Sangat Aneh

Sangataneh.com terdiri atas aneh tapi nyataberita aneh hari iniberita hoaxberita kontroversiberita unikberita viralgame onlinekejadian anehlucumisterirahasia Tuhan, sangat aneh, sentuhan hatiseram, dan wow keren.

Salah satu berita dari Sangataneh.com adalah sangat aneh.

Arti dari kata “sangat” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online adalah:

sangat/sa·ngat/ adv 1 terlebih-lebih (halnya, keadaannya, dan sebagainya); amat; terlalu: rumahnya — jauh dari sini; 2 payah (tentang penyakit); teruk: penyakitnya bertambah –; 3 sungguh-sungguh: Bapak diminta dengan — supaya datang di kantor hari ini;

sangat-sangat/sa·ngat-sa·ngat/ adv 1 terlampau amat: berita itu – memedihkan; 2 dengan sungguh-sungguh (benar-benar): meminta –;

bersangatan/ber·sa·ngat·an/ adv amat sangat;

menyangatkan/me·nya·ngat·kan/ v menjadikan sangat (hebat, keras, parah, dan sebagainya): kematian ayahnya yang disusul oleh kematian ibunya – kesedihannya;

tersangat/ter·sa·ngat/ v teramat sangat;

mempersangat/mem·per·sa·ngat/ v menjadikan lebih hebat (keras, parah, dan sebagainya); menyebabkan bertambah sangat; memperhebat: penghinaannya yang berulang kali – kebencianku kepadanya; obat itu – penyakitnya, bukan mengurangi;

mempersangatkan/mem·per·sa·ngat·kan/ v mempersangat;

kesangatan/ke·sa·ngat·an/ a melampaui batas (tentang tingkah laku); keterlaluan: kenakalannya – sehingga ia dibenci orang

Arti dari kata “aneh” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online adalah:

aneh /anéh/ a tidak seperti yang biasa kita lihat (dengar dan sebagainya); ajaib; ganjil: memang — kalau ada kambing berkepala dua;

aneh-aneh adv macam-macam;

beraneh-aneh/ber·a·neh-a·neh/ v berbuat yang aneh-aneh: kecenderungan ~ itu bukanlah tidak ada sebabnya;

menganehkan/meng·a·neh·kan/ v memandang atau menganggap aneh: orang ~ sikapnya;

keanehan/ke·a·neh·an/ n hal (keadaan, sifat, sesuatu) yang aneh: dalam pertualangan di tengah-tengah masyarakat suku terasing itu dijumpainya berbagai ~

Jadi sangat aneh dari sangataneh.com, maksudnya adalah tidak seperti yang biasa kita lihat karena terlalu ganjil atau terlalu unik.

Inilah contoh dari foto sangat aneh yang ada di blog sangataneh.com.

Askmf@askmenfess

[askMF] Ngakak tolong😅pic.twitter.com/bDJBEhwaPt

Charles Darwin, bapak dari teori evolusi kayanye juga ga tau, kalo pitik, anak ayam, merupakan hasil dari evolusi burung seperti yang dijelaskan oleh gambar di atas. Ha…7x

Sumber: https://chirpstory.com/li/421412

Lagi ngeprank, nakut-nakutin orang ceritanye.

Malem-malem liat yang kek gini bisa bikin jantungan. Ha…7x

15 Foto yang Sangat Aneh, Ngeliatnya Kamu Bakal Kesel, Apalagi Nomer 11

Sumber: http://style.tribunnews.com/2017/06/30/15-foto-yang-sangat-aneh-ngeliatnya-kamu-bakal-kesel-apalagi-nomer-11?page=3

Inilah contoh dari artikel sangat aneh yang ada di blog sangataneh.com.

Kisah Aneh Tapi Nyata, Saat Buah Mangga Dianggap Suci dan Dipuja

Liputan6.com, Beijing – Suatu hari pada tahun 1968, di tengah Revolusi Kebudayaan, 3.000 buruh dikerahkan ke Qinghua University di Beijing. Kaum pekerja tak membawa apapun, kecuali Buku Merah Mao Zedong —  The Little Red Book, yang berisi kutipan naskah-naskah pidato sang pemimpin.

