini hari (22/5), saat aksi berubah menjadi bentrokan, selain Haris Prabowo dan Adi Briantika, kami menurunkan empat reporter lain, yakni Arbi Sumandoyo, Aqwam Fiazmi Hanifan, Dieqy Hasbi Widhana, dan Reja Hidayat. Mereka bekerja dari belakang garis massa; dua di antaranya (Reja dan Dieqy) menyisir sejumlah Puskemas dan rumah sakit di sekitar lokasi bentrok. Dari sanalah Tirto pertama kali mendapatkan informasi kematian Farhan Syafero di RS Budi Kemuliaan.

Selain mendasarkan diri pada pantauan para reporter dan fotografer, beberapa bagian laporan ini mengambil paparan layar televisi untuk dicocokkan dengan bahan-bahan dari para reporter. Agung Dwi Hartanto, Herdanang Fauzan, dan Zakki Amali memantau Kompas TV, CNN TV, dan TV One. Sedangkan Mufti Sholih bertugas menyunting laporan-laporan dari lapangan untuk ditayangkan saat itu juga.

Untuk kejadian mulai Rabu pagi (22/5) hingga Kamis subuh (23/5), Tirto menurunkan laporan yang disusun secara kronologis dalam satu berkas: Situasi Jakarta Terkini Saat Aksi 22 Mei. Kronologi dari Selasa malam hingga Kamis subuh, 21-23 Mei, plus gambaran visual titik-titik kerusuhan, dipresentasikan dalam bentuk interaktif oleh jurnalis data Wan Ulfa Nur Zahra.

Andrey Gromico, Bhagavad Sambada, dan Hafitz Maulana bergantian memotret selama tiga hari di lapangan, termasuk ke 9 titik rusuh yang mayoritas terjadi di Jakarta Pusat.

Andhika Krisnuwardhana dan Rangga Putra merekam peristiwa kerusuhan pada 22 Mei di Gedung Bawaslu.

Frendy Kurniawan terlibat memeriksa fakta dan menguji beragam materi, baik dari reporter maupun media sosial, yang mengalir deras sejak Rabu dini hari, 22 Mei.

Baca juga artikel terkait AKSI 22 MEI atau tulisan menarik lainnya Dieqy Hasbi Widhana (tirto.id – Indepth) Reporter: Andrian Pratama Taher, Adi Briantika, Arbi Sumandoyo, Reja Hidayat, Aqwam Fiazmi Hanifan, Felix Nathaniel & Haris Prabowo Penulis: Dieqy Hasbi Widhana Editor: Zen RS

Sumber: https://tirto.id/d853

Sejumlah Massa Aksi Berlindung di Rumah Aspirasi Prabowo-Sandi
Keadaan massa aksi yang berada di belakang Sarinah Mall (22/5/2019) malam, saat bentrokan masih terjadi dengan aparat Brimob. tirto.id/Haris Prabowo
tirto.id – Ratusan orang masih memadati Rumah Aspirasi Prabowo-Sandiaga yang terletak di seberang Masjid Cut Meutia, Gondangdia, Kamis (23/5/2019) sekitar pukul 02.00. Massa aksi menjadikan tempat ini sebagai crisis center buat menampung korban kericuhan di perempatan Jalan Wahid Hasyim.

Sebelum ricuh, Jalan Wahid Hasyim sebetulnya sempat steril. Sejak pukul 00.00 tadi massa yang tadinya berkumpul di sepanjang jalan Wahid Hasyim tunggang langgang diserbu polisi. Mereka lari hingga arah stasiun Gondangdia dan bertahan di depan Masjid Cut Meutia.

“Cuma nampung yang luka ringan saja, yang luka berat dibawa ke rumah sakit,” kata Sugiarto, salah seorang penjaga yang beratribut PDL Gerindra.

Pantauan reporter Tirto, beberapa ambulans tampak masuk ke area rumah. Beberapa orang tampak datang buat mencari anggota keluarga atau kolega mereka yang hilang saat kericuhan.

Rabu malam (22/5/2019), sekitar pukul 23.00, Prabowo beserta Titiek Soeharto, Dahnil Anzar Simanjuntak, Ferry Juliantono dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sugiono dikabarkan mendatangi lokasi ini.

Rabu dini hari (22/5/2019) sekitar pukul 2.30, massa di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, masih berupaya menyerang aparat kepolisian dengan lemparan batu, bom molotov, dan petasan. Tambahan suplai bom molotov terus dipersiapkan oleh massa di ujung Jalan Wahid Hasyim.

Salah satu dari massa sempat terdengar menghubungi rekannya lewat sambungan telepon untuk meminta tambahan suplai molotov.

“Bang, tolong bawain molotov-molotov lagi ke sini,” kata salah satu remaja berusia sekitar 17-an tahun saat menelepon rekannya.

Baca juga artikel terkait AKSI 22 MEI atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan (tirto.id – Politik) Reporter: Haris Prabowo, Dieqy Hasbi Widhana, Arbi Sumandoyo & Andrian Pratama Taher Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan Editor: Gilang Ramadhan

Sumber: https://tirto.id/sejumlah-massa-aksi-berlindung-di-rumah-aspirasi-prabowo-sandi-dWW9

#DuitTurunDemoRusuh by : @BUKANdigembok

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

01. Polanya Udah Kebaca Dari Awal Plis deh Pendukung Prabowo Coba belajar Demo sama anak2 98 Gimana demo yang asoy #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/mngfYRUO5L

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

02. Kalo tadi jam 10an situasi masih ok. Mayoritas yang demo adalah Pendukung @prabowo dari Bang Japar Lihat aja model2nya dengan logat betawi plus rambut gondrong berpeci pic.twitter.com/qmPhVnM8sz
  Expand pic

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

03. Kenapa mendadak demo curut pendukung @prabowo ricuh? Duit turun diinjuri time dari bohir makassar. Udah kebaca polanya. Mereka bikin rusuh buat eskalasi masa entar pagi. Aparat pasti bubarin demo malem. Itu sesuai dengan UU #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

04. Kalo sekarang mereka rusuh EMANG SENGAJA. MENANTANG APARAT AGAR BERTINDAK GALAK. Kalo udah bentrok dipastikan korban dari curut2 Bang Japar. Mereka langsung klaim teraniaya. KEBACA NYET!!! #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

05. Curut Bang Japar emang niat TUMBALIN DIRI SENDIRI. Biar entar siang jam 14.00 ekskalasi simpati semakin tinggi Coba cari simpati teraniaya. Mereka melipir ke dekat tanabang. Biar framing Tanabang Dibakar. udah rame di WAG PADAHAL CUMA BAKAR BAN! #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

06. Entar siang, massa bertambah, tapi jumlahnya gak bakalan fantastik kaya 411. Massa dari curut2 FPI, HTI dan Bang Japar. Sekarang Bang Japar yg maju, entar siang pasti FPI yg maju. Duit cair pembagian job desk udah jalan nih. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

07. Curut FPI mulai DRAMA. Bikin video model gini. BIASA KALO GAK HOAX MEREKA KORENGAN. HOAX MASJID DITEMBAKIN EH SETAN… CUMA SUARA LO DOANG SETAN…. Ini udah kesebar di WAG Naikin emosi curut pic.twitter.com/IaoXdaw7Mp

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

08. Udah mulai bego curut FPI bikin hoax-nya Masa selongsong peluru di elo nyet Itu dibelakang polisi… Masa bisa didepan lo nyet??? Kalo beneran peluru… Proyektilnya nyangkut dijidat lo #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/nhuCz412Hc
  Expand pic

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

09. Besok2 curut FPi ayyy ajarin tentang anatomi peluru dah. Peluru UTUH SETANNNNNN Kalo elo mau kebal… yg elo ambl videonya Proyektilnya aja NJING. Itu peluru baru. #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/Dw8EnSjpgs

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

11. Rusuh malem ini yang bertanggung jawab adakah 73 Purnawirawan sedeng. Yang BERTANGGUNG JAWAB NIH ORANGNYA Ketua Front Kedaulatan Bangsa Jenderal TNI (purn) Tyasno Sudarto #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/OcHZ6BbSJ0
  Expand pic

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

11. Drama plus HOAX UDAH MULAI DIAMPLIPIKASI CURUT HOAX MODEL GINI KELUAR LAGI. JANGAN LO DELETE YAH TWITNYA. Kalo beneran MAMPUS… MANA FOTO BANGKENYA? #DuitTurunDemoRusuh twitter.com/CintaNKRI12/st…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

12. Bangsat FPI KALO GAK BIKIN HOAX… BADAN LO BUDUKAN YAH? Jangan elo delete yah twit ini Goblok… Masa tuh bangke udah dimandiin. Kalo ditembak otopsi HOAX TERTOLOL HARI INI. #DuitTurunDemoRusuh twitter.com/Ormas_FPI/stat…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

13. Ini perempuan iblis Meciyen Suryani Sabrie Tinggal di Padang udah kaya di Petamburan Udah sebar hoax gini. cc: @CCICPolri #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/dqcVptNDbU
  Expand pic
  Expand pic

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

14. Gini yah. Kalo beneran ada korban ke tembak Cek ada di RS Mana? Udah divisum? Udah ada rekam medis dari dokter? Tragedi Trisakti & Semanggi aja ada bukti visumnya. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