Sesampainya di sana, para buruh menjadi target serangan balik. Mahasiswa menyerang mereka dengan tombak dan cairan kimia berbahaya. Akibatnya 5 orang tewas, lebih dari 70 lainnya luka-luka. Namun, pada akhirnya kemenangan ada pada pihak penyerang.

Sebagai ucapan terima kasih, Ketua Mao memberikan penghargaan pada para pekerja. Imbalan itu berupa 40 buang mangga — yang sebelumnya dihadiahkan Menteri Luar Negeri Pakistan untuk sang pemimpin Tiongkok.

Kala itu, di bagian utara China, belum banyak orang tahu soal mangga. Buah kekuningan — yang warnanya dianggap menyerupai emas — tersebut menerbitkan rasa kagum sekaligus penasaran.

“Jadi, para buruh terjaga semalaman memandanginya, menghirup aromanya, mengelusnya, bertanya-tanya apa gerangan buah ajaib itu,” kata sejarawan Freda Murck, seperti dikutip dari BBC, Jumat (12/2/2016).

Mereka merasa terhormat mendapat hadiah dari sang pemimpin yang dipuja. “Sebagian orang di Beijing mengatakan pada saya, mereka menganggap Mao akhirnya turun tangan untuk mengatasi kekerasan dan kekacauan. Mangga menjadi simbol berakhirnya Revolusi Kebudayaan,” tambah Murck.

Zhang Kui, salah satu pekerja yang menduduki Qinghua mengatakan, kedatangan mangga ke tempat kerjanya memicu debat sengit.

“Perwakilan militer datang ke pabrik kami, dua tangannya yang terangkat masing-masing membawa sebuah mangga. Kami mendiskusikan apa yang harus dilakukan terhadap buah itu, apakah memotongnya untuk dibagikan dan dimakan atau mengawetkannya,” kata dia.

Akhirnya, opsi kedua yang dipilih. Mangga tersebut dibawa ke sebuah rumah sakit untuk diawetkan dengan formalin. Dijadikan spesimen.

Kemudian, mereka membuat mangga tiruan dari lilin wax yang kemudian ditaruh dalam wadah kaca untuk dibagikan pada para pekerja.

Lantas, dikemanakan buah aslinya?

“Buah yang asli dibawa perwakilan pekerja dalam sebuah prosesi diiringi tabuhan drum. Orang-orang mengular di sepanjang jalan, dari pabrik menuju bandara,” kata Wang Xiaoping, pekerja Beijing No 1 Machine Tool Plant.

Para pekerja sampai-sampai mencarter pesawat untuk membawa mangga sebutir itu ke pabrik mereka lainnya di Shanghai.

2 dari 3 halaman

Mangga Busuk Direbus Jadi ‘Air Suci’

Air Suci

Saat salah satu dari mangga tersebut mulai membusuk, para pekerja mengupas kulitnya dan merebus buahnya dalam air sebanyak 1 tong.

Air itu dianggap ‘suci’. Masing-masing pekerja meminum sesendok. Adam Yuet Chau, dosen Cambridge University mengatakan, sejak awal, mangga tersebut punya status istimewa, dianggap relik suci bahkan dipuja.

“Bukan hanya karena mangga tersebut adalah pemberian dari Ketua Mao. Namun, benda itu dianggap representasi dari sang pemimpin.”

Bahkan ada puisi yang khusus dibuat soal mangga. Berikuit kutipannya:

“Melihat ‘mangga emas’ itu seakan memandang pemimpin besar Ketua Mao…Menyentuhnya lagi dan lagi, mangga emas itu terasa hangat.”

Mangga dianggap sebagai simbol kasih dan cinta Ketua Mao pada para buruh.

“Di sebuah pabrik tekstil di Beijing, para pekerja menggelar upacara besar … mangga tersebut diawetkan dengan lilin, tulis Li Zhisui, dokter pribadi Mao.

“Buah yang diawetkan tersebut ditempatkan di semacam altar. Para buruh berbaris dan membungkuk di depannya saat melewatinya.”

Tak ada yang mempermasalahkan bahwa Mao memberikan kembali hadiah yang diterimanya dari orang lain.

Ada tradisi Tiongkok yang disebut zhuansong atau ‘memberikan kembali’. Apa yang dianggap tak sopan oleh budaya Barat dianggap sebagai hal baik yang justru meningkatkan status pemberi dan penerimanya.

Tak lama kemudian, mangga menjadi bagian dari propaganda Partai Komunis — yang memproduksi barang-barang rumah tangga bertema buah tersebut seperti sprei dan baki enamel.

Sabun dan rokok aroma mangga juga lantas tersedia dan laris manis.

Gambar mangga juga menghiasi parade hari nasional di Beijing pada 1968. Sementara itu di Provinsi Guizhou, petani berebut fotokopian gambar mangga berwarna hitam-putih.

Namun, tak semua larut dalam histeria itu. Seorang seniman, Zhang Hongtu mengaku heran saat kisah soal mangga meramaikan media massa kala itu.

“Aku tak pernah punya mangga. Tapi aku tahu persis itu adalah buah. Seperti lainnya, lambat laun ia akan membusuk,” kata dia.

Seorang dokter gigi di sebuah desa menemui akhir tragis gara-gara sikap kritisnya. Ia dipermalukan bahkan dieksekusi karena membandingkan mangga yang diarak dalam parade dengan ubi jalar manis.

3 dari 3 halaman

‘Demam’ Mangga 18 Bulan

Hanya 18 Bulan

Demam mangga berlangsung selama 18 bulan. Replika buah yang dibanggakan itu kemudian digunakan sebagai lilin selama pemadaman listrik.

Pada 1974, ibu negara Filipina membawa mangga — buah nasional — sebagai oleh-oleh bagi tuan rumahnya, istri Mao, Jiang Qing yang terkenal dengan sebutan ‘Madame Mao’ di dunia Barat.

Jiang Qing kemudian mengirimkan buah itu pada para buruh — yang segera menggelar upacara dan mengucapkan terimakasih. Namun, Madame Mao tak bisa mengulangi momentum sang suami. Tak ada histeria kala itu.

Tak hanya itu. Saat Ketua Mao terbaring sakit, Jiang Qing membuat film ‘Song of the Mango’, untuk meningkatkan kredibilitasnya. Namun, dalam seminggu peluncurannya, perempuan itu ditahan dan film itu dihentikan.

Kisah soal mangga akhirnya tamat.

Kini, mangga biasa dijumpai di Beijing. Tak lagi istimewa. Kaum muda bahkan mulai melupakan bahwa buah itu pernah dianggap luar biasa.

Wang Xiaoping bisa membeli ‘mangga emas’ kapanpun. Untuk dibuat jus.

“Misteri mangga telah berakhir,” kata perempuan itu. “Buah itu tak lagi jadi relik suci seperti sebelumnya, hanya sekedar barang. Generasi muda tak tahu sejarahnya, namun bagi orang seperti kami yang mengalaminya, setiap kali memikirkan soal mangga, ada perasaan khusus dalam hati.”

Sumber: https://www.liputan6.com/global/read/2434292/kisah-aneh-tapi-nyata-saat-buah-mangga-dianggap-suci-dan-dipuja

10 Hujan Aneh Yang Pernah Terjadi Di Dunia

Motivation – Pada dasarnya Hujan terjadi karena penguapan air laut ke langit akibat pemanasan global, yang selanjutnya akan membentuk gumpalan awan dan turunlah hujan. Kita sudah tahu, bahwa Hujan itu adalah air yang turun dari langit, namun tahukah anda? ternyata adapula hal-hal yang aneh yang pernah jatuh dari ketinggian, itulah mengapa kami menyebutnya, Hujan Aneh.
Nah untuk segera mengetahuinya, silahkan anda simak 10 Hujan Aneh Yang Pernah Terjadi Di Dunia dibawah ini.

10. Uang

10 Hujan Aneh Yang Pernah Terjadi Di Dunia
Selagi para pengunjung resotran di Lewes, Delaware, US sedang menikmati makan siang mereka, tiba-tiba saja hujan uang terjadi. Uang-uang kertas asli jatuh dari langit menyebabkan semua orang berlarian kesana kemari terkejut melihat hal itu, dan tentunya berusaha mengambil “hujan uang” tersebut. Untungnya, tidak ada yang berkelahi memperebutkan uang, mereka hanya berlarian kesana kemari mendapatkan sebanyak yang mereka bisa ambil.
Setelah ditelaah ternyata hal itu adalah harapan terakhir dari seorang pria lokal bernama Leonard Maull. Setahun sebelum kejadian itu, ia telah meninggal namun akuntan dan orang kepercayaannya mengetahui bahwa Maull menuliskan sebuah harapan terakhir. Ia ingin $10.000 (sekitar 120 Juta Rupiah) dibagi menjadi $5, $10, $20, dan $50, kemudian dibagi-bagikan ke orang tidak dikenal untuk mereka.
Kejadian hujan uang serupa juga pernah terjadi di berbagai tempat seperti Chicago, England, dan juga Bolyson.