15. Udah ayyy bilangin 3 hari yang lalu. Pola mau rusuhnya udah kebaca Emang BANGSAT AMIEN RAIS NIH BAPAK LO @hanumrais LAMA2 MUKANYA GUE PEPERIN DAKI SELANGKANGAN YAH… #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/ItMR5DRUFM

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

16. Katanya ketembak? Coba dicek ada bercak darahnya? Kalo mau hoax yg pinter dikit nyet. Beli betadine dulu. Katanya ketembak leher. Darahnya MANA???? #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/4lnfxOwN8U

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

17. Nih yg ayyy lingkarin ketua ops buat rusuh. Kalo mau ayyy lanjut buruan RT sebanyak2nya. #PrabowoKONTOL #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/Yyafy1BctD
  Expand pic

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

18. Barusan muter2 Jaksel dan Jakbar. Jadi yg rame cuma Petamburan, sama Thamrin depan Bawaslu. Benhil rame sama tajil. Jakarta Baik2 Saja. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

19. Yup pimpinan demo rusuh 22 Mei adalah Tedjo Edhy sebagai Komandan Operasi. Sementara Korlapnya adalah Jumur Hidayat Kedua orang ini yg PALING BERTANGGUNG JAWAB atas DEMO RUSUH HARI INI. #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/mSXrDF93Lf
  Expand pic
  Expand pic

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

20. Tedjo Edhy, Mantan Kader Nasdem, DIPECAT Menkopolkam. Belom 3 bulan jadi menteri BACOT Tedjo Edhy udah kaya gini. #DuitTurunDemoRusuh news.detik.com/berita/2812816…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

21. Cuma 10 bulan jadi Menkopulkam. Lebih banyak bacot yg merugikan Jokowi. Kerjanya BACOOOT merdeka.com/politik/curhat… #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

22. Elo googling deh kualitas Tedjo Edhy jadi Menteri, MENTERI PALING ANEH DAN GAK PUNYA KUALITAS WAJAR KALO DIPECAT SAMA PRESIDEN. Paska dipecat. Langsung melipir ke @prabowo #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

23. Laksamana PEA langsung gabung sama @prabowo Bikin mainan baru spesialis operasi black buat hajar Jokowi Namanya Front Kedaulatan Bangsa tribunnews.com/nasional/2018/…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

24. Berdasarkan info Bobby The Cat Kemaren malem 21 Mei 2019. Jam 18.35 ada 2 kardus (kardus indomie) duit pecahan 1000 dollar singapura Gak lama 2 orang membawa duit tersebut. 1 Orang ke Sunda Kelapa (mentang/pelabuhan gak jelas) feeling ayyy sih sunda kelapa menteng.

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

25. Duit pecahan 1000 dollar singapura sebagian langsung dibawa sama korlap demo malem itu. Makanya jam 10 malem demo langsung rusuh. Nah sisanya diurus sama Jumhur Hidayat makelar politik yg dipecat zaman SBY #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

26. Demo malem ini yg pegang kendali adalah Jumhur Hidayat & Neno Warsiman. Makanya gak usah kaget kalo mereka nginep di Hotel Bintang 5. Udah 3 malem mereka nginep #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/b1wiQRieRy

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

27. Update dulu yak. Ini massa mulai masuk sarinah. Semoga sarinah dijaga sama TNI Dan TNI usir tukang rusuh Semoga yg disampein Bobby The Cat tentang penjarahan di Sarinah TIDAK TERJADI. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

29. Update dari Kertanegara. Dear anak2 TV yg tadi bertugas pas @prabowo prescon tolong dishare Video sebelum precon dimulai kala Prabowo Ketawa2 sama Tedjo dan Amien Rais. Pas udah camera on.. Mukanya pura2 sedih. -Bobby The Cat #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

30. Udah adem nih. SEKALI LAGI AYYY BILANG. DI JAKARTA YANG RAME CUMA DEPAN BAWASLU SEKARANG PINDAH KE SABANG… SAMA PETAMBURAN SEKARANG PINDAH KE SLIPI. SISANYA JAKARTA AMAN DAN BAIK2 SAJA. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

31. Yang RAME CUMA DI WAG KAMPRET. Dari Hoax Penculikan Habib/Ustad sampe Hoax masjid diserbu polisi. Karena kampret kalo gak sebar hoax sehari bisa budug-an badannya #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

32. Dari kemaren ayyy udah bilang sampe berbusa. Kalo sampe ada korban tertembak peluru tajam Ada ceceran darah dan visium dokter. Sampe sini paham yah… #DuitTurunDemoRusuh nasional.tempo.co/read/1208223/r…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

33. Sebelum ayyy lanjutin bahas korlap #DuitTurunDemoRusuh Jumhur Hidayat Sebaiknya ayyy iklan dulu pic.twitter.com/Yhz2ZWaS8q

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

34. 23 Mei 21 Tahun Yang Lalu 2 ORANG YANG SAMA SAMA-SAMA MAU JADI PRESIDEN DAN KEDUANYA GAGAL SEKARANG KEDUA ORANG TERSEBUT MAU MERUSAK NKRI #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/dpB298DWsk

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

36. #DuitTurunDemoRusuh bahas Jumhur Hidayat ayyy skip dulu yah. Menjelang baru ayyy lanjutin.

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

37. Sebelum lanjut iris siapa Jumhur Hidayat. Banyak yang tanya ayyy masalah demo lagi. Apa berita di WAG ini bener. Iya deh ayyy jawab masih diseria twit #DuitTurunDemoRusuh Mana suaranya?? Ayyy lanjut kalo kedengeran suaranya… pic.twitter.com/QWQY12MwXO

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

38. Pertanyaan di WAG tersebut Apa bener besok @prabowo sholat jumat? Apa bener besok @prabowo ngumpul2 di Al Azhar? Apa bener besok banyak massa yg dateng? Apa bener besok banyak pensiunan jend dateng? #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

39. Ayyy jawab yah. Apa bener besok @prabowo sholat jumat? Ini tergantung hestek #PrabowoJumatanDimana @prabowo agama gak jelas? Sholat seminggu sekali aja jarang Ini data ayyy kedatang sholat jumat @Prabowo selama kampanye. #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/N4TJQO4sgx

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

40. Apa bener besok @prabowo ngumpul2 di Al Azhar? Yang jelas @prabowo kalo mau gugat sengketa pilpres harus dateng ke MK. Ini kelihatannya masih ragu2. RAGU-RAGU ICUK… #DuitTurunDemoRusuh nasional.tempo.co/read/1208650/t…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

41. Kalo berdasarkan Jadwal Sidang Pilpres di MK. @prabowo diberi kesempatan mendaftarkan gugatan tanggal 21-24 Mei 2019. JADI TERAKHIR BESOK YAH. KALO GAK DAFTAR GUGATAN BERARTI JOKOWI UDAH SAH MENANG. #DuitTurunDemoRusuh news.detik.com/berita/d-45622…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

42. Jadi kalo besok @prabowo keluar kandang bareng para cecunguknya. Udah pasti mereka akan ke MK. Buat Daftar Gugatan Pilpres ke MK. Kalo cuma mau kumpul2 doang. EMANG DUITNYA MASIH ADA? Sampe detik ini ada yang tahu dimana Hasjim? Sebagai mesin ATM Prabowo? #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

43. Kita anggep @Prabowo gugat ke MK. Jadi Al Azhar dijadikan tempat titik kumpul menuju ke Gedung MK. di Jl. Medan Merdeka Barat. Yang analisa ayyy jumlahnya sebanyak kaya rombongan odong2 ke taman mini. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

44. Kalo mau daftar ke MK pasti bawa massa gak banyak. Sayang2 logistik… Duit udah seret nih. Jadi bawa massa banyak kemungkinan tanggal 28 Juni 2019. Pas MK membacakan putusan sengketa Pilpres. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

45. Massa yang dateng pas 28 Juni 2019 juga gak akan banyak. Inget Pas Sidang Gugatan MK 2014. Maksimal massa yang dateng yah segitu. #DuitTurunDemoRusuh bbc.com/indonesia/beri…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

46. Atau mentok2 @prabowo bawa dukun di sidang gugatan MK kaya tahun 2014. Yah gimana gak mau bawa dukun. Bukti Form C1 buat gugat kecurangan gak gablek. Cuma modal B A C O T doang yah di Tolak lah. #DuitTurunDemoRusuh tribunnews.com/pemilu-2014/20…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

47. Sekalian ayyy mau colek admin tolol @gerindra yang bilang bukti kecurangan ada puluah truk. Nih nyet tahun 2014 B A C O T doang yg gede. Faktanya cuma segini nyet. #DuitTurunDemoRusuh nasional.kompas.com/read/2014/08/0….

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

48. Lanjut Apa bener besok banyak massa yg dateng? Sekarang buat hadirin massa butuh logistik gak sedikit. Duit dari Bohir Makassar udah habis DITILEP Jumhur Hidayat. Mau gak mau harus cari bohir lagi. BUTUH WAKTU. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

49. Makanya hari ini @prabowo BATAL ke MK. GARA2 LOGISTIK HABIS. MINIMAL MASSA YG DATENG KE MK SEBANYAK KAYA DIA DAFTAR CAPRES KE KPU Kalo tim ondel dikit. Malu!!! #DuitTurunDemoRusuh cnnindonesia.com/nasional/20190…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

51. Kanjut yak. Nah jadi kumpulan massa buat besok TIDAK TERLALU BANYAK. DUIT LAGI SUSAH… Yang jelas besok kalo @prabowo daftar gugatan ke MK Akan diiringi lagu SLANK… yang liriknya gini.. UNTUK YANG KEDUA KALI… AKU GAGAL JADI PRESIDEN. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

52. Jadi kesimpulannya buat aksi massa besok. CUMA SEDIKIT YANG HADIR… SAMA KAYA IRINGAN ODONG-ODONG MAU KE TAMAN MINI. Jadi undangan mereka cuma mau tarik simpati kampret aja yg kemarin belom sempet ikut rusuh. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

53. Apa bener besok banyak massa yg dateng? Apa bener besok banyak pensiunan jend dateng? Nah kemungkinan aksi massa & pensiunan jend. Kalo ada logisik dari Tommy Soeharto cair, mereka akan aksi di 28 Juni 2019 Pas MK membacakan putusan sengketa Pilpres. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

54. Kalo ayyy jadi @prabowo mendingan tidur aja di rumah. Cari barang bukti kecurangan selisih 16,9 Juta Suara ADALAH HAL MUSTAHIL. BUTUH DATA 70 RIBU DATA TPS YANG BERBUAT CURANG. #DuitTurunDemoRusuh nasional.kompas.com/read/2019/05/2…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

55, Kalo logitik dari Tommy Soeharto TURUN DAN BANYAK Ada kemungkinan aksi massa berulang kali. a. 14 Juni 2019: MK menggelar sidang perdana b. 17 Juni 2019: MK melakukan sidang dengan agenda pemeriksaan pembuktian. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

56. (sambungan) c. 24 Juni 2019: Sidang terakhir. d. 25 Juni-27 Juni 2019: MK menggelar Rapat Permusyawaratan Hakim. e. 28 Juni 2019: MK membacakan putusan sengketa Pilpres. MAKSIMAL 7 KALI DEMO LAGI ITU JUGA KALO DUITNYA ADA. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

57. Kesimpulannya: Besok Jumat, 24 Mei 2019 TIDAK ADA AKSI MASA SEBESAR KEMAREN. Kalo ada cuma iringan odong-odong buat temenin @prabowo daftar Gugatan ke MK. SAMPE DISINI PAHAM? KALO PAHAM AYYY LANJUT LAGI #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

58. Sekarang ayyy coba bahas. A. KENAPA PRABOWO FEAT CENDANA NGOTOT NGEBODOHIN RAKYAT DENGAN AKSI RUSUH? B. KENAPA CUMA AMIEN RAIS DAN KELUARGA NGOTOT BIKIN HOAX DEMI KERUSUHAN DI NKRI. Mau tahui detailnya? Yuk RT 2020 TWIT INI. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

59. Kanjutin yang ini aja deh. Bangun tidur lihat TL bos ngamuk2 Siarya ngeladenin kampret. ENAPA PRABOWO FEAT CENDANA NGOTOT NGEBODOHIN RAKYAT DENGAN AKSI RUSUH? #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

60. Karena Prabowo & Klan Cendana masih erat hubungannya. Walaupun sempat renggang. Tapi kembali baik semenjak Soeharto Wafat. Ini berita tahun 2014. Secara Hukum mereka belum pernah bercerai #DuitTurunDemoRusuh beritasatu.com/nasional/19468…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

61. Mohon maaf ayyy gak sholat Jumat, Kesiangan bangunnya. Masjid disini jauh banget… Gak apa2 dah ayyy dikatain kaya @prabowo #ElJumatanDimana #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

62. Nah 2014 sebenernya Cendana feat @prabowo udah mau bergerak cepat come back lagi kuasain Indonesia. Dilihat kondisi rakyat masih inget era Orba. Cendana gak jor2an mungkin Jokowi masih bisa cingcai dengan cendana. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

62. Paska kekalahan @prabowo 2014. Cendana makin intens mau come back menguasai Indonesia. Tommy Mantan Putra Mahkota rajin sowan ke basis Islam Garis Keras. Model FPI. Bahkan Teuku Zul pun diangkat sbg Ustad Keluarga. #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/TofdgaUaFE

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

63. Ternyata prediksi Cendana tentang Jokowi salah. Jokowi TIDAK BISA DIAJAK CINGCAI. Baru Setahun Menjabat. Jokowi langsung hajar habis kasus Korupsi Yayasan Soeharto. #DuitTurunDemoRusuh merdeka.com/peristiwa/kelu…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

64. Keluarga Soeharto diminta membayar Rp 4,4 triliun pada negara. Ini beneran Jokowi GEDE BANGET NYALINYA. Cendana BUKANNYA GAK PUNYA DUIT. MEREKA TAKUT MISKIN. Dari sini Cendana Mulai DENDAM sama Jokowi #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

65. Dengan modal duit gak berseri. Cendana mulai mengadakan perlawanan terhadap Jokowi. #DuitTurunDemoRusuh tirto.id/di-luar-paradi…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

66. Perlawanan Pertama Cendana ke Jokowi adalah SEBAGAI DONATUR AKSI 411 & 212. Kombinasi Habib Rizek + Firza Hussein + Tommy Soehato. #DuitTurunDemoRusuh suara.com/news/2017/03/3…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

67. Tommy Soeharto dengan duit gak berseri. Mulai masuk ke Kalangan FPI. Bahkan bela-belain modalin ulang tahun FPI kala Habib Riziek udah Kabur Ke Arab. BIAYA HIDUP HRS SELAMA DI ARAB SAMPE SEKARANG ADALAH TANGGUNGAN TOMMY #DuitTurunDemoRusuh merdeka.com/peristiwa/paka…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

68. FYI aja nih buat anak2 milenial yang mau tahu sepak terjang Pangeran Cendana bisa baca ini. #DuitTurunDemoRusuh pic.twitter.com/vakqk3njIU

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

69. Semakin dihajar Cendana. Jokowi makin ngelawan. Gak pake lama… Jokowi langsung incer harta2 cendana di luar negeri. #DuitTurunDemoRusuh nasional.tempo.co/read/1172586/4…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

70. MLA Indonesia – Swiss yang dibuat Jokowi. Bakalan rampas harta hasil korupsi cendana. Dengan kata lain, cendana siap dibuat miskin sama pemerintah. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

71. Paska MLA Indonesia – Swiss dirilis Jokowi. Cendana udah ancang2 nih. Satu2nya jalan adalah MENJEGAL JOKOWI JANGAN SAMPE JADI PRESIDEN LAGI. Bagi cendana ini pertarungan sampai TITIK DARAH PENGHABISAN. Jokowi 2 Periode… SIAP2 AJA CENDANA MISKIN. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

75. Ayyy mo kanjutin ini yak #DuitTurunDemoRusuh Ayyy udah bahas kenapa cendana ada dibelakang aksi kegaduhan politik semenjak Jokowi menjabat Presiden. Sekarang gimana Amien Rais dan Keluarga Pasang Badan buat @prabowo ?

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

76. Dulu ayyy pernah bahas Keluarga Amien Rais yang bikin Amien Rais Family Town House di Selatan Jakarta. Yg sampe sekarang masih tersendat dikarenakan kurang biaya. #DuitTurunDemoRusuh oneindonesiasatu.com/2017/12/04/aku…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

78. Jadi Amien Rais yang sekarang menghamba ke @prabowo hanya faktor DUIT. Berapa duit yang dikeluarkan Hasjim ke Amien Rais? Berapa Uang yang diterima Amien Rais? Info dari Bobby The Cat nih Coba 999 RT baru ayyy kanjut #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

79. Semenjak @prabowo resmi mendaftar ke KPU sebagai Capres. Argo untuk dukungan Amien Rais sudah mulai berjalan. Masih inget “KARDUS 500 MILYAR” Yang awalnya 250 Milyar disetor ke PAN. Tapi dititipkan ke Amien Rais. #DuitTurunDemoRusuh merdeka.com/politik/soal-m…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

80. 200 Milyar dari 250 Milyar uang kardus MAMPIR DI SLEMAN. DP 200 Milyar buat KELUARGA BESAR AMIEN RAIS UNTUK MENGONGONG. Menurut perintah majikan tuan besar @prabowo. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

81. Dan hampir setiap bulan Hasjim mengirimkan “Uang Bulanan” untuk Keluarga Besar Amien Rais di Sleman. Jumlahnya bervariatif dari puluhan milyar sampai ratusan Milyar CASH KERAS. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

82. Total buat Keluarga Besar Amien Rasi sampai detik ini, nyaris menyentuh SATU TRIYUN. Makanya keluaga besar Amien Rais. Selalu setia mengongong demi majikannya, TUAN @PRabowo. Semoga @KPK_RI dan @PPATK segere MENGECEK ALIRAN UANG INI. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

83. Bapak2 yang ada di @KPK_RI dan @PPATK coba cek Laporan keuangan Yayasan BudiMulia 2 Sleman. Trus rekening Adik Ipar Amien Rais. Bau busuk Keluarga Amien Rais bisa dimulai dari sini. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

84. Cara jebloskan Amien Rais KEPENJARA HARUSNYA DENGAN KASUS INI. Jangan pakai dengan kasus MAKAR. Amien Rais udah tua, kalo dipenjara kasus makar namanya akan harum. Kalo masuk penjara karena money laundry. Selamanya namaya BUSUK. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

85. Nah sekarang ayyy bahas Korlap Demo Rusuh 21-22 Mei 2019. Yaitu Jumhur Hidayat. #DuitTurunDemoRusuh nasional.tempo.co/read/1208504/p…

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

86. Eh bentar sebelum lanjut. Coba cek deh follower2 ayyy yg di Sleman. Sering lihat Mobil Ambulan Gerindra yg sering mangkal di Yayasan BudiMulia gak? Lucu yah Kader PAN tapi Mobil Ambulan-nya Gerindra. Kendaraan Itu awal bulan isinya DUIT CASH. #DuitTurunDemoRusuh

el diablo – 魔鬼 – השטן @BUKANdigembok

88. Beresin #DuitTurunDemoRusuh dulu yah. Setelah beres baru ayyy kanjutin #TigaIsteriAndreRosiade Gak apa2 kan? Yang mau lanjut mana suaranya???