9. Tubuh Manusia

http://utility-share.blogspot.com/2014/10/10-hujan-aneh-yang-pernah-terjadi-di-dunia.html
Tubuh manusia yang jatuh dari langit mungkin bukanlah sesuatu yang baru, bisa saja itu adalah tubuh dari orang yang melakukan tindakan bunuh diri. Tapi bagaimana jika tubuh manusia itu benar-benar jatuh dari langit secara mengejutkan di depan kaca mobil Anda? Bukan dari sebuah tindakan bunuh diri, hal ini benar-benar terjadi kepada seorang wanita bernama Mary Fuller.
Pada saat ia sedang di dalam mobil parkiranya, secara tiba-tiba saja kaca depan mobilnya hancur tertimpa tubuh manusia. Darimanakah asal tubuh tersebut? Ternyata tubuh itu adalah tubuh dari korban kecelakaan pesawat di California, tepatnya kecelakaan pesawat PSA Pacific Flight 182. Kecelakaan itu sendiri memakan korban hingga 144 orang dimana jenazah yang menimpa mobil Mary Fuller adalah salah satu korban kecelakaan tersebut. Untungnya Mary hanya menderita luka ringan.

8. Gargoyle

http://utility-share.blogspot.com/2014/10/10-hujan-aneh-yang-pernah-terjadi-di-dunia.html
Jika Anda membayangkan sebuah mahluk menyerupai setan bersayap layaknya Gargoyle di media-media, maka ketahuilah bahwa istilah Gargoyle yang dimaksud di sini adalah Gargoyle dalam lingkup arsitektur bangunan. Dalam lingkup tersebut, Gargoyle dapat digambarkan sebagai sebuah pahatan patung aneh yan biasanya mencuat keluar dari tembok bangunan. Tujuan dari Gargoyle sendiri untuk membagi aliran air hujan khususnya pada saat badai.
Nah, patung Gargoyle inilah yang secara mengejutkan jatuh dari langit dan menciptakan sebuah tragedi di September 2014, bagi seorang wanita bernama Sarah Bean. Selagi ia berjalan melewati sebuah gereja bersama kekasihnya, tiba-tiba saja ia ditimpa oleh sebuah batu besar yang diketahui ternyata adalah Gargoyle dari gereja terkait. Sarah Bean langsung meninggal seketika itu juga.
Gereja terkait akhirnya diketahui adalah sebuah gereja yang distruktur ulang namun tidak melalui proses inspeksi yang ketat pada tahun 2007 dan 2011.

7. Laba-Laba

http://utility-share.blogspot.com/2014/10/10-hujan-aneh-yang-pernah-terjadi-di-dunia.html
Bayangkan Anda sedang mengendarai mobil Anda dan tiba-tiba saja ribuan laba-laba jatuh dari langit. Hal ini terjadi kepada Erick Reis di Santo Antonio da Platina, Sao Paulo. Ia kemudian mengabadikan momen tersebut dengan video kameranya dan me-uplopadnya ke Youtube. Mengejutkannya adalah ternyata fenomena seperti itu dikatakan bukanlah sesuatu yang baru.
Seorang ahli biologi Marta Fischer, Universitas Parana, mengatakan bahwa spesies dari laba-laba terkait hujan laba-laba ini adalah eximius spider. Ukuran mereka relatif kecil seukuran penghapus pensil dan biasanya dapat ditemukan bergantungan di pohon dengan jaring besar mereka. Apabila sebuah angin kencang terjadi, maka jaring mereka dapat terlepas membuatnya jatuh dari langit yang dalam kasus ini terjadi dalam jumlah yang banyak, membuat jaring yang 1 dan jaring yang lainnya terikat satu sama lain.