Sumber: https://chirpstory.com/li/431008?page=2

A1: Benang Merah Brunei, Rusuh 22 Mei, Wiranto Hingga Pidato Presiden Jokowi

 Alifurrahman . a month ago . 4 min read .  194.7k

A1: Benang Merah Brunei, Rusuh 22 Mei, Wiranto Hingga Pidato Presiden Jokowi

Kepergian Wowo ke Brunei bersama rombongan masih menyisakan banyak tanda tanya. Kepergiannya disembunyikan semua pihak. Kompak berdalih foto lama, padahal jelas-jelas itu foto baru.

Saya mengira mereka akan kabur dari jeratan hukum dan rencana kerusuhan. Tapi ternyata bukan, kepergian Wowo dan 12 orang ke Brunei ada hubunganya dengan aksi rusuh 22 Mei.

Menurut informan Seword yang disebut menerima informasi intelijen, ada dua alasan mengapa mereka ke Brunei sembunyi-sembunyi. Pertama, Wowo ingin mengadakan rapat rahasia dan tertutup. Namun dia sadar rumahnya sudah disadap dan tidak aman. Satu-satunya cara adalah rapat di pesawat. Karena hanya dengan cara itu, mereka aman dari sadapan. Bahkan kalaupun pembicaraan mereka bocor ke publik karena ada yang berhianat dari 12 orang itu, tetap saja tidak bisa diproses hukum karena pembicaraan terjadi di wilayah internasional, udara.

Kedua, mereka ke Brunei untuk mengambil uang cash milik Tomi sang pembunuh. Dana ini nantinya akan digunakan untuk mobilisasi massa, membiayai segala logistik yang dibutuhkan di lapangan.

Dalam rapat tertutup tersebut, merkea ingin menciptakan kerusuhan pada 22 Mei. Karena hanya dengan cara itulah mereka dapat menggagalkan Jokowi menjadi Presiden lagi.

Mereka tidak mungkin menang di MK. Jaraknya mencapai 16.9 juta suara. Artinya, tanpa ada kerusuhan, Jokowi tidak bisa dihalang-halangi lagi untuk menjadi Presiden sampai 2024.

Untuk menciptakan kerusuhan, ada 3 strategi yang dibahas. Pertama: mengulangi hoax makanan beracun seperti kejadian di depan Bawaslu. Kedua, membuat drama ditangkap atau dikriminalisasi. Dan ketiga, memainkan narasi ada bom dan penembakan.

Strategi pertama dicoret karena efek atau dampaknya tidak begitu terasa. Bahkan meski Titik datang menjenguk korban makanan beracun, publik tak antusias membicarakan.

Strategi kedua, drama penangkapan dan dikriminalisasi juga gagal terlaksana. Karena surat penyidikan terhadap Wowo atas kasus makar ditarik kembali oleh Polisi. Tito sadar mereka sedang menyiapkan sesuatu, sehingga penangkapan terhadap Wowo ditunda.

Lalu strategi ketiga, hampir gagal. Soenarko yang punya misi menyelundupkan senjata ke Jakarta, ditangkap polisi. Namun meski begitu, beberapa senjata dan bom berhasil diselundupkan.

Kubu Wowo ingin menciptakan kerusuhan seperti tahun 1998. Terjadi penembakan dan kemudian Polisi yang disalahkan. Senjata-senjata yang disiapkan Soenarko ini merupakan senjata tanpa registrasi, eks GAM. Dan bukan sebuah kebetulan kalau Soenarko adalah mantan pangdam Iskandar Muda Aceh.

Dikatakan hampir gagal karena faktanya ada satu korban meninggal dunia karena tertembak. Menurut keterangan Dirut RS Budi Kemuliaan, luka tembus ke punggung mengenai paru-paru.

Maka wajar kalau sekarang Wowo, Zon, Amin dan antek-anteknya memanfaatkan cerita ini, seolah-olah terjadi penembakan oleh kepolisian. Memprovokasi massa.

Penembak yang disiapkan oleh kubu Wowo ini sudah ditangkap dan diamankan oleh Polisi. Inilah kenapa Wiranto mengatakan pemerintah sudah tahu siapa biang kerok dari kerusuhan 22 Mei ini.

Meski begitu, Polri dan TNI belum bisa memastikan apakah ada senjata lain yang berkeliaran di luar sana, yang dapat kembali digunakan untuk menembak massa. Pengejaran masih terus dilakukan.

Misi kubu Wowo selanjutnya adalah melakukan penjarahan di pusat-pusat perbelanjaan. Sasaran yang terdekat adalah Sarinah, KPU dan Bawaslu. Kemudian merembet ke pinggiran daerah Pulit dan Kelapa Gading.

Tapi rencana penjarahan itu macet dan belum sempurna kalau dilaksanakan karena isu penembakan tidak terlalu ramai dibicarakan. Masyarkat masih percaya dengan TNI dan Polri. Guna menghentikan propaganda kubu Wowo yang sudah menyiapkan video penembakan, yang rencananya akan dibuzz di seluruh jaringan sosial media, Pemerintah cepat merespon dengan mematikan semua fitur berbagi gambar dan video di FB, IG dan WA selama beberapa jam.

Sehingga rencana propaganda dan provokasi yang disiapkan gagal total. Dana yang sudah dibayarkan ke seluruh platform sosial media itupun tidak bisa ditarik lagi meski service down.

Skenario selanjutnya yang dibicarakan di dalam pesawat menuju Brunei adalah pembakaran rumah-rumah Duta Besar negara sahabat. Rumah di sepanjang jalan Diponegoro dan rumah Dubes Australia di dekat Taman Suropati. Ini dilakukan untuk mencari pemberitaan media asing agar Indonesia dikesankan Chaos dan mengarah ke darurat militer.

Sebagian skenario tidak terlaksana karena TNI Polri kompak bersinergi. Faktor lain yang membuat beberapa rencana gagal dilakukan adalah karena proposal kerusuhan yang dibuat Rizik dan ditandatangani/disetujui oleh Wowo, kepada Cendana tidak cair sepenuhnya. Saat mereka tiba di Brunei, dana yang cair hanya puluhan miliar rupiah.

Sehingga massa tidak banyak berkumpul, dan preman yang disiapkan untuk menjarah mall serta membakar rumah-rumah Dubes tidak mencapai kata sepakat dengan budget minim. Tapi meski begitu, Polri dan TNI tetap menyiagakan pasukannya sebanyak mungkin untuk antisipasi, karena segala sesuatunya bisa saja terjadi.

Satu lagi, alasan Tanah Abang menjadi tempat kerusuhan adlah karena Wowo punya anak buah preman di sana. Setidaknya ada 3 Mayjen dan satu Letkol yang terlibat langsung dalam eksekusi kerusuhan ini. nama-nama tersebut juga sudah ada di tangan Polisi, untuk segera dilakukan penangkapan sesuai hukum dan undang-undang yang berlaku. Persis seperti instruksi Presiden sore kemarin.

Terakhir, pesta demokrasi dan pemilu yang dilakukan untuk memilih Presiden itu melibatkan seluruh rakyat Indonesia. Tapi ada yang kebelet berkuasa, ingin merebutnya dengan cara-cara jahat, naif dan biadab dengan melakukan kerusuhan. Balas dendam, mengulang cerita lama 1998, menyempurnakan niat: nyesel juga dulu nggak kudeta. Begitulah kura-kura.

Avatar

Bukti logistik udah ketemu (duit, ambulans Gerindra yg bawa batu dan alat2 rusuh).

Mobil ambulans Gerindra yg ditangkap krn bawa batu & amplop uang utk membayar pelaku kerusuhan, nopol B 9686 PCF terdaftar atas nama PT. ARSARI PRATAMA.

Perusahaan itu milik Hashim, adik Prabowo. Komisaris PT. ARSARI PRATAMA adalah Aryo Djojohadikusumo, anggota DPR dr Gerindra.

Sudahlah, kerusuhan ini terbukti didalangi keparat2 Gerindra. Yang terkait:
– Prabowo
– Mayjen dan letkol2 abal2 pelaku makar anak buah Prabowo (Lihat kultwit El Diablo kalau mau tahu siapa aja orang2nya)
– Neno Warisman
– Fadli Zon
– Titiek Soeharto
– Amien Rais

Setelah rusuh ini selesai, setelah MK kasih keputusan, segera tangkap keparat2 ini dan jerat dengan tuduhan upaya makar. Hukum mati buat yang paling bertanggung jawab.

Avatar

Masuk akal banget kepergian mereka ke Brunei adalah rapat final untuk kerusuhan 22 Mei. Tapi bau busuknya tetap tercium intelijen sehingga setiap langkah serangan mereka bisa ditangkal oleh aparat, walaupun sempat jatuh korban. Seandainya aparat tidak sigap, kerusuhan masal
seperti Mei 98 bukan mustahil akan terulang. Terbukti sudah dalang kerusuhan Mei 98 dan Mei 2019 adalah orang yang sama. Seperti penjahat kambuhan jejak yang ditinggalkan biasanya memiliki pola yang sama.

Avatar

benar sekali dugaan saya sebelumnya, bahwa wowo cs ke brunei adalah dalam rangka jemput logistik dan kekhawatiran saya akan ada kerusuhan… modusnya sama dengan bapaknya (soemitro) dulu, jemput logistik di singapore untuk kudeta/makar (PRRI/Permesta), cuma untuk wowo, pendananya adalah oknum2 kegelapan masa lalu (orba)

Avatar

usai penetapan pemenang pilpres, semoga para biang kerok aktor-aktor perusuh (bukan pendemo) ditangkepin dan diproses di pengadilan.
selanjutnya rencana pemindahan ibukota pemerintahan ke Kalteng sebelum 2024 sdh terealisasi, sehingga dalam pilpres 2024 golongan codot pecandu demo akan sepi order karena utk berangkat ke ibukota baru berat diongkos.

    • Avatar
       

      Kemungkinan Kaltim sih yg bakal dipilih, airport2 di sana sudah taraf internasional.
      Tapi pemindahan ibukota perlu dilakukan segera emang. Biar susah demo d ibukota.

    • Avatar
       

      selain berat diongkos ,ada si mangkok merah disana ngeri deh klu berani berbuat macam2 bisa lepas kepala dikandung badan wkwkwk

      Ulasan menarik,namun sedikit luput
      pengamatan ,
      1.berlindung dibalik tugas ke jepun ,dg memberikan surat rekomendasi perawatan gratis jika ada yg terluka pd aksi 22 mei ,situasi jakarta sedang memanas ,sy kira ini hal yg patut di garis bawahi ,tuan rumah pergi rumah tdk dikunci ,sesuatu yg konyol dan sangat tdk masuk akal. Ada apa ? Apakah merdeka selatan menjadi posko mengamati gerak gerik merdeka utara ?
      2.Beberapa mg lalu SDN rajin keliling indonesia sendiri tanpa tim ,pasca pengumuman di ketatanegaraa dgn alasan support pendukung mereka di daerah daerah yg ada di kecamatan maupun kabupaten kota ,dari mulai sulsel sampai aceh .atau kah gerakan senyap sendiri mempersiapkan sesuatu ,? Dimana sesudah itu pernyataan pernyataan yg muncul semakin mengarah (spt pernyataan “berjuang sampai titik darah penghabisan”).
      Apakah ini semua saling berkaitan .
      Semoga opini ini hanya fiksi saja.😀

    Selalu memakai dalih rakyat padahal mereka tidak segan2 mengorbankan rakyat karena haus kekuasaan. Mereka2 ini tidak pantas disebut negarawan. Sy berharap wowo dan antek2 diadili karena jelas merekalah dalng kerusuhan. Sejak sebelum pilpres mereka telah membangun narasi2 dgn tujuan untuk menggiring opini publik. Dan tak lupa oknum TNI yg terlibat dalam kerusuhan tangkap dan pecat, mereka telah melenceng dari tugas pokok mereka dan melanggar sumpah jabatan (penghianat). Kita juga perlu bersyukur 2014 ada sosok Jokowi yg jadi penantang wowo kalau tidak mgkn wowo sudah jadi presiden RI saat ini.tak terbayang org macam dia memimpin Indonesia.

    98 ga akan terulang tanpa keterlibatan OKNUM PETINGGI MILITER dan pasukan yg bergerak, masa si wowo lupa?.

    taon 98 kan masa bayaran bikin demo anarkis ( tahan ini udah ada di 22 mei)
    trus penembakan demonstran (ini juga udah ada)
    nah justru yg kuncinya ini ga ada yaitu:, penggerak /komando kerusuhan yg berpindah2 dari satu tempat ke tempat lain dengan didukung oleh masa penjarah/pembuka rusuh dan losbak berisi batu dan molotov, dan komandan ini harus orang militer karena sudah terlatih bergerah sesuai prosedur dan komando dan sayangnya 22 mei ini murni sipil semua yg bergerak di lapangan jadinya gatot.
    apalagi 98 kita tau kan siapa pasukan yg stay di jakarta dan bergerak tanpa komando panglima tni sehingga rusuh cepat menyebar tanpa bisa dicegah polisi yg menghilang.

    • Avatar

      Jangan ada elite oposisi dan yg berafiliasi dgnya meninggalkan negeri ini,cekal mereka semua,proses sesuai hukum yang berlaku. Bubarkan gerindra, yang sudah tidak mempunyai etika berpolitik. Sita aset mereka, kubur mereka ke laut yang paling dalam!! Mereka perusak NKRI,pemecah belah,mereka komunis!!

      • Avatar
         

        Biarkan ajha mreka kabur biar negri ini bersih dr pecundang2 provokator itu.. cabut kewrga negaraan mreka…. mank sanggup bertahun2 ga pulang kl ga punya logistik besar…. jijiek ajha dah kebelet pengin pulang dia….

        • Avatar
           

          Yg sudah diluar negeri aja masih suka bikin rusuh disini,masih mau ditambah lagi personilnya? Komandan ISIS yg harusnya sudah hilang kewarganegaraannya aja masih bisa diterima, mau berharap mencabut kewarganegaraan perusuh 22 mei??..
          Tangkep aja jeblosin ke Nusa Kambangan,biar kita ga liat lagi tahanan makan nasi padang di RSPAD.

    Sumber: https://seword.com/politik/a1-benang-merah-brunei-rusuh-22-mei-wiranto-hingga-pidato-presiden-jokowi-frRc25K5d

    Perusuh 22 Mei Gunakan Strategi Perang dan Sudah Terlatih

     Alifurrahman . a month ago . 4 min read .  27.7k

    Perusuh 22 Mei Gunakan Strategi Perang dan Sudah Terlatih

    Aksi rusuh 22 Mei sudah tidak bisa dikategorikan demonstrasi. Aksi lempar batu dan molotov adalah aksi rusuh untuk memprovokasi Polri dan TNI. Segala teriakan yang dilontarkan oleh massa bukanlah teriakan aspirasi, hanya caci maki.

    Dalam dua hari ini, kita bisa melihat aksi pembakaran markas Polisi, pembakaran mobil-mobil yang terparkir di pinggir jalan, hingga pembakaran rumah makan adalah aksi terencana dan terorganisir. Sekali lagi, mereka bukan berdemo menyampaika aspirasi, mereka sedang menciptakan kerusuhan agar Indonesia chaos.

    Massa yang bertahan dari siang sampai malam, bahkan hingga dinihari, bukanlah massa normal pada umumnya. Mereka hanya makan malam, tidak sahur dan tidak shalat subuh. Aksi lempar-lemparan batu itu dilakukan hingga pagi, hingga matahari terbit sempurna.

    Kerusuhan yang dikemas dalam istilah people power ini nyatanya gagal berkembang. Aksi rusuh berhasil diminalisir, wilayah saling serang antara perusuh dan Polri berhasil disekat dan dibatasi.

    Kerusuhan yang diciptakan ini sejalan dengan pernyataan Prabowo pada media-media asing. Prabowo kali ini tak akan terima hasil keputusan KPU. Dan saat ditanya wartawan asing terkait gerakan people power, Prabowo meyakini betul bahwa akan ada massa yang turun ke jalan. Dibumbui pernyataan sangat provokatif.

    “Saya tidak akan mengatakan ini atau itu. Saya tidak akan menyuruh orang-orang ke jalan, tapi saya meyakini mereka akan melakukan itu. Karena, anda bisa lihat sejarah, rakyat Indonesia bukan kambing-kambing,” katanya.

    Prabowo sebagai Capres secara terbuka mengatakan tak akan menerima kekalahannya dengan menuduh pemilu curang. Di sisi lain Prabowo tidak meredam pendukungnya, malah memprovokasi dan membakar emosi dengan menyebut mereka bukan kambing.

    Rencana aksi kerusuhan dengan nama people power itu benar-benar direncakan secara matang. Kivlan Zen dicegat, Amien Rais dipanggil polisi, Eggi ditangkap, dan bahkan Prabowo sudah dijadikan tersangka oleh Polisi. Semua mereka diproses karena sudah secara terang-terangan mengajak masyarakat turun ke jalan menuntut Jokowi didiskualifikasi, juga menunut Prabowo dimenangkan.