6. Bola Golf

http://utility-share.blogspot.com/2014/10/10-hujan-aneh-yang-pernah-terjadi-di-dunia.html
Pada 1 September 1969, seorang pecinta Golf dari Punta Gorda, Florida pasti sangat terkejut ketika tiba-tiba saja bola golf yang ia cintai turun layaknya hujan dari langit. Apakah itu adalah hadiah dari langit untuk dirinya yang mencintai golf?
Walaupun hujan yang aneh ini seakan-akan adalah berkah bagi mereka yang mencintai golf namun tentu alasannya bukan begitu. Disebutkan oleh badan meteorologi Punta Gorda, hujan bola gof tersebut terjadi karena sebuah angin topan yang kebetulan melewati kolam dari sebuah lapangan golf. Begitu angin topan tersebut reda maka terciptalah apa yang kelihatan seakan-akan adalah hujan bola golf.

5. Beruang

http://utility-share.blogspot.com/2014/10/10-hujan-aneh-yang-pernah-terjadi-di-dunia.html
Di tahun 2011, sebuah kecelakaan aneh mengikutsertakan 1 orang wanita, 1 orang pria, dan juga seekor beruang. Awal mula dari kecelakaan ini adalah sebuah mobil menabrak seekor beruang seberat 200 kg, membuatnya melayang dan terjun bebas menembus kaca depan mobil yang datang dari arah berlawanan. Tubuh beruang tersebut membentur pengemudi wanita berumur 25 tahun dan membuat tubuh pria 40 tahun yang duduk di kursi penumpang mental keluar dari mobilnya.
Pengemudi wanita dan pria berumur 40 tahun itu meninggal, termasuk si beruang. Kejadian tabrakan antara kendaraan dan binatang adalah kejadian yang umum di Kanada. Ini karena mereka memiliki populasi besar akan hewan liar seperti moose dan rusa.

4. Cacing

http://utility-share.blogspot.com/2014/10/10-hujan-aneh-yang-pernah-terjadi-di-dunia.html
Bagi Anda yang membenci serangga khususnya cacing, maka 4 Maret 2001, Galashiels Academy, UK adalah tempat yang dapat dideskripsikan sebagai mimpi terburuk Anda. Sebuah kelas sepakbola akademi tersebut sedang berada di lapangan untuk 1 permainan dan tiba-tiba saja mereka dihujani oleh sekumpulan cacing tanah yang jatuh dari langit.
Beberapa murid dapat tertawa, namun beberapa lainnya berteriak dan lari kesana kemari. Anehnya adalah tidak diketahui secara jelasnya apa yang menyebabkan kejadian tersebut, cuaca saat itu cukup cerah, lapangan tempat mereka bermain juga jauh dari bangunan-bangunan lainnya jadi tidaklah memungkinkan jika itu adalah keisengan orang lain.
Kejadian pada tahun 2001 ini mungkin tidak diketahui secara jelas penyebabnya, namun beda halnya pada tahun 2007 yang menimpa seorang wanita bernama Eleanor Beal. Selagi ia berjalan ke tempat kerjanya tiba-tiba saja ia dihujani oleh gumpalan-gumpalan cacing, yang diketahui disebabkan oleh angin topan dan badai.

3. Ikan Hiu Hidup

http://utility-share.blogspot.com/2014/10/10-hujan-aneh-yang-pernah-terjadi-di-dunia.html
Ya, Anda tidak salah baca, siapa yang mengira bahwa ikan yang seharusnya hanya dapat hidup di dalam air dapat melakukan terjun bebas dari langit dan secara mengejutkan masih hidup pada saat ia sudah jatuh. Lebih spesifiknya, kejadian aneh ini terjadi pada Oktober 2012, dimana seekor Hiu Leopard jatuh dari langit ke sebuah lapangan golf di San Juan, California. Untungnya pada saat kejadian itu, tidak ada siapapun di tempat tersebut dan insiden ini disadari oleh seorang petugas yang sedang patroli.
Setelah diteliti lebih dalam ternyata ikan hiu itu adalah mangsa dari seekor burung elang Peregrine. Ikan hiu itu mungkin secara tidak sengaja terlepas dari cengkraman si burung saat ia terbang di atas lapangan golf ini. Yang mengagumkan adalah ikan hiu ini masih hidup walaupun ia sudah jatuh dari langit dan juga masih hidup saat ia dikembalikan ke laut bebas.