    Maka kalau sekarang terjadi kerusuhan berlangsung cukup lama, massa bertahahan selama 2 hari, itu bukan karena massa dibayar mahal. Strategi menciptakan kerusuhan ini menggunakan taktik perang. Massa diturunkan bertahap, seperti halnya TNI dan Polri yang berjaga secara bergantian.

    Mereka tahu betul berapa jumlah TNI dan Polri yang disiagakan dan diturunkan. Maka mereka menyiapkan pasukan perusuh juga untuk menjaga suasana tetap rusuh dan media tetap meliputnya. Tujuannya jelas, menciptakan ketakutan, menyampaikan pesan provokasi ke seluruh wilayah di luar Jakarta, berharap ada yang terpancing dan ikut beraksi. Strategi ini disempurnakan dengan dukungan logistik di beberapa daerah untuk menciptakan kerusuhan dan pembakaran pos polisi. Harapannya daerah lain, terutama yang fanatik Prabowo juga ikut terpancing dan rusuh.

    Aksi massa perusuh di Jakarta itu bukan orang-orang biasa dan datang atas inisiatif sendiri. Mereka para perusuh itu berbeda dengan massa yang memang berniat datang untuk demo.

    Para perusuh itu sudah sangat terlatih. Mereka menyiapkan mobil-mobil ambulance untuk pengiriman logistik, batu-batu dan alat-alat pertahanan. Mereka juga menyiapkan lokasi strategis yang sekiranya Polisi tidak akan maju ke sana. Inilah kenapa mereka begitu lihai menemukan gang-gang sempit untuk bertahan, itu semua sudah sangat terencana. Bahkan kalau terjebak dan Polisi berhasil masuk, ada exit plan yang sudah disiapkan untuk kabur.

    Aksi massa yang ditemui oleh elite BPN seperti Neno hingga mantan istri Prabowo, hanyalah pengalihan isu. Itu semua hanyalah drama picisan untuk menutupi kerusuhan. Dipilihnya Titik dan Neno itu sesuai dengan narasi emak-emak, agar bisa diterima publik, seolah-olah yang datang berdemo adalah ibu-ibu yang tak mungkin melakukan kekerasan atau anarkis.

    Neno dan mantan istri Prabowo diturunkan untuk mendukung narasi, bahwa aksi massa 22 Mei ini adalah aksi menyalurkan aspirasi. Aksi yang dilakukan oleh orang-orang biasa, seolah penuh damai dan tanpa kerusuhan.

    Inilah kenapa kemarin Prabowo mengklaim, seolah aksi massa ini adalah aksi rakyat biasa dan penuh damai. Prabowo menutupi aksi rusuh yang terjadi. Menutupi penyerangan, pelemparan batu dan molotov kepada polisi. Malah Prabowo terus konsisten memprovokasi, satu narasi dengan Amien Rais dan elite lainnya, mengingatkan Polisi bahwa senjata dan gaji yang mereka terima adalah dari rakyat Indonesia.

    Artikel sebelumnya: https://seword.com/politik/a1-benang-merah-brunei-rusuh-22-mei-wiranto-hingga-pidato-presiden-jokowi-frRc25K5d

    Saya yakin beberapa pembaca Seword belum tahu akan hal ini. Semoga artikel dan informasi ini bisa kita pahami, agar tidak terprovokasi serta melengkapi rangkaian cerita dari apa yang sudah kita lihat di media mainstream. Begitulah kura-kura.

    Avatar

    Kebetulan saya tinggal di sekitar wahid hasyim dan melihat dengan mata kepala sendiri kejadian dari 21 Mei malam hinggi 23 Mei dini hari. Bagaimana luar biasanya para aparat yang terus2an dilempari tapi konsisten tidak melawan dan hanya melepaskan gas air mata, salute!. Namun saya sungguh berharap, tidak hanya para otak perusuh tapi juga massa bayaran ini bisa tertangkap dan diadili seberat2nya. Karna saya rasa kita tidak ingin memelihara bajingan2 bayaran ini yang rela membuat rusuh di negara sendiri. Hukuman yang cocok menurut saya adalah hukuman mati! Karna mereka pun dibiarkan hidup tidak akan mengguna bagi bagnsa dan negara dan hanya bom tidur untuk kedepannya.

  • Avatar

    Pola strategi yg mirip dgn perusuh 1998, tapi sekarang ngga berhasil krn aparat TNI/Polri sdh siap, dan mayoritas rakyat tdk berminat utk bergabung. Bisa disimpulkan, aktor intelektualnya Presiden Kertanegara. Lihat saja purnawirawan yg bergabung di Kertanegara, Soenarko sang pemasok senjata, dan Nugroho Djajusman mantan Kapolda Metro th 1998. Pak W sudah tahu pola rusuh ini dan tahu persis siapa sutradara dan tim pengarahnya. #TangkapPrabowo

    • Avatar
       

      Pelan2 borok mulai terkuak. Di periode selanjutnya Jokowi tdk ada beban, aparat punya standing yg lbh kuat utk bongkarin kasus ham 98 dgn mulai mengusut cecunguk2 ini, termasuk elitnya yaitu Prabowo & Amien.

    • Avatar
       

      saya udah prediksi kaga bakal bisa mengulang rusuh 98, karena TIDAK ADA OKNUM PETINGGI MILITER yg gerakkan rusuh. inget 98 itu ada kordinator pria2 berbadan tegap mengkordinasi dan mobil2 losbak sediain batu dan bom molotov. sedang 22 mei 2019 perusuh murni sipil, kaga bakal menang lah lawan militer

      • Avatar
         

        Yg goblok itu ya Prabowo, mau kudeta ga ada dukungan militer. Yg ada pun juga sudah angkatan jadul. Sedangkan Jokowi didukung jendral aktif dan yg purnawirawan pun juga masih ex panglima TNI yg fresh (4-5 tahun lalu)

    Avatar

    Tapi bersyukurnya aparat tidak terpancing. Mayoritas warga juga masih waras dan tidak ikut-ikutan. Jadi kalau kesimpulan awal saya pribadi, sepertinya strategi bikin rusuh ini bisa dibilang gagal ya. Tapi tentunya kita tetap harus waspada karena kita smeua sudah kenal betul tabiat dalangnya kerusuhan ini.

    Semoga kondisi bisa kembali stabil secepat mungkin dan segera kondusif. Satu lagi harapannya, agar aktor-aktor di balik kerusuhan ini dibongkar dan diciduk untuk bertanggung jawab.

    Tolong jangan lagi sebut ini people power. Ini jelas adalah thugs power atau kekuatan preman. Polisi yg mengingatkan sholat kok malah dilempari bom molotov. Tidak ada orang beragama yg melakukan hal itu. Cuma preman dan gerombolan perusak atas bisikan setan pecundang.

    Demo memang hanya Cover, tujuan mereka itu Riot, Taktik rusuh di lapangan jugan bukan abal2, Kivlan dan Soenarko ini bisa dilabeli RED ( Retired Extremely Dangerous )

    Memang jelas dan sejelas jelasnya…pihak 02 sudah mem-Framing semua kejadian saat ini…mulai sebelum pemilu…pasca pemilu..sampai setelah pemilu…semua bernada provokasi. Baru setelah kerusuhan terjadi 02 berusaha cuci tangan…😡

    Prabowo dalam pidatonya 22 Mei malam tadi penuh tipu daya muslihat yang menyesatkan dan menggiring opini publik seolah-olah aparat TNI dan Polri mengintimidasi demonstran dan berperan dalam korban yang tewas. Singkatnya, fitnah telah ia lakukan.

    Sumber: https://seword.com/politik/perusuh-22-mei-gunakan-strategi-perang-dan-sudah-terlatih-ml8NJNYss

    Aksi Rahasia di Kerusuhan 22 Mei – AIMAN

    Skema Rencana Pembunuhan 5 Tokoh Nasional

    Infografik: Skema pembunuhan 5 tokoh nasional. Foto: Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparanPol

    Dalang di balik rencana pembunuhan 5 tokoh nasional terungkap. Dalam sebuah konferensi pers yang digelar di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (11/6), Polri membeberkan nama Kivlan Zen yang diduga sebagai otak pembunuhan, serta politikus PPP Habil Marati sebagai penyandang dana.

    Sumber: https://kumparan.com/@kumparannews/skema-rencana-pembunuhan-5-tokoh-nasional-1rGIjfhnAK4

    Fakta Dalang 22 Mei, dari Donatur hingga Upaya Kivlan Zen

    Blokade polisi yang di lempari petasan oleh massa di sekitar Bawaslu. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

    Satu per satu temuan dalam kerusuhan 22 Mei diungkap ke publik. Teraktual, Polri membeberkan dalang rencana pembunuhan empat tokoh nasional yang disebut-sebut beberapa waktu lalu.

    Adalah Kivlan Zen, mantan Kepala Staf Kostrad ABRI yang diduga mengarsiteki rencana pembunuhan terhadap Menkopolhukam Wiranto, Menkokemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, dan Staf Khusus Presiden, Gorries Mere. Tak ketinggalan, Yunarto Wijaya, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Charta Politika Indonesia, juga diduga masuk dalam daftar Kivlan untuk dibunuh.

    Lalu, apa saja fakta-fakta yang diungkap Polri dalam konferensi pers di Kantor Kemenkopolhukam, Selasa (11/6) kemarin?

    Mayor Jenderal TNI Purn Kivlan Zen (tengah) berjalan meninggalkan Bareskrim Polri usai menjalani pemeriksaan di Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
    1. Pengakuan tersangka tentang instruksi Kivlan Zen membunuh 4 tokoh

    Polri sudah menangkap enam tersangka kasus kepemilikan senjata ilegal dan rencana pembunuhan dalam kerusuhan 22 Mei. Mereka adalah HK, AZ, IR, TJ, AD, AF.

    Saat konferensi pers kemarin, Polri menampilkan pengakuan HK, yaitu Hadi Kurniawan alias Iwan, dalam sebuah video. Iwan mengaku diinstruksikan oleh Kivlan untuk membunuh Wiranto dkk.

    “Saya diamankan polisi pada tanggal 21 Mei pukul 13.00, terkait ujaran kebencian, kepemilikan senpi (senjata api), dan ada kaitannya dengan senior saya, jenderal saya, yang saya hormati dan saya banggakan Pak Mayjen Kivlan Zen,” kata Iwan dalam video.

    Pria berdomisili Bogor itu berperan sebagai pemimpin untuk mencari senjata api sekaligus mencari eksekutor kerusuhan. Iwan ditangkap pada 21 Mei pukul 17.00 WIB di lobi Hotel di Megaria, Cikini, Jakarta Pusat.

    Video

    Versi Iwan, pada Maret 2019, ia bersama seseorang bernama Udin, dipanggil Kivlan untuk bertemu di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dalam pertemuan itu, Kivlan meminta Iwan untuk mencari senjata.

    “Saya diberi uang Rp 150 juta untuk pembelian alat, senjata, yaitu senjata laras pendek dua pucuk, laras panjang dua pucuk. Uang Rp 150 juta dalam bentuk dolar Singapura saya langsung tukar,” jelas Iwan.

    “Saya bawa memang (senjata) untuk aksi demo, tujuan saya adalah untuk apabila menemukan masa tandingan dan membahayakan anak buah saya, maka saya bertanggung jawab untuk mengamankan seluruh anak buah saya. Dan 21 (Mei) itu itu adalah demo di KPU masa belum ramai. Saya kembali ke pangkalan di Jalan Proklamasi nomor 36,” tutur dia.
    Sesuai perintah Pak Kivlan, target ditujukan kepada Wiranto, Pak Budi Gunawan, Pak Gories Mere, dan Bapak Luhut.

    Pengakuan juga datang dari tersangka berikutnya, TJ. Polri memutar video pengakuan TJ di hadapan wartawan.

    Dalam video itu, TJ mengaku mendapat perintah dari Kivlan melalui Iwan. “Saya dapat perintah dari Pak Kivlan Zen melalui Hadi Kurniawan. Satu, (bunuh) Pak Wiranto, dua, Pak Luhut, tiga, Pak Budi Gunawan, empat, Gories Mere,” kata TJ.

    Konferensi pers terkait aksi dan kerusuhan 21-22 Mei 2019. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

    “Saya diberikan Rp 55 juta dari Pak Kivlan melalui Kurniawan (Iwan) kemudian rencana penembakan menggunakan senjata laras panjang kaliber 22 senjata itu dari Hadi Kurniawan,” ucap TJ.

    Berbeda dengan Iwan, TJ merupakan pria berdomisili Cibinong yang berperan sebagai eksekutor karena menguasai senjata api rakitan laras panjang. TJ ditangkap pada Jumat, 24 Mei, pukul 8.00 WIB, di parkiran Indomaret Sentul, Bogor. TJ positif mengonsumsi narkoba.
    1. Kivlan Zen diduga juga menginstruksikan tersangka untuk membunuh Yunarto Wijaya

    Yunarto Wijaya, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Charta Politika Indonesia, diduga ikut dibidik Kivlan. Irfansyah atau IR, tersangka lainnya, diperintah Kivlan untuk melancarkan serangan tersebut.

    Pertemuan Irfansyah dan Kivlan kali pertama berlangsung pada April 2019, sehari setelah pemungutan suara pemilu. Irfansyah menuturkan, keduanya bertemu di Masjid Pondok Indah, Jakarta Selatan. Irfansyah tidak sendiri, ia ditemani rekannya, Armin dan Yusuf.

    Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya saat melaporkan sejumlah akun dan pembuatan chat palsu di Bareskrim Polri. Foto: Raga Imam/kumparan

    “Keesokan harinya mengajak Yusuf ketemu Kivlan sekira jam 15.00 WIB, pakai mobil Yusuf, bertiga, sampai di Pondok Indah. Kami parkir di lapangan parkir kami menunggu Armin datang mengendarai motor. Lalu kami duduk sambil minum kopi,” jelasnya.

    Tak lama, Kivlan datang bersama sopirnya, Iwan, kemudian mengajak Armin dan Irfansyah masuk ke dalam mobil Kivlan. “Pak Kivlan pegang HP (handphone) menunjukkan alamat dan foto Pak Yunarto, lembaga quick count, ‘nanti kamu foto dan videokan’. ‘Siap,” tutur Irfansyah menirukan perintah Kivlan.

    “Beliau berkata pada saya, ‘cek alamat ini’. ‘Siap’, saya bilang. Beliau berkata lagi: nanti saya kasih uang operasional Rp 5 juta, cukuplah untuk bensin, makan, uang kendaraan,” jelas Irfansyah.

    “Keesokannya, kami ke lokasi yang diarahkan Pak Kivlan (kantor Charta Politika) di Jalan Cisanggiri 3 nomor 11. Saya dan Yusuf menuju lokasi pukul 12.00 WIB, sampai di sana dengan (menggunakan) Hp Yusuf ke alamat Pak Yunarto,” jelas Irfansyah.

    “Setelah itu dari Hp Yusuf, videonya kirim ke Hp saya, saya kirim ke Hp Armin, setelah itu kami kembali pulang,” lanjutnya.

    1. Habil Marati, penyandang dana Kivlan Zen

    Politikus PPP, Habil Marati, ikut terseret dalam biang rusuh 22 Mei. Habil ditetapkan sebagai tersangka lantaran disinyalir menjadi donatur pembelian senjata ilegal yang akan digunakan Kivlan untuk membunuh keempat tokoh nasional tersebut.

    Wadirkrimum Polda Metro Jaya, AKBP Ade Hary, menjelaskan, Habil Marati merupakan tersangka kedelapan yang ditangkap pada 29 Mei 2019.

    Habil Marati. Foto: Twitter.com

    “Dia adalah seorang laki-laki yang tinggal di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Tersangka HM (Habil) ditangkap di rumahnya, Rabu, 29 Mei 2019. Tersangka HM berperan memberikan uang, yang diterima dari KZ (Kivlan), berasal dari HM maksudnya, untuk beli senjata api,” jelas Ade.

    “Tersangka HM ini juga beri uang Rp 60 juta kepada tersangka KZ. Untuk operasional dan beli senpi. Dari HM, kami sita Hp untuk komunikasi dan juga sebuah print out rekening bank milik tersangka HM,” lanjut Ade.

    Selengkapnya baca:

    Selanjutnya, Habil memberikan uang Rp 150 juta kepada Kivlan yang akan digunakan untuk membeli empat pucuk senjata api. Politikus PPP itu juga memberikan uang Rp 60 juta yang diduga digunakan untuk biaya operasional pembunuhan.

    Tak banyak disebutkan latar belakang politik Habil Marati. Dikutip dari berbagai sumber, Habil ikut mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dengan dapil Sulawesi Tenggara dalam Pileg 2019.

    Pada Tahun 2008, eks petinggi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) itu juga pernah diperiksa KPK sebagai saksi kasus dugaan aliran dana Bank Indonesia.

    1. Kubu Kivlan Zen membantah dan menuding sebaliknya

    Pengacara Kivlan Zen, Muhammad Yuntri, mempertanyakan keterangan para tersangka. Sebab, versi pihaknya, Kivlanlah yang justru diancam dibunuh.

    “Iwan justru datang ke Pak Kivlan, mengatakan bahwa Pak Kivlan mau dibunuh oleh empat orang itu,” kata Yuntri saat dihubungi wartawan.

    Yuntri menyebut bahwa Iwan diminta oleh Kivlan menjadi sopirnya. Iwan, kata Yuntri, juga diinstruksikan Kivlan untuk menggelar demonstrasi, namun bukan aksi 21-22 Mei, melainkan peringatan Supersemar.

    “Berbarengan itu kan ada peringatan supersemar, dia diberikan uang untuk demo sekitar 15 ribu dolar Singapura atau Rp 150 juta, enggak tahu melaksanakan atau tidak, tiba-tiba sekarang ini muncul dan ceritanya malah dibalik, yang dibikinnya pengakuan dari polisi, (yang menyebut) justru Pak Kivlan yang menyuruh untuk membunuh empat orang itu,” kata dia.