2. Sapi

http://utility-share.blogspot.com/2014/10/10-hujan-aneh-yang-pernah-terjadi-di-dunia.html
Pasangan Charles dan Linda Everson mendapatkan hadiah yang sangat mengejutkan pada ulang tahun pernikahan pertama mereka.Anda sudah dapat membayangkannya, tidak lain dan tidak bukan adalah sapi yang jatuh dari langit. Pada saat mereka sedang berkendara di jalan tol Manson, Washington, tiba-tiba saja seekor sapi seberat 270 kg jatuh di atas mobil van mereka.
Selain dari rasa kaget luar biasa, untungnya pasangan Everson tidak terluka sama sekali. Diketahui bahwa sapi yang menimpa mobil van mereka berasal dari sebuah perternakan kota terdekat. 2 hari sebelum insiden ini, sapi tersebut kabur dari perternakannya, berjalan selama 5 mil ke sebuah tebing curam dan “melakukan terjun bebas” dari sana.
Tidak hanya pada insiden ini, insiden “sapi terbang” ini juga pernah terjadi di tahun 1997 menenggelamkan sebuah kapal nelayan Jepang dan juga di tahun 2013 membunuh seorang pria Brazil yang sedang tidur di rumahnya. Siapa yang menyangka bahwa ternyata insiden sapi terbang ini cukup popular.

1. Kotoran Beku Manusia

http://utility-share.blogspot.com/2014/10/10-hujan-aneh-yang-pernah-terjadi-di-dunia.html
Mungkin ini adalah hal yang paling mengejutkan dapat jatuh dari langit yaitu kotoran manusia. Terjadi pada tahun 2008 ke seorang wanita bernama Marian Liknes. Selagi ia berjalan untuk menjawab telepon di kamarnya, tiba-tiba saja “BAAM!” secara mengejutkan bongkahan kotoran manusia dalam keadaan beku jatuh dari langit menembus atap rumah Marian Liknes, berceceran ke sekitar ranjangnya.
Insiden “roket kotoran” ini bukan sesuatu yang tidak pernah terjadi sama sekali. Walaupun semua pesawat dilarang untuk membuang tangki toilet mereka selagi terbang, namun pada kenyataannya apabila pesawat diharuskan bertransisi dari udara dingin ke uadara hangat maka hal tersebut terkadang dapat menyebabkan masalah kebocoran tertentu. Dalam kasus ini adalah kebocoran yang menyebabkan roket kotoran.

Aneh, Gigi Tumbuh di dalam Hidung Seorang Pria Denmark

Ilustrasi gigi. Foto: Pixabay

Selama dua tahun lebih seorang pria asal Denmark mengalami pilek. Hidungnya terasa tersumbat disertai terus keluarnya lelehan ingus. Terdengar remeh memang, tapi ternyata kondisinya disebabkan oleh sesuatu yang sangat aneh dan membuat para dokter terheran-heran.

Jadi di hidung pria yang namanya dirahasiakan itu tumbuh gigi ekstra. Hal itu membuat hidungnya mengalami simtom mirip pilek selama dua tahun lebih. Kasus unik ini telah dilaporkan para dokter dalam jurnal BMJ Case Reports.

Kisah penemuan ini dimulai ketika pria berusia 59 tahun itu mengunjungi dokter di University Hospital Aarhus, Denmark. Ia mengeluh terjadi penyumbatan di lubang hidung sebelah kirinya diikuti lelehan ingus dan penurunan kemampuan penciuman.

Dokter yang memeriksanya melihat ada pembengkokan ke arah kiri di bagian tengah hidungnya. Selain itu, si dokter juga menemukan sebuah benda di rongga hidungnya.

Akhirnya si pria diminta melakukan pemeriksaan menggunakan CT scan. Dari situ ditemukan bahwa penyumbatan di hidung si pria berasal dari gigi yang bertumbuh ke dalam hidungnya.

Ilustrasi rasa sakit di hidung. Foto: Thinkstock

Pria itu akhirnya melakukan operasi endoskopi sinus untuk mengangkat gigi di dalam hidungnya. Dan setelah 10 hari diberikan antibiotik serta cairan pembersih hidung, pria itu bisa sehat kembali.

Dalam laporannya di jurnal, para dokter mengatakan bahwa kasus ini sangat langka. Jadi tidak perlu berpikir buruk dan mengira tiap hidung tersumbat yang kita alami ternyata disebabkan oleh gigi.

Meski begitu, karena kelangkaannya, sangat sedikit literatur mengenai kasus ini. Artinya, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti.

Salah satu dugaan yang dijelaskan tim dokter dalam laporan adalah gigi itu tumbuh akibat trauma pada wajah yang dialami si pria. Pria tersebut memang mengaku mengalami trauma pada wajahnya saat masih muda. Ia mengalami patah hidung dan tulang rahang parah.

Bahkan menurut laporan, patah hidungnya itu membuat lokasinya harus diubah. Meski trauma itu tampaknya tidak mempengaruhi gigi-giginya, bisa saja ada gigi yang berpindah dan kemudian menembus rongga hidungnya tanpa disadari.

Para dokter juga menambahkan bahwa ada kemungkinan gigi itu telah berada di sana sejak lama, meski si pria baru mengalami simtom mengganggu beberapa tahun terakhir.

“Pasien kami kemungkinan besar telah lama memiliki gigi di dalam hidungnya, tapi simtomnya muncul terlambat,” ujar Dr Milos Fuglsang yang menulis laporan kasus ini sebagaimana dilansir IFL Science.

Sebenarnya ada kejadian serupa yang pernah terjadi sebelumnya. Sebuah studi kasus 2014 di American Journal of Case Reports mengungkap kejadian pria 22 tahun asal Arab Saudi yang sering mimisan karena ada gigi muncul di rongga hidungnya.

Dalam kasus itu, para dokter menduga pria ini mengalami mesiodens atau kelainan, yakni punya jumlah gigi lebih dari normal. Anehnya, mesiodens si pria malah tumbuh ke arah rongga hidungnya dan menyebabkan ia jadi sering mimisan.

Sumber: https://kumparan.com/@kumparansains/aneh-gigi-tumbuh-di-dalam-hidung-seorang-pria-denmark-1551175297010010912

Lidah Berbulu, Kondisi Aneh yang Terjadi Akibat Jarang Membersihkan Mulut

Oleh 

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita – Dokter Umum.

Lidah Berbulu, Kondisi Aneh yang Terjadi Akibat Jarang Membersihkan Mulut

Lidah berbulu, mungkin terdengar menggelikan, tapi kondisi ini ternyata dapat terjadi. Mungkin Anda membayangkan bulu yang tumbuh di lidah seperti bulu halus di kulit atau layaknya rambut. Nyatanya, bulu di lidah agak sedikit berbeda. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan kondisi aneh ini muncul? Apakah lidah berbulu bisa disembuhkan?

Apa itu lidah berbulu?

Sumber: Aocd

Lidah berbulu adalah kondisi medis yang terjadi saat permukaan lidah berubah warna dan terlihat banyak bulu. Meskipun membayangkan kondisi ini cukup menggelikan dan membuat Anda tidak nyaman, tapi kondisi aneh tersebut tidak berbahaya.

Orang yang mengalami lidah berbulu sebenarnya tidak benar-benar memiliki bulu pada lidahnya. Bulu yang dimaksud dalam hal ini adalah tonjolan-tonjolan kecil di permukaan lidah yang mengalami perubahan warna dan ukuran. Jadi, seakan-akan terlihat seperti ada bulu yang tumbuh di atas permukaan lidah.

Tonjolan tersebut bisa tumbuh hingga mencapai 18 milimeter dan dapat berubah warna menjadi cokelat dan kehitaman.

Dalam keadaan normal, kumpulan tonjolan itu disebut dengan papila. Pada lidah, terdapat berbagai jenis papila yang berwarna merah muda dan mengandung saraf pengecap. Salah satunya papila filiform yang menyebar di seluruh permukaan lidah.

Namun, orang yang punya kondisi lidah berbulu mengalami masalah pada papila filiform dan terjadi penumpukkan keratin pada bagian tersebut. Ditambah lagi dengan sisa makanan dan bakteri yang menumpuk di area yang sama, membuat papila filiform berubah warna hingga terlihat seperti bulu.

Apa penyebab dari lidah berbulu?

mengatasi bibir kering

Sebenarnya tidak diketahui dengan pasti penyebab lidah jadi berbulu, tetapi  ada beberapa faktor yang membuat kondisi ini muncul.

Salah satunya, penerapan diet makanan lunak. Diet ini membuat orang yang melakukannya tidak mendapat cukup rangsangan pada papila, sehingga lama-kelamaan saraf kehilangan kemampuannya.

Makanan akan menumpuk pada bagian lidah itu dan mengundang bakteri juga ikut tumbuh. Hal itu yang kemudian membuat lidah Anda seperti berbulu.

Akan tetapi, bukan hanya karena faktor ini saja Anda langsung bisa mengalami lidah berbulu. Ada beberapa faktor lain yang membuat lidah berbulu muncul di rongga mulut Anda, yakni:

  • Kebersihan rongga mulut yang kurang terjaga. Rongga mulut yang kotor bisa menjadi sarang pertumbuhan bakteri atau jamur yang memicu terjadinya lidah berbulu
  • Penggunaan zat tertentu,seperti: rokok, konsumsi alkohol yang terlalu berlebihan, kopi, atau teh
  • Mulut kering atau dehidrasi. Kondisi ini membuat kelembapan rongga mulut jadi sangat kurang sehingga lebih mudah mengalami lidah berbulu.
  • Beberapa obat-obatan. Beberapa obat-obatan tertentu mengganggu keseimbangan normal bakteri di mulut. Misalnya antibiotik, atau obat asam lambung.

Gejala lidah yang berbulu

menghilangkan bau mulut setelah minum kopi

Selain warna lidah yang berubah dan terlihat lebih berbulu, ada gejala lainnya yang mungkin muncul:

  • Sensasi terbakar di lidah. Kondisi ini muncul akibat efek dari pertumbuhan jamur atau bakteri.
  • Ada rasa geli di atas mulut saat menelan. Kondisi ini timbul karena bagian papila filliformis jadi lebih panjang dan mudah menyentuh ke atap mulut. Beberapa orang yang terlalu sensitif terhadap kondisi ini bisa mengalami tersedak.
  • Bau mulut atau dikenal sebagai halitosis. Bau ini juga diakibatkan oleh pertumbuhan bakteri dan jamur dalam mulut.
  • Ada rasa logam atau besi di mulut.
  • Mual. Rasa tidak nyaman yang Anda rasakan di rongga mulut juga bisa membuat mual sehingga selera makan menurun.

Cara mengatasi lidah yang berbulu

cara membersihkan lidah

Lidah yang jadi berbulu seringnya hanya timbul sementara, dan biasanya ini bukan pertanda masalah yang lebih serius. Namun, biasanya pemicu timbulnya lidah berbulu ini adalah hasil dari kebiasaan seumur hidup, seperti merokok. Jadi, kebiasaan seperti ini yang pastinya perlu dihindari terlebih dahulu.

Selain itu yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi dengan benar, dan membilas mulut saat kotor atau habis makan
  • Membersihkan lidah dengan rutin
  • Hentikan penggunaan obat yang memicu terjadinya lidah berbulu.
  • Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok, penggunaan alkohol dan beberapa obat yang dapat menyebabkan lidah berbulu
  • Pertimbangkan apa yang dimakan dan diminum. Cairan dan makanan yang berwarna gelap dapat memberikan warna pada bagian papila filliform lidah. Seperti kopi hitam, teh, dan lain sebagainya

Jika lidah berbulu ini tak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikan ke dokter Anda. Perawatan yang biasanya diberikan oleh dokter adalah:

  • Obat antifungi atau antibiotik dengan resep
  • Obat kumur antiseptik yang bisa dibeli bebas
  • Pembedahan untuk memangkas papila filliformis

Sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/apa-itu-lidah-berbulu/

Tak Cuma Barang, Bulan Juga Dibikin Tiruannya..! 10 Buatan China Paling Heboh Di Dunia

Gak Masuk Akal, Batu Ini Telah Melayang Selama Ratusan Tahun dan Orang-orang Tidak Tahu Alasannya!

Awalnya Diduga Batu Biasa! 10 PENEMUAN PERMATA DAN BERLIAN TAK SENGAJA BIKIN KAYA MENDADAK

Terima kasih karena sudah mengunjungi, membaca artikel, atau menonton video di sangat aneh.

Jika anda menganggap blog ini bagus maka mohon bantuannya untuk menyebarkan informasi dan hiburan dari blog ini kepada keluarga dan teman-teman anda.

Kami juga mengharapkan ide, saran, dan kritik anda terhadap sangat aneh, jangan ragu-ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. He…7x

Sekali lagi, terima kasih.

Admin sangat aneh.