    Saat ini, Kivlan sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan dalam kasus dugaan makar. Sebelumnya, Kivlan dilaporkan oleh seorang warga bernama Jalaludin pada 7 Mei 2019 atas dugaan menyebarkan hoaks serta makar dengan nomor LP/B/0442/V/2019/BARESKRIM.
    1. Tak hanya Kivlan Zen, Polri juga beberkan keterlibatan Soenarko

    Selain Kivlan Zen, Polri juga membeberkan peran tersangka lain dalam kepemilikan senjata ilegal, yakni eks Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko. Keterangan itu didapat dari pengakuan Hariyansyah, eks sopir sekaligus pengawal Soenarko, dalam video yang diputar Polri.

    Hariyansyah mengaku sempat berkoordinasi dengan orang yang mengurusi pengiriman senjata api ilegal dari Aceh bernama Beni. Berdasarkan keterangan polisi, senjata itu merupakan sitaan dari anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

    Mayjen (Purn) Soenarko. Foto: Dok. kopassus.mil.id

    “Kenapa lama sekali, Enggak dikirim?’. ‘Ya sudah, Pak, saya cari ke luar’. Di tanggal 15 Mei melalui Bandara Sultan Iskandar Muda dikirim. Tanggal 14 (Mei), saya hubungi Beni minta dikirim lagi ke Bapak (Soenarko),” ungkap Hariyansyah dalam sebuah video yang diputar di Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (11/6).

    “Tanggal 15, Beni kasih ke saya, ‘Bang, senjata sudah dikirim. Jam 3 sore . ‘Oke, saya akan laporkan bapak kita akan jumpa di mana’. Saya ketemu jam 2 sama dia di Simpang Surabaya untuk bersama-sama ke airport,” sambungnya.
    Eks Danjen Kopassus, Mayjen (Purn) Soenarko melaporkan Pati Polri ke Irwasum, Senin (23/7). Foto: Ainul Qalbi/kumparan

    Dirtippidum Polri, Kombes Dedi Hartadi, menyebutkan, senjata bersertifikat palsu itu akhirnya dikirim ke Jakarta. Senjata itu dibawa oleh Hariyansyah dan satu tersangka lainnya berinsial SA.

    “Saat itu juga oleh BAIS keduanya diamankan dan interogasi serahkan ke POM TNI. Karena hasil pemeriksaan POM TNI para pelaku ada anggota, ada sipil, maka dikirimkan ke Kapolri dan Bareskrim untuk tindak lanjut penyidikan,” jelas Dedi.

    Dedi menegaskan, senjata api ilegal tersebut masih aktif dan berbahaya apabila disalahgunakan. “Pucuk senjata api tersebut laras panjang menyerupai M4, kabin dan dapat berfungsi baik dan pdt ditembakkan. bahwa ini senjata api aktif dan dapat membinasakan,” tutup dia.

    Sumber: https://kumparan.com/@kumparannews/fakta-dalang-22-mei-dari-donatur-hingga-upaya-kivlan-zen-1rG5OCpxqmE

    Pertanyaannya sekarang adalah kenapa Jokowi tidak bisa dikudeta?
    1. Saat Soeharto berkuasa, puluhan juta rakyat Indonesia setiap hari berdoa minta diberikan seorang pemimpin yang baik, jujur, tidak KKN dan merakyat. Jawaban Tuhan adalah Jokowi.
    2. Saat ini ada juta rakyat Indonesia setiap hari berdoa minta agar Jokowi sebagai seorang pemimpin yang baik, jujur, tidak KKN dan merakyat, dilindungi selalu. Jawaban Tuhan adalah semua rencana kudeta terhadap Jokowi selalu gagal. Ha…7x
    3. Rakyat Indonesia, ulama, umat Islam dan umat agama lainnya mendukung Jokowi memimpin sekali lagi sebagai Presiden.
    4. TNI dan polri kompak menjaga Presiden dan NKRI dari setiap gangguan yang timbul dari kelompok manapun, termasuk dari gerombolan si berat yang ideot. Ha…7x

    Kesimpulan

    Kasus Ahok sebenarnya hanya rekayasa politik dari para bajingan dan bangsat yang menghalalkan segala cara untuk mengalahkan Ahok dalam Pilgub 2017.

    Dimotori oleh Brisik dan FPI, demo 14 Oktober 2016 hanya diikuti oleh ribuan orang saja.

    Demo kedua, SBY berpartisipasi, lewat fatwa MUI yang dikeluarkan oleh Ma’ruf Amin, lewat dana dan lewat penghasutan massa. SBY ingin anaknya, Agus menang Pilgub 2017.

    Prabowo dan Jusuf Kalla juga berpartisipasi lewat dana. Prabowo dan Jusuf Kalla ingin Anies menang pilkada. Setelah Anies menang, baru Zulkifli Hasan, ketua umum PAN menceritakan kalau Jusuf Kalla yang merekomendasikan Anies menjadi cagub kepada Prabowo. Sebelumnya keterlibatan Jusuf Kalla mendukung Anies sudah terlihat dari dukungan isterinya dan Erwin Aksa, keponakannya kepada Anies.

    Provokator lapangan adalah Brisik, Novel Bamukmin, Fahri Hamzah, Fadli Zon, Ahmad Dhani, Eggi Sudjana, Tengku Zulkarnain, Kivlan Zen, Rhoma Irama, Ratna Sarumpaet, Rizal Ramli, Lieus Sungkharisma, dll.

    Sayangnya kudeta lewat kerusuhan 411 dan 212 terhadap Jokowi gagal total. Ha…7x

    Terima kasih karena sudah mengunjungi, membaca artikel, atau menonton video di sangat aneh.

    Jika anda menganggap blog ini bagus maka mohon bantuannya untuk menyebarkan informasi dan hiburan dari blog ini kepada keluarga dan teman-teman anda.

    Kami juga mengharapkan ide, saran, dan kritik anda terhadap sangat aneh, jangan ragu-ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. He…7x

    Sekali lagi, terima kasih.

    Admin sangat aneh.

    Artikel penulis lainnya:

    Hello World! Blog Sangat Aneh Sudah Beraksi

    Aneh Tapi Nyata: Puluhan Kucing Lucu Ini Akan Membuat Anda Tersenyum, Tertawa, Atau Marah!!

    Aneh Tapi Nyata: Puluhan Kucing Lucu Ini Akan Membuat Anda Tersenyum, Tertawa, Atau Marah!! Bagian kedua.

    Aneh Tapi Nyata: Puluhan Kucing Lucu Ini Akan Membuat Anda Tersenyum, Tertawa, Atau Marah!! Bagian ketiga.

    Sangat Aneh Tapi Nyata Dan Lucu: Isi Dari Artikel Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Ketawa Ngakak. Ha…7x

    Sangat Aneh: Mengenal Indigo Child

    Sangat Aneh Tapi Nyata: 37 Tanda Hari Kiamat Yang Harus Anda Tahu

    Berita Aneh Hari Ini: Aneh Tapi Nyata Terdamparnya Ikan-Ikan Ini Sangat Aneh Dan Penuh Dengan Misteri

    18 Kejadian Aneh Yang Ga Masuk Akal Karena Sangat Aneh Tapi Nyata

    Berita Aneh Hari Ini: Puluhan Makanan Aneh Ini Bikin Nafsu Makan Lu Hilang

    20 Alasan Orang Membuat Berita Hoax

    Prabowo Kalah Benarkah Indonesia Akan Punah?

    Kisah Hidup Jet Li

    Sangat Aneh: Pilpres 2014 Dan 2019 Serupa Tapi Tak Sama

    Sangat Aneh: Kenapa Mereka Ingin Mengkudeta Jokowi?

    Panduan Lengkap Dari Kost Jakarta Buat Para Pencari Kost di Jakarta.

    Sewa Rumah: Tip Dan Trik Terlengkap Dalam Mencari Kontrakan Rumah

    Cara Daftar Member NASA

    Alasan Milenial Memilih Speaker Aktif Dat

    Penulis:

    Richard Nata adalah seorang spesialis halaman pertama Google dan/atau Yahoo. Beberapa artikelnya juga menjadi nomor 1 di Google, Yahoo, dan Bing.

    Hubungi Richard di Life on earth as in heaven.

    Buku-buku dari Richard Nata yang terbit di Amazon:

    1. Want More Traffic? 514 Tips to Skyrocket Your Website Traffic and Income Faster.
    2. How to Create A Great Article for SEO in Three Hours.
    3. The Best Way To Stop Watching Porn Today.
    4. How to Skyrocket 7-8 Figure Income Annually from Blogging.
    5. How to Start a Business With China.
    6. Why Do Trump and Some Other US Presidents Endorse a New World Order?
    7. Knowing Jesus Better – the Real Jesus According to Thousands of Verses and Who is Jesus to you?
    8. How to Win a Soul to Jesus Christ.
    9. Top Secret of Healthy Life Revealed.
    10. Top Secret of Longevity Revealed.
    11. Top Secret of Healthy Life and Longevity Revealed.
    12. Make Your First $5,000 Faster: How to Find and Get Your Perfect Job.
    13. How to Make Your First $5,000 Faster Even If English Is Your Second Language (ESL).
    14.  From Love to Horror.
    15. 50 Amazing Ways to Make Your First $5,000 Faster.
    16. Power and Business Trillions of Dollars Make JFK Must Be Killed – 669 Data and Timeline Proving It.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